Sunday, May 4, 2008

Ngaret

AUTHOR: Meta
TITLE: Ngaret
STATUS: Publish
ALLOW COMMENTS: 1
CONVERT BREAKS: 0
ALLOW PINGS: 0

DATE: 02/04/2008 05:06:11 PM
-----
BODY:
Setau meta waktu pelajaran Sejarah zaman sd dulu, yang namanya budaya selalu berkonotasi baik. Merupakan gabungan dari kata ‘Budi’ dan ‘Daya’ yang artinya adalah hasil perasaan dan cipta manusia sebagai makhluk berakal. Bener kan ya?




Hmphh..kalo gitu kenapa ya ngaret –dengan bangganya- bisa diakui sebagai salah satu budaya orang Indonesia? Apa mungkin saking biasanya, ngaret udah dianggap baik?




Yang jelas sih, dianggap baik atau engga, ampir semua orang-Indonesia-yang meta tau, kayanya nganggep ngaret itu udah sebagai hal yang sewajarnya deh*huh*


Bukan orang Indonesia namanya kalau engga ngaret.


–Dan anehnya, bangga banget sama ungkapan ini ck ck ck-




Coba diliat, yang paling deket aja d.. Temen2nya meta tu ampuuuun2 klo udah ngaret jaya.. Janji ngumpul jam 8 pagi, jam setengah 9 –yaps, beneran engga salah baca kok- baru bangun dari tidurnya..bikin orang esmosi aja..




Mungkin engga bakal jadi masalah kalo smuanya menganut paham yang sama.


–Seperti yang sudah terbukti pada 7 orang teman meta yang lain-


Janjian jam 7, tapi semua dengan kompaknya baru dateng jam 8. Engga ada pihak yang harus menunggu, engga ada yang bete juga pastinya kan?




Masalahnya, dari 8 orang yang ada d ‘klompok’ meta,ada saya sebagai satu2nya anggota yang sangat2 engga sealiran dengan teman2 tcintah yang laen soal waktu ini.. Buat meta, jam 08.00 adalah jam 08.00.. malah, seringnya sih sama artinya dengan 07.45..Kebiasaan sih, siap lima belas menit sebelumnya:p


Jadilah, meta musti nungguuuuuu teruuuusssss...




Kebayang engga si udah berapa jam –atau sampai saat ini mungkin udah keitung sampe ratusan- yang kebuang percuma gara2 nunggu?


-plus, dtambah fakta betapa benciny meta mnunggu:)-




Menurut temen2 meta si, ada aturan tak tertulis yang bilang kalau jam 7 janjian, itu berarti jam 8. Atau kalau janjiannya jam 8, berarti jam 9. Dan seterusnya.. Konyol kan? –Sapa sih yang buat aturan tak tertulis kaya gn?-




Karena lama-lama temennya meta mungkin pada ga tega ngeliat meta nunggu –ditambah skali lagi, mreka dah pada tau btapa mnunggu bisa mbuat saya mjadi sangat2 mnyebalkan:p- akhirnya mereka punya ‘jam’ sndiri buat meta. Kalau acaranya jam 7, misalnya. Mereka bakal bilang jam 6 buat yang lain, tapi buat meta acaranya jadi jam 8.. dan lucunya, gara2 itu, meta udah engga pernah nunggu lama lagi..




Sekarang2 sih, meta lagi brusaha mnyembuhkan penyakit –cocokan disebut penyakit daripada budaya d kayany- ngaret di kalangan temen2 ini. Awalnya emang susaaaaahhh buanget! Udah jadi kebiasaan yang mengakar kali ya, lagian emang didukung sih sama situasi sekitar.




Mau engga mau meta jadi ngebandingin Indo sama negara lain nih. Di Denmark, jadwal bis angkutan, kbanyakan dalem waktu2 yang engga bulat. Misalnya jam 07.23 atau 06. 14 dll, tapi bisnya engga pernah engga on-time. ‘Mau engga mau’ para calon penumpangnya musti on-time juga kalau engga mau ketinggalan. Begitu juga dengan jadwal2 yang lainnya di negara lain. Semua teratur dengan rapi, dan SELALU on-time.




Kalau di Indo mungkin rada susah juga. Contoh simple d, sebagai pengguna rutin kereta api, meta tau banget kayanya bukan rahasia lagi kalau jaraaaang kereta-kereta ini datang atau pergi sesuai waktu yang ditentukan. Udah untung banget kalau ‘cuma’ ngaret sejam dua jam. Meta pernah tu pergi naek kereta api Argo Anggrek dari Surabaya- Bandung, dan ngaret 7 jam sodara2..




–Mph..banyaaaak banget yang bisa kita lakukan dalam 7 jam selain menunggu dan menunggu(sambil mngomel;p) bukan?-:)


Pegel2nya udah engga kerasa sama sekali, kganti sama sebelnya mnunggu:(




Kbayang engga si btapa banyaknya kerugian yang diderita kalau sarana umumnya aja ngaret?  Jangankan dalam satuan jam, hitungan menit yang terbuang juga bisa dipake buat hal lain yang jauuuhhh lebih berguna daripada nunggu doang.




Time is money. Waktu adalah uang. Sebenernya menurut meta, waktu jauh lebih berharga daripada uang sih. Waktu adalah satu-satunya hal berharga yang manusia punya. Uang ilang masih bisa dicari gantinyalah, tapi kalau waktu? Engga ada yang bisa ngebalikin waktu kecuali makhluk fiksi biru dari abad ke 21 berbentuk kucing lucu yang punya kantong ajaib itu:p


-sayangnya fiksi yaaa-




Waktu 5 menit mungkin engga ada artinya buat kita yang emang engga punya rencana apa2, tapi waktu 3 menit bisa sangat-sangat berharga buat para atlet yang lagi bertanding membawa nama bangsa. 1 menit bisa jadi berarti nothing buat kita, tapi bisa jadi berarti everything buat yang lagi meregang nyawa. Bahkan 1 detik yang sepertinya engga bermanfaat sama sekali buat kita, bisa jadi sangat2 bermanfaat buat mempertahankan hidup seseorang.


–Inget ABC=Airway Breathing Circulationnya life support ga? Itungannya perdetik kan?-:)




Masih meragukan keberhargaannya waktu?




Kalau semua orang mikir ‘ah, ngaret aja ah.. Yang laennya juga paling2 ngaret’, yaaahhh..engga bakal selese2 d lingkaran setan perngaretan ini:)




Meta sendiri sih bener2 engga peduli kalau dingaretin orang –biarpun sebel- yang penting metanya engga ngaret. Dan Alhamdulillah, karena semua temen meta udah tau dan apal kalau meta engga pernah dan anti ngaret, lama-lama akhirnya –yang diluar 7 orang tadi pun- jadinya engga pernah ngaret lagi kalau janjian sama meta. Jam 7 ya jam 7.*senang*




Intinya, budaya emang susah buat diubah karena udah mengakar di diri setiap orang dalam satu lingkungan. Tapi, yang namanya penyakit, PASTI bisa disembuhin. Thats why, meta lebih milih nyebut ngaret sebagai penyakit dan bukannya budaya:)




''Ada dua nikmat, di mana banyak manusia tertipu di dalamnya, yakni kesehatan dan kesempatan” (HR Bukhari)




Sekarang tserah juga sih, mau jadi manusia yang tertipu–melulu:p-?

-----
EXTENDED BODY:

-----
EXCERPT:

-----
KEYWORDS:

-----

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...