Sunday, May 4, 2008

Narsis

AUTHOR: Meta
TITLE: Narsis
STATUS: Publish
ALLOW COMMENTS: 1
CONVERT BREAKS: 0
ALLOW PINGS: 0

DATE: 02/21/2007 01:46:50 AM
-----
BODY:






Setiap hari kayaknya kata yang satu ini selalu kita denger. Dari tv, radio, majalah, atau malah omongannya temen-temen kita. Sebenernya narsis tuh apaan sih?




Alkisah, dalam mitologi Yunani ada seorang cowok anak dari Dewa Sungai Cephissus dan Peri Liriope yang sangat tampan bernama Narcissus. Saking tampannya, hampir semua cewek jatuh cinta padanya, termasuk Echo yang rela menguntit kemanapun Narcissus pergi –segitunya ya..-Red-.




Sewaktu Echo menyatakan cinta pada Narcissus, dia menolaknya sampai Echo bersembunyi di hutan dan makin lama makin menghilang. Lama-lama yang terdengar hanya suaranya saja. Akhirnya dewi Nemesis yang jengkel menghukum Narcissus agar dia jatuh cinta sama dirinya sendiri. Suatu waktu, Narcissus tanpa sengaja sedang melihat sungai untuk mengambil minum. Dia melihat bayangan dirinya disana dan mengagumi dirinya sendiri. Dia engga berhenti-berhenti memandangi bayangannya dan mencoba menciumnya sampai dia tercebur ke dalam sungai dan meninggal.




Narsis diambil dari nama Narcissus untuk menamai setiap perilaku yang senang membanggakan diri. Bisa dibilang juga narsis sangat mencintai diri sendiri, tidak peduli orang lain danmerasa diri lebih tinggi dari orang lain. Wah wah..asal tau aja nih kalau narsis bisa dikategorikan sebagai gangguan kepribadian lho! Narsis dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah factor lingkungan,atau factor kepribadian.




Apa sih bedanya narsis sama PD? Wah, beda banget! PD atau percaya diri adalah satu sifat yang harus kita punyai dan menambah nilai tambah dalam pergaulan. Tapi, kalau narsis itu justru adalah satu sifat yang bakal bikin temen-temen kita malas bergaul sama kita. Bisa dibilang juga nih kalau narsis itu over-PD alias kepercayaan diri yang sangat berlebih sampai-sampai tidak masuk akal lagi. Makanya, narsis dikelompokkan sebagai gangguan kepribadian.




Pengen tahu kita termasuk narsis apa engga sih? Ada beberapa ciri-ciri dari orang narsis nih:




  1. Orang narsis selalu butuh pengakuan yang berlebihan dari orang lain.


  2. Merasa dirinya yang paling hebat, paling penting dibandingkan orang lain.


  3. Merasa dirinya begitu special dari yang lain.


  4. Punya impian mencapai sukses atau kekuasaan yang sangat tinggi. Walaupun kadang hal tersebut mustahil dicapai.


  5. Selalu ingin diperlakukan istimewa.


  6. Engga bisa berempati pada orang lain.


  7. Cenderung mengeksploitasi orang lain untuk kepentingan pribadi.


  8. Selalu arogan.


Nah kalau kita memiliki setidaknya lima dari ciri-ciri diatas, kita sudah bisa dibilang narsis nih! Tapi kalau belum mencapai lima, kita tetap harus hati-hati karena hampir setiap orang punya kecenderungan untuk menjadi narsis.






Wah, kalau suka foto-foto emang itu termasuk narsis ya? Hehe..sebenernya engga kok! Saat ini emang arti narsis udah bergeser karena pergaulan. Tapi ya tergantung juga sih. Kalau kita cuma suka foto-foto aja bukannya karena pengen memandang diri sendiri, membanggakan kecantikan kita atau malah jatuh cinta sama wajah kita sendiri, kita masih aman kok! Itu sih cuma sekedar banci foto aja hehe.. –BUKAN mekanisme pembelaan ego lhoooo-;p





































-----
EXTENDED BODY:

-----
EXCERPT:

-----
KEYWORDS:

-----

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...