Tuesday, October 29, 2013

Emang Enak Jadi Dokter?

"Jadi dokter itu enak. Tinggal usap-usap 5 menit, ngobrol sebentar, uangnya banyak. Bisa ke luar negeri bolak/i, mobil mewah, rumah gede."

Ada yang punya pikiran seperti itu? Saya yakin banyak. Banyak banget malah. Makanya engga heran banyak orangtua yang mencita-citakan anaknya menjadi dokter. Bener engga?:p

Beberapa hari yang lalu ada perayaan hari dokter nasional. Saya iseng-iseng googling tulisan dengan keywords "Dokter di Indonesia". Yang keluar dari sana kebanyakan adalah tulisan dokter yang menuntut perbaikan nasib, kasus dokter yang dituntut malpraktik sampai curhat dokter di istana negara soal tunjangan yang minim.

Gegara membaca tulisan-tulisan tadi saya jadi sedikit banyak ikut merenung. Di masyarakat luas, yang banyak diketahui adalah profesi dokter merupakan profesi terhormat yang gampang untuk sukses (baca: kaya raya) . Bahwa dokter banyak bermain kotor dengan pabrik obat sehingga gampang sekali meresepkan obat mahal untuk pasiennya yang bahkan mungkin tidak diperlukan. Bahwa dokter, dengan bayarannya yang terhitung mahal, harus siap siaga 24 jam tanpa boleh salah.

Banyak (banget) yang masyarakat umum tidak ketahui.

Sekolah dokter itu lama. Dan mahal. Saya ingat, sewaktu masih kuliah dulu, saya sempat malu hati ketika teman-teman SMA saya satu persatu lulus dan mulai bekerja di berbagai perusahaan. Ada yang cerita ke saya bahwa gaji pertamanya langsung dibelikan sepatu bermerk untuk ibunya. Sementara saya? Boro-boro gaji pertama, untuk bisa ujian semester saja masih harus meminta pada mama. Bukan rahasia lagi kalau buku kedokteran harganya mahaaaal. Jaman saya sepuluh tahun yang lalu, harga buku atlas anatomi Sobotta (yang hanya terpakai satu semester) satu setnya mencapai hampir 2 juta rupiah. Itu baru satu mata kuliah lho. (Kalau ada yang nyeletuk "fotokopi aja!"--> pasti engga tahu deh atlas tuh yang kayak gimana:)))) ). Belum lagi untuk mata kuliah yang lain.

Saya engga pernah beli buku textbook karena "kasihan" pada mama saya yang single parent. Jadilah saya rajin sekali menginap di rumah sahabat untuk nebeng belajar dari bukunya. Untuk buku-buku semacam atlas, saya foto pakai handphone supaya bisa berulang-ulang dipelajari. Terkadang saya dapat pinjaman dari sepupu. Hahaha, ngirit ya. Saya juga sangat rajin mencatat setiap kuliah dosen. Bukan karena saya pintar atau termasuk anak rajin-yang-mau-dapat-nilai-bagus-tiap-ujian. Bukaaaan. Alasannya simple, hanya karena saya engga punya uang untuk beli buku mahal, dan juga engga punya uang untuk membayar semester pendek kalau-kalau ujian saya tidak lulus. Daripada menghabiskan waktu liburan untuk semester pendek, lebih baik saya bekerja mencari uang buat jajan. Alhamdulillah, saya masih bisa membagi waktu dengan baik untuk bekerja sambilan. Jadi penyiar, presenter, MC, penulis kontributor di majalah, apa sajalah yang saya bisa kerjakan. Saya bahkan pernah melamar jadi SPG lho! Hanya saja begitu melihat seragam yang harus saya pakai, duh engga jadi deh:p

Ada yang bilang "Iyaa, engga apa-apalah. Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Nanti kan setelah lulus dokter bisa cari uang yang banyak." Really?

Setelah lulus dokter, saya langsung diterima bekerja di klinik yang cukup punya nama. Gedungnya bertingkat, full AC, berlift dan kebanyakan pasiennya adalah orang kantoran yang bekerja di gedung yang sama. Pikiran orang (termasuk teman kost saya) waktu itu selalu "Wah kan kamu udah dokter, udah kerja, pasti kaya raya." Sayang sekali, asal tahu aja nih, "gaji" yang saya peroleh adalah harian. Setiap hari, saya diberi uang duduk Rp. 6000,00 saja. Kebayang engga, langsung habis kepotong uang parkir:))) Kalau ada pasien lain lagi, per orangnya saya mendapat tambahan RP. 5.000,00. Alhamdulillah, sedikit pun tidak pernah saya sesali.

 Kalau mau hitung-hitungan, uang yang saya dapatkan dari "pekerjaan sambilan" saya jauuuuh lebih banyak dibandingkan dengan menjadi dokter. Selain itu, bekerja sebagai penyiar tidak berisiko tinggi, setidaknya engga bawa-bawa nyawa orang. Menyenangkan pula, bisa bertemu dengan artis-artis, mendengarkan lagu terbaru, tempatnya berAC, tanpa modal, dengan jam kerja yang masuk akal. Saya masih bisa nongkrong di mall, nyalon atau sekedar membaca buku di rumah. Lebih masuk akal dibanding dokter yang sepertinya harus menjadi seperti dewa, tidak boleh berhenti bekerja. Tapi saya engga pernah menyesal sedikit pun menjadi dokter walaupun kenyataannya "bayarannya" tidak sebanyak yang dibayangkan orang.

Kenapa?

Sejak kecil dulu, papa yang dokter selalu menyadarkan saya, boleh-boleh saja bercita-cita jadi dokter. Tapi luruskan dulu tujuannya. Mau apa? Mau kaya? Jangan. Mau bisa keliling luar negeri? Jangan. Mau punya rumah mewah? Jangan. Mau punya mobil banyak? Jangan. Just dont. Kalau itu yang dicari, sebaiknya cari pekerjaan lain saja. Pengusaha atau bekerja di perusahaan asing sepertinya akan lebih menjanjikan. Kalau papa saya bilang sih "Kalau mau kaya jadi penyanyi kayak Britney Spears aja:p" (Harap maklum, waktu itu si Britney lagi happening berat).

Papa saya selalu bilang, menjadi dokter adalah amanah. Tidak semua orang 'terpilih' untuk mendapat amanah tersebut. Jangan sekali-kali terpikir untuk mencari uang dari menolong orang. Engga munafik, sebagai manusia pun tentu kita membutuhkan uang untuk hidup. Tapi papa saya yakin, kalau kita menolong orang, Allah akan membalas dengan selalu menolong kita untuk tetap bertahan hidup. Papa saya dulu adalah seorang dokter anak satu-satunya di suatu kecamatan di desa kecil. Pasiennya banyaaaaak sekali. Saya ingat betul, beliau jarang bisa beristirahat. Setiap saat, ada saja pasien yang mengetuk pintu rumah, bahkan di jam 1 pagi. Yang kejanglah, yang sesaklah, selalu ada. Setelah dilayani, banyak yang tidak membayar. Papa saya engga pernah marah. (Palingan anak cewek satu-satunya yang judes ini protes:p). Tapi memang Allah maha adil, alhamdulillah keluarga kami selalu mendapat rejeki. Adaaaaaa saja jalannya.

Papa selalu mengingatkan saya, menjadi dokter memang berat. Anggap saja menabung bekal di akhirat kelak. Insya Allah, niat baik selalu diketahui Allah SWT.

Saya jadi ingat postingan yang bersliweran di Path kemarin. Sudah lihat belum?
Ada yang membandingkan dokter dengan buruh. Dengan pendidikan terakhir SMP, buruh menuntut gaji kepala 3 koma sekian juta. Sementara dokter yang belajar dan sekolah sekian lama serta mahal, di pelosok dimana listrik pun kadang ada kadang engga "hanya" digaji pemerintah 1,2 juta/bulan. Itu pun selalu macet, terkadang baru keluar 3 bulan kemudian. Hari gini 1,2 juta/bulan? Mungkin banyak yang engga percaya, tapi begitulah keadaannya:)
Ada juga yang membandingkan dokter dengan anggota DPR. Ini sih saya no comment ah:p

Oke, sudahlah ya ngomongin soal "bayaran". Ada yang lebih penting dari ini.

Pernah terpikir engga, bahwa dokter yang sekarang sedang praktik di depan anda, yang tadi anda maki dalam hati karena membuat anda menunggu terlalu lama di dalam antrian baru saja visite atau mengunjungi pasien lainnya di ujung kota lainnya? Dokter ini tergesa-gesa menyetir dalam kemacetan untuk menemui anda sampai hampir mengalami kecelakaan lalu lintas?

Pernah terpikir engga, kalau dokter yang sedang menangani keluarga anda di malam hari bahkan belum menyentuh makanan sejak tadi pagi karena demikian sibuknya? Tidur terakhirnya mungkin saja sudah 2 hari yang lalu. Dengan tampang letih dan senyum yang bisa jadi dipaksakan, dokter ini dituntut melayani dengan performa terbaik, dengan fungsi mental yang sempurna.  Sementara anda sibuk membatin kenapa dokter ini tampak malas-malasan melayani anda.

Pernah terpikir engga, kalau dokter yang sedang memeriksa ayah anda malam hari (dan sempat membuat anda mengomel "kenapa malem banget sih datengnya") sedang sakit dan bahkan tidak mau beristirahat karena merasa bertanggungjawab dengan pasiennya? Ironi memang, saya mengenal banyak dokter yang akhirnya meninggal karena suatu penyakit. Dia sendiri mengetahui penyakitnya, tapi karena mengurusi orang lain, lebih sering mengabaikan keluhannya sendiri, lebih sering tidak mengikuti pola hidup sehat. Bagaimana mau hidup sehat kalau makan tidak teratur, tidur jarang-jarang, stress tingkat tinggi?

Pernah terpikir engga kalau dokter yang harus menerima telepon saat sedang melayani anda sebetulnya sedang dilapori pasiennya yang lain sedang dalam kondisi kritis? Saat anda lagi-lagi memaki dalam hati "Engga sopan banget ni dokter", dokter tersebut sedang berusaha menyelamatkan nyawa orang lain?

Pernah terpikir bagaimana perasaan dokter yang sedang memeriksa anak anda dan anda omeli dalam hati karena terkesan terburu-buru melayani anda. "Minta dibayar, tapi kok cepet-cepetan" Begitu mungkin anda membatin.  Pernah terpikir engga, bisa saja dokter tersebut sedang meninggalkan anak kandungnya yang panas tinggi di rumah, khawatir kejang tanpa pengawasan ibunya yang "lebih memilih" mengurusi anak orang lain?

Pernah terpikir engga kalau kasus malpraktik yang marak beredar disana-sini murni bukan mutlak kesalahan dokternya? Yang sering, pasien mengira atau menuntut malpraktik, padahal yang terjadi hanyalah perjalanan penyakit biasa. Saya pernah nih mengalami. Ada pasien anak yang terkena meningitis atau radang otak. Salah satu prosedur adalah pemeriksaan lumbal pungsi (mengambil cairan dari tulang belakang untuk menganalisa jenis bakteri). Tanpa atau dengan pemeriksaan ini, pasien meningitis juga bisa mengalami kelemahan atau kelumpuhan di anggota geraknya. Kebetulan pada saat itu, pasien ini langsung tidak bisa berjalan setelah dilakukan lumbal pungsi. Keluarga langsung menyalahkan dokter dan menganggap hal tsb malpraktik. Kesalahan dokternya memang karena kurang menginformasikan ini pada keluarga pasien. Dengan sekian banyak pasien yang mengantri, semua minta didulukan karena merasa lebih penting, wajar saja bukan manusia bergelar dokter ini luput?

Saya bukannya bilang dokter selalu benar. Sama seperti profesi apapun, yang namanya oknum pasti selalu saja ada. Saya engga menutup mata, memang ada OKNUM yang mencoreng nama baik dokter. Rajin meresepkan obat mahal yang tidak perlu untuk kejar setoran, adalah salah satu contohnya. Atau seperti yang saya baca hasil googling tadi, dokter mata duitan bisa saja memang ada. Tapi sama seperti oknum-oknum lainnya, tidak semua dokter begini. Saya yakin, masih banyak dokter yang mau melayani dengan hati. Perlu diingat baik-baik, bahwa dokter adalah manusia juga. Sama seperti anda, apapun profesinya. Manusia tidak ada yang sempurna, butuh istirahat, butuh makan, bisa lupa, bisa capek juga. Jangan berburuk sangka dulu, memang mudah menuduh malpraktik, menuduh tidak menghargai, menuduh mata duitan dan segala tuduhan lainnya. Mudah bukan berarti benar kan?

Masih berpikir dokter adalah profesi yang paling enak? Coba pikir sekali lagi:)

Selamat hari dokter!

*1 November 2013, saya menulis klarifikasi tulisan ini. Bisa dibaca di :
http://www.metahanindita.com/2013/11/respond-to-emang-enak-jadi-dokter.html

215 comments:

1 – 200 of 215   Newer›   Newest»
Bunda 'Aqila said...

Sumpah baru tau mbak kalo dokter ada juga yg diberi gaji 6000/hari :-)
baru tau juga kalo dokter digaji pemerintah 1,2 juta aja :-)

kalo masalah tanggung jawab dsb sih udah terfikir, tapi kalo yg masalah gajinya berapa beneran dehh baru tau dari baca ini mbak :-)

mapassionne said...

mbak meta,aku share yaa tulisan yang inii..suka banget banget,biar orang-orang pada meluruskan niatnya semua..
sukses mbak! :)

Meta Hanindita said...

@Bunda Aqila: Iyaa, makanya itu mbak. Yang masyarakat banyak tau selalu yang jutaan gitu ya, padahal engga sama sekali. Gaji dokter internship (di pelosok daerah, lulus sekolah 6.6 taun) jauh lebih rendah dibanding cleaning service di mall:D Miris ya.

@mapassionne: silakan:)

Renata said...

Ini bener bgt mbak. Dulu pas kecil aku pengen bgt jd dokter anak gegara ngeliat dokter yg meriksa aku kayaknya kerjanya gampang, nempelin stetoskop, trus blg aku sakit apa, trus tajir. Hahaha setelah kuliah, aku byk dpt curhatan dr temen2 yg kuliah di FK, yg kuliahnya ribet, kuliahnya lama, mahal, disaat temen2 seangkatan udah dpt gaji gede, mereka msh pd koas.

Alloh pasti tau aku ga sanggup jd dokter, makanya aku gagal masuk FK. Hahaha but I'm proud of my self yg udah jd engineer gini (tsaaahhh... :p)

Hidup dokter!!

nengbiker said...

Terlahir di keluarga yang mengagungkan profesi dokter, dan melihat sendiri kakak jatuh bangun demi profesinya sampai menomorduakan keluarga demi nyawa orang lain, melihat kakak nangis ketika ada pasiennya yang meninggal, saya tau jadi dokter itu banyak main hati. Dan reward kekayaan itu ngga sebanding dengan pengorbanannya.

Selamat hari dokter!

Istiqomah Ps said...

iyah mbak meta, pamanku dulu juga diawal karir dokternya ngenes je.musti cari pekerjaan kesana kemari dan dapatnya jauh di luar jawa..

Anonymous said...

Tulisan yang bagus & menggugah.... good job..
Ijin share ya Mbak Meta....

Anonymous said...

Gaji pns dr gol 3b saja cuma 2 jutaan..... Damned I love indonesia

Atik Zulfiati said...

Bagus banget tulisannya mbak.
Makasih sudah memberi gambaran yang sesungguhnya tentang DOKTER.
Semoga kita benar-benar bisa menjaga amanah ini ya.
Jadi inget, awal2 lulus, gaji 375rb/bulan dan ngamen dari klinik ke klinik
Sukses ya... :)

Anonymous said...

Selamat Hari Dokter...terimkasih atas bakti pada negeri tercinta. Allah akan emudahkan langkah selanjutnya...

ali mashar said...

Selamat Hari dokter TS ku, sangat inspiratif. ijin share. dan sekedar saran, akan sangat bagus kalau tulisan ini juga bisa di masukkan ke media cetak, agar semakin banyak yang tahu bagaimana 'dunia' kita yang sebenarnya. saya sendiri tugas di puskesmas rawat inap di pedesaan di Jatim

Anonymous said...

selamat hari dokter. . .izin share yak dok. . . :)

lukman said...

two thumbs up........ saya aja sering di marahi istri gara2 suka ga-open (ga ngurus) badan sendiri.... hahahahahah.....
skarang lagi ppds....
well......
selamat hari dokter (wlaw agak telat)

dr.anna said...

Selamat hari dokter..mari dokter Indonesia, kita berikan yg terbaik utk negara kita..semoga perbaikan kesejahteraan dokter Indonesia segera terwujud

Ridwan Prasetyo said...

Saya sempat merasakan yang 1,2 juta tadi mbak.. hehe..

tapi disyukuri pasti ada aja senengnya jadi dokter..

selamat hari dokter... :)

Dr. Dely said...

Tetap semangat TS semua

budiono said...

merinding membaca postingan ini. subhanallah.. semoga Allah melimpahkan kesehatan dan umur yang panjang serta berkah pada dokter-dokter berdedikasi penuh seperti ini

Anonymous said...

wah... beda dikit dengan saya ya mbak... kalau mbak 6000 per hari... saya 7500 per hari... hihi..... tapi dinikmati aja deh semuanya di eenakin aja kok........

dr tua said...

Enjoy saja dik, insha Allah kalau sdh 5 tahun jadi dokter akan sedikit ada perubahan nasib menjadi lebih baik...

Deddy A said...

Like this, met :)

Anonymous said...

Ijin share dik...very amazing notes...

ichiew said...

Keren banget tulisannya, terima kasih sudah share mengenai profesi "dokter".. :) *Selamat Hari dokter

Aldo Aressa said...

Semua butuh proses kali, Mbak. Seiring dengan tambahnya 'jam terbang' nanti juga tarif / honor / gaji akan mengikuti koq. Gak hanya dokter, semua profesi begitu.
Lagian, Mbaknya koq nulisnya negatif mulu tentang pasien ? Seolah-olah pasien itu manusia yang tidak punya hati. Anda katakan pasien yang maki-maki lah, yang nggrundel lah, yang menuntut dokter harus ontime lah, dan sebagainya. Lebih banyak pasien yang berterimakasih pada dokter kale daripada yang memaki.
Positive thinking, Mbakkk.....

dr.pulau terpencil said...

Tetap semangat TS semua. Ada hikmah dibalik semua ini...

dr. ariyusnita said...

Selamat hari dokter... Teman sejawat, bener banget tuh. Mbak, tp tetap semangat ya....

Anonymous said...

Suka ma tulisannya, dokter memang profesi mulai panggilan jiwa, jadi emang ngga setiap orang pantas jadi dokter :D kl baca tulisan ini saya sebagai ibu 2 anak jadi terpacu n termotivasi utk belajar lbh banyak tentang kesehatan, jadi kalo ke dokter bisa diskusi 2 arah yg enak dengan dokternya. Karena menurut saya dengan menjadi pasien pintar bisa sangat membantu dokter dalam memberikan diagnosa dan menjalankan perawatan sesuai dengan guideline (sop) yg berlaku, jd ngga ada lagi tuh yg namanya malpraktek krn pasien bisa berdiskusi dgn dokter ttg treatment yg akan diberikan dan pasien yg pintar jg tau resiko/benefit dari treatment tersebut.

Anonymous said...

Ijin shared TS ..

Veny Lie said...

Ijin shared ya TS..Miris liat skrg buruh lg nuntut hal yg sbnrnya mrugikan smua pihak..Sy jg prnh ngerasain luntang lantung ga tau mau ngapain stlh lulus FK..Krn bgmn pun,walau ga liat nilai uang n merasa trpanggil utk mlayani orng lain,dokter tetep butuh uang utk hidup..:)

Anonymous said...

iya mas, sebagai dokter memang harus positive thinking dan saya yakin hampir semua dokter seperti itu. saya yakin yang mbak metha menulis ini tanpa maksud men-judge bahwa pasien yang selalu negatif, bukan seperti itu. kenyataannya di masyarakat memang terjadi hal yang seperti mbak metha paparkan. Mas sendiri jangan menghakimi mbak metha dengan berkata demikian

Meta Hanindita said...

@all: Terimakasih banyak atas respon yang luar biasa atas tulisan saya ini. Ada beberapa klarifikasi yang saya buat, bisa dibaca di:

http://www.metahanindita.com/2013/11/respond-to-emang-enak-jadi-dokter.html

Sekali lagi, terimakasih ya semua! Salam, Meta

Eka Oktariyanto Nugroho said...

good Father.... <3 him

Anonymous said...

Ijin share TS.. smoga pemerintah matax terbuka liat nasib dokter jaman skrg..sampe msti kerja sampingan biar hidup sedikit lebih baik...

Anonymous said...

Ijin Share jga yah. Mnjadi dokter mmg tdak mudah yah, Tp mnjadi dokter yg baik, Insya ALLAH dimudahkan oleh ALLAH...

dinne fitriya said...

Ijin share yaa mbak
Jd inget dpt gaji pertama 250rb.di thn 2004.kalah ma cleaning service..tp alhamd
Asal memang kita pny tujuan baik..Allah selalu kasih kita jalan dan rezeki yang cukup
Tetap bersemangat yaaa Ts...walaupun kebijakan yg dibuat oleh negara tercinta ini belum mampu mengakomodasi bahwa dokter juga perlu hidup layak dan mendapatkan hak dan kewajibannya secara proporsional....

marsal md said...

kadang sedih melihat pemberitaan, profesi kita dihujat, pemberitaan yg tidak adil, atau citranya "dirusak" oleh oknum TS maupun TS palsu yg mengaku dokter, beban kerja yg kadang tidak seimbang dgn penghargaan yg diterima (adik-adik yg menjalani interenship mungkin yg paling merasakannya).
tp apapun itu, sy tetap bangga menjadi dokter. salam kenal mbak....

sofwatul anam a.k.a opan said...

dulu waktu kuliah saya pernah tulis di catetan saya tentang DBD (Dokter Bukan Dewa), cuman ntah kemana skarang tulisannya... Dokter adalah sebuah profesi, yang sama dengan profesi lain yaitu dijalankan oleh manusia... yah kami adalah dokter dan kami cuma manusia...

Adinda Faradisa said...

Semoga Ilmu yang kita dapat berkah, dan apa yang terkorbankan menjadi tambahan timbangan kebaikan di padang mahsyar. Semoga Allah Ridha

Dr. Nidya said...

Ijin share yah dok.. Salam ts.. Tetap maju dokter2 indonesia.. Menjadi dokter adalah anugrah terindah.. Smoga qt bs memberikan yang terbaik buat bangsa qt. amin.. God bless.

anak-dokter said...

Bagus banget tulisnya mbak, jadi inget ketika baru tamat dlu jdi dokter PTT dipedalaman Kaltim yang ga ada jln daratnya, kebayang ga hanya lewat sungai naik kapal dari kota kabupaten ke tempat tugas di Puskesmas Kecamatan itu 6 jam perjalanan, kalau pas air sungai banjir bahkan sampai 8 jam duduk diatas kapal. Dan mau tau gaji yang sy terima waktu itu thn 1995, 850ribu rupiah/bulan. Khan bisa praktek?... boro boro praktek mbak, liat keadaan sosek ekonomi masyrkt pedalaman kyk begitu rasanya tdk tega meminta jasa... Tapi semuanya sdh sy lalui, dan sampai saat ini pun sy tetap bangga jadi seorang dokter... Slamat hari dokter Sejawat semua

Tayinx said...

Thanks for sharing mba Meta,
Jadi nyesel sama dokter yang pernah aku omelin dlm hati dulu, gegara lagi USG perut hamilku sambil telpon dan ngomel2 dengan lawan bicaranya di telepon. :)

Selamat hari dokteeer *walo telat :p

Afrizal Ramadhan said...

keren mbak, urip iku sawaang sinawang, kelihatanya aja enak, tapi tidak tau proses pencapaianya. semua butuh proses,,, pemulung aja bisa naik haji dengan proses menabung 500 rupiah tiap hari selama 26 tahun. selalu cintai pekerjaan kit dimanapun berada.

Anonymous said...

Great comment!
Semoga membuka mata orang2 diluar sana, saya pun merasakan PTT di ujung bumi Indonesia, yang bahkan tidak ada di peta. di goodle map pun ada pulaunya tapi tidak ada namanya.

Dokter juga manusia, jangan berharap lebih.
makasih atas sharenya!

Asni said...

Rp.6000 perhari pernah mbak.... malah pernah di kirim dinas di kepulauan seribu tanpa di kasih modal apa2. dan gaji baru di berikan saat masa dinas sudah selesai... trus selama di pulau kita hidup dari apa donk belas kasihan pasien? padahal selama di pulau pasien selalu menganggap kta dapat gaji besar jadi apa2 mahal. "masa dokter gak punya uang" begitu kata mereka....

tapi semua yang kita lewati selalu ada hikmahnya...


pemerintah yang aneh....

anyway... :HIDUP DOKTER INDONESIA!!

Kris said...

dari tampang loe aja udah kelihatan
kalo gak mau hidup susah,
paling masuk FK juga lewat jaur belakang.
Samapai sekarang gak ada ceritanya
dokter Hidup miskin sampai minta surat keterangan tidak mampu,
gak pernah ada ceritanya dokter tidak kuat menghidupi keluargnya,
kalo dokter baru lulus kaya gitu ya wajar dong, namanya juga dokter cupu.
masih belum cukup pengetahuan. .
CALON DOKTER banyak bacot kaya loe hanya bikin hidup orang lain bakal tambah susah.
Gaji semua PNS itu emang sama
tapi tunjangan profesinya itu gedhe,
gak usah sok blo'on kenapa semua orang juga tau kalo jadi dokter itu salah satu cara cepet kaya,
karena sampai sekarang gak ada dokter mati kelaparan karena gaji kurang.

Via said...

@Kris: orang2 seperti anda inilah yang bikin Indonesia ga maju2. Cuma bisa ngejudge kerjanya. Saya cuma bisa tertawa baca komen anda buat Mbak Meta. Kok ya bisa ngejudge lewat tampang. Anda kasian ya. Saya doakan anda tidak pernah sakit dan tidak perlu ke dokter seumur hidupnya. Buat Mbak Meta, tidak perlu dianggap omongan tidak berpendidikan seperti ini, maju terus!

Anonymous said...

Mbak Meta, nggak usah didengarkan apalagi dimasukkan ke hati komentar2 miring. Topik seperti ini tentu akan disikapi sangat subyektif oleh banyak orang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan profesi orang tsb saat ini.

Memang sangat disayangkan di negara ini profesi belum bisa dihargai sepantasnya. Salam sejawat.

Anonymous said...

Seglintir org yg dibutakan tv, media, dan informasi yang dangkal...inilah yg sebagian besar kami rasakan, kami lalui dan kami hadapi..jika faktanya seperti ini saatnya org awam membuka mata, semoga kita saling menghargai apapun itu profesinya dan pendidikannya

Aiqfa Fafa said...

ijin share yaa mbaaa :) tulisannya bagus

Anonymous said...

@kris: di gaji pns kaga ada tunjangan profesi,jdi jng sok tau, gw kerja di daerah endemik rabies, kl ada pasien yg positif rabies semua keluarganya termasuk ortunya kaga mau megang ,yg megang n nangani ya kita2 ini tenaga medis, tenaga medis paling rentan terkena n tertular pnyakit dri pasien mskipun sdh pakai APD [ kl ada] jadi gaji segitu itutidak sebanding dng resiko, doktersama seperti tukang bakso atau penjual makanan atau pnjual beras kl sakit atau lapar orang harus beli,.sangat disayangkan berita di media lebih mengutamakan pngobatan alternativ padahal tidak bisa dipertanggung jawabkan, yahhhh gimana dokter mau dihargai kl yg mewakili kita di dewan bkn TS , idi kaga ada tajinya isinya para TS yg sdh sepuh jdi cuma ikut kata pemerintah,selamat berjuang TS semua

Anonymous said...

saya bukan dokter, tapi suami saya yang dokter. Baca ini langsung ingat dengan perjuangan suami saya selama menjadi dokter hingga skr, dan yg bikin saya bangga adalah beliau tidak pernah mengeluh dengan tiap kejadian yang ada :)
ijin share ya dok, tks :)

Anonymous said...

Do what you love, and love what you do..

Hidup Dokter INDONESIA!!

miko arifin said...

semangat mbak Meta, saya juga sempat bergaji 250rb sebulan....trus sekolah lagi, alhamdulillah setelah berjuang susah payah...pinjem sanasini akhirnya bisa menafkahi istri dan 2 buah hati....semangat para dokter

anto said...

saya dulu sempat berasusi negatif tentang dokter, tapi setelah membaca tulisan teman saya yang dokter di sini

http://hilmiology.blogspot.com/2009/07/guruku-sayang-dokterku-malang.html

saya malah pengen jadi dokter :D aah paling enggak sekarang jadi dokter di bidang lain...

nice post mba, selamat menunaikan tugas mulia sebagai dokter.

salam,
__lelaki berwajah dangdut

Anonymous said...

Saya mengerti dg isi tulisan ini... tujuan penulisannya bukanlah untuk mengungkapkan keluhan atau penyesalan karena mengeluh bagi seorg dokter adalah pantang apalagi di depan pasien apapun kondisi dan situasinya... mungkin tulisan ini dimaksudkan untuk sekedar memberitahukan bagaimana sebenarnya kondisi dokter di Indonesia ini... agar khalayak umum yg selama ini buta dg kondisi dokter dan cendrung mnganggp profesi ini sbg slah satu jlan mnuju kkyaan itu tahu yg sbenarnya... mngkin anggapan msyarakat awam ini dsebabkan karena dokter2 dari dulu memang tak prnah mw mmbritahukan kondisinya yg sbnarnya... semua tertutupi dg senyum sbgai salah satu poin profesionalitas dokter di depan pasien,tapi mungkin inilah saatnya untuk memberitahukan semuanya kepada masyarakat karena dokter juga manusia bukan mesin, stidaknya msyrakat bisa mengerti

Anonymous said...

Aduh mba ini alesan aja deh.. dokter itu cuma dengerin detak jantung pake stetoskop, nanya2 gejala, nulis obat antibiotik, vitamin ama penurun panas doang, udah dpt 70 ribu!!!

Banyak banget kata2 "pernah mikir ngga bhw bla bla?" Ya itu bukan urusan kita kali'! Dokter datengnya siang2 telat2 mah emang dasar dia mau dateng telat doang. Toh bargaining power dia lebih tinggi alias dia tahu pasiennya bakal nungguin dia dateng biar setelat apa juga.

Plis dong girl ngga usah sok miskin/ sok sengsara dehhhhhhh gemes gw bacanya

mithasuryani said...

mbak ijin share yah..

Anonymous said...

Menurut saya mnjd dokter d daerah memang butuh perjuangn.tp dokter2 d kota sprt angkat dagu dan terkesan arogan.memang tdk semuany..tp apapun profesi kitattp dijalani dg hati.krn hati lah yg akan mencukupkan hidup.ttp smngt mba...dan bersyukur.d luar sana msh bnyk ijazah s1yg tdk d hargai. Bahkn u mndptkn kerj saja susah...

Anonymous said...

Ohh.. Gtu ya. Trus gimana kalo anda gantikan saya kerja jadi dokter internship d tempat terpencil skarang dgn gaji 1,3 jt/bln tapi dibayarnya ga jelas kapan. Saya doakan anda sehat terus biar ga usah ke dokter,jadi ga usah repot2 untuk menghargai profesi dokter ;)

Anonymous said...

@kris ya semoga hidupmu baik baik saja ya, ga prnah ke dokter, soalny klo ke dokter udah pasti loe bakal kenapa kenapa..

Ijin share ya mbk, tulisan yg luar biasa.. Sangat menggugah, saya baru menyadari trnyata hidup dokter ky gitu..

sari said...

@Kris... kata2 si pendengki, worthless!!! To all TS : kerjaku, hidupku, ibadahku hanya untuk Allah swt. To all haters: plg mudah itu komen*cm psg stetoskop, ngejudge *kyk gt mah gampang-monggo beli stetoskop sendiri2 trs tutul2 ke dadanya masing2 and beli obat sendiri deh, ga perlu 70 rb buat ksh ke DOKTER lg ;p and jatuhin deh *plis dong g usa so miskin bla.., gemes bla.., ya itu bkn urusan kita kali bla... ehm, apa ya bangganya jd org kyk gini

sari said...

@Kris... kata2 si pendengki, worthless!!! To all TS : kerjaku, hidupku, ibadahku hanya untuk Allah swt. To all haters: plg mudah itu komen*cm psg stetoskop, ngejudge *kyk gt mah gampang-monggo beli stetoskop sendiri2 trs tutul2 ke dadanya masing2 and beli obat sendiri deh, ga perlu 70 rb buat ksh ke DOKTER lg ;p and jatuhin deh *plis dong g usa so miskin bla.., gemes bla.., ya itu bkn urusan kita kali bla... ehm, apa ya bangganya jd org kyk gini

dr muhammad said...

sepertinya yg menarik dari tulisan mbak hanya pesan dari ayah mbak meta. dari situ saya bisa mendapatkan pelajaran bahwa untuk menjalani suatu profesi berdasarkan niat dan tujuannya. didalam pesan ayah mbak tersirat bahwa menjadi dokter adalah pengabdian dan tidak ada kata mengeluh dalam kondisi apapun. dan sikapmayah mbak tidak pernah menunjukkan kesusahan yg dialaminya dan merasa tidak perlu menceritakan apapun yg terjadi didalam diri dokter.
seseorang yg memilih menjadi dokter karena mencari kekayaan maka akan kecewa dan tidak betah namun seseorang menjadi dokter karena pengabdian dan ikhlas maka tidak akan merasa kecewa bahkan akan merasa bahagia dgn profesi yg dijalaninya.
maaf, saya kurang setuju dgn cerita yg mbak tulis mengenai keluhan2 dan pengalaman yg dirasakan dokter tsb. hal ini dikarenaka tampak sekali manajemen waktu dokter yg kurang baik seperti dokter yg kerja di tmpat lain dan buru ke tmpat praktek yg lainnya, hal menunjukkan bahwa dokter tersebut berusaha bekerja banyak praktek. selain itu ada dokter yg anaknya sakit tp ttp praktek, hal ini bisa multi tafsir dmana bisa ditafsirkan bahwa dokter trsbut gila mencari uang dan mengabaikan keluarga namun bisa ditafsirkan bahwa anaknya sakit ketika dokter tsb sedang praktek. namun tidak ada larangan dokter meninggalkan pasien krn anaknya sakit dan saya pernah mengalami itu, dmana saya tinggalkan tmpat praktek dan segera mencari dokter pengganti dan Alhamdulillah ada dokter pengganti krn dokter tidak hanya kita sendiri. mengenai gaji, brapa pun gajinya, kurang etis harus diceritakan ke banyak orang krn gaji itu tergantung dimana kita mau bekerja. jika mengharapkan lebih maka cari tempatbprkatek yg memberikan gaji lebih namun apabila sudah bekerja di tempat yg gajinya kecil maka segera pindah dan jangan mengerjakan pekerjaan trsebut apabila tidak ikhlas maka akan berantahkan semuanya.
saya rasa semua orang tua menginginkan anaknya menjadi dokter karena anaknya bisa dapat lgs bekerja walaupun hanya membuka praktek dirumahnya dan orang tua masih menganggap bahwa dokter pekerjaan yg baik. tapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga yg berharap anaknya mengikuti jejaknya sebagai dokter, namun ada juga yg berharap anaknya menjadi kaya. b
bos saya di kantor sering mengatakan "be profesional, money comes later" artinya walaupun digaji perhari 6000 dan perpasien 5000 kalau kita prosesional dalam bekerja dan beretika baik maka tidak akan sedikit orang yg akan mempercayakan pemeriksaan kesehatannya ke dokter tersebut dan terus bertambah orang2 yg ikut menjadi pasien.
saya berharap timbul rasa keikhlasa para dokter di Indonesia dan tidak mengeluh dengan apa yg di rasakan dalam kehidupan profesinya.
maafkan kalau ada kata2 saya yg kurang berkenan...
saya siap dikritik yg membangun

mika said...

@kris
kritikan anda seperti cambuk, dan cambuk ini yg justru membawa dokter untuk menjadi lebih baik. terima kasih.
kalau dari jalur belakang masuk kedokteran sih gak masalah tp skrng sulit untuk keluar/lulus menjadi dokter krn ada serangkaian tes nasional (UKDI) YG BANYAK TIDAKNMELULUSKAN CALON DOKTER SAMPAI CALON DOKTER ITU TES BERULAN ULANG. dan ada pengabdian selama 12 bulan (internship) dan itu juga tidak bisa lgs lulus apabila tidak dikatkan layak menjadi dokter. tenang aj mas, klo mas ke dokter itu menunjukkan bahwa dokter trsbt sudah layak menjadi dokter dan pastinya harus punya surat izin praktek. tapi kalau ragu juga silahkan ke pengobatan alternatif atau orang pintar (dukun)

Anonymous said...

Semoga sodara sehat selalu.. kami para dokter bantuin doa but saudara.. termasuk bila sampai saudara sakit, kami hanya akan membantu doa, semoga Jalan saudara dimudahkan tanpa kami tempelin stetoskop atau tanpa kami beri resep antibiotik... Amiinn...

super said...

Ya kalau begitu kenapa tidak anda saja yang beli stetoskop dan buku resep, lalu buka praktek sendiri? kan tinggal dengerin lewat stetoskop dan menulis antibiotik saja di buku resep daripada harus meminta bantuan dokter yang sama sekali tidak ada harganya di mata anda?
Lebih mudah bukan :)
Kalau gk mau rugi, pinjam saja stetoskop dan minta kertas resep sama mbak meta pasti dikasih gratis. :)

Anonymous said...

Wiih. Asik bgt cepet kaya.. pgn bgt gw. trus lo sndiri bisa ga hidup dgn gaji 1,3 jt /bln dibayar ga jelas kpn kyk gw skr jdi dokter di tmpat terpencil? Smg lo &keluarga sehat terus ga usa ke dokter biar ga malu uda ngmg kyk gitu

Anonymous said...

Iyanih saya jg gemes bgt sama komen anda.. smg aja anda &keluarga ga ada yg sakit biar ga malu mau taruh muka dmn uda njelek2in dokter malah pergi ke dokter.. :)

Anonymous said...

UKDI mungkin sama dengan sertifikasi... kalo ga nyogok sulit lulusnya,,, jadi utk TS pandai2lah mencari kenalan... :)
yang salah siapa?? kalau bkn setumpuk gombal yg tidur waktu rapat dan manusia2 "peningkat" anggaran, jaman sekarang bkn jalan raya saja yg diproyek... :D

Anonymous said...

Pasti kalau dia sakit apalagi orangtua nya sakit parah passtii langsung ke dokter trus nanya aduuhh gmn ini dok. Tolong bantu saya spy saya/ orangtua saya sembuh

Putu Sukmaantara said...

Tulisan yg sangat menarik. Anak saya juga dokter, baru lulus beberapa bulan yang lalu, sekarang sedang internship di Singaraja, Bali. Betul, diberi 'sangu' 1,2 juta sebulan, diberikan 3 bulan sekali. Menyedihkan? Untung anak saya tidak ikut 'demo buruh' yg menuntut lebih dari itu.

Anonymous said...

aku bukan dokter sih mbak tapi mau share aja. di tempat kerja aku ada kuli bangunan yang pake kacamata (heran juga blom pernah liat kuli kacamataan) trus dia sempat jatuh dari atap gara2 kepleset waktu pembangunan tempat kerja aku itu. tangannya patah dan dia ke apotek beli obat tanpa minta resep ke dokter. beli obat cuma lisan dengan bahasa farmasi gitu. usut punya usut ternyata dia sarjana kedokteran universitas negeri dan uang orangtuanya habis untuk sekolah anaknya sampe anaknya pas lulus malah harus jadi tukang (iya.. kuli bangunan itu). shock dan sedih dengernya. terpaksa gitu katanya untuk biayain hidup orang tuanya juga yang udah habis2an jual ini itu buat sekolah kedokteran :(
aku juga dulu dipaksa orang tua jadi dokter (katanya biar cepet kaya) tapi ga bakat ilmu eksakta, untungnya. ada beberapa sepupu yang jadi dokter di daerah terpencil dan gaji kecil juga tapi ga ngeluh. jadi dokter tidak menjamin kesejahteraan hidup seseorang juga sih. yang penting niatnya emang tulus menolong orang, bukan mau cepet kaya :)

Anonymous said...

Utk yg antipati sama kita...(dokter2) doakan saja dia...lalu lupakan. Dg melupakan artinya dia itu sama sekali gak penting buat kita.
I keep thinking that NATURE KNOWS BETTER....dan inshaAllah kita tetap mencari kemuliaan hidup melalui profesi kita.
Tetap semangat buat sejawat2ku DOKTER INDONESIA!!!!

Rheananda Ariesta said...

Pernah terpikir engga kalau kasus malpraktik yang marak beredar disana-sini murni bukan mutlak kesalahan dokternya? Yang sering, pasien mengira atau menuntut malpraktik, padahal yang terjadi hanyalah perjalanan penyakit biasa.==> dr Meta said...
Honestly, kebanyakan dokter tidak memerikan informasi secara jelas terhadap pasien mengenai penyakitnya, tindakan Medis yang akan diberikan, dan medikasi atau obat yang diresepkan, sebagian besar dokter menganggap pasiennya adalah orang yang awam, jadi jangan salahkan pasien yang menuduh dokter melakukan malpraktik, mungkin hal tersebut karena pasien yang bersangkutan merasa tidak diberikan informasi oleh dokter, dan tidak mengetahui bahwa dokter tersebut telah melakukan prosedur sesuai dengan SOP, sebagai renungan juga kepada para dokter untuk memberikan informasi yang jelas kepada pasien.

Anonymous said...

Setuju banget sama mbak Meta ^_^ hidup dokter !! Cuma rada aneh aja baca komen si Kris , kayanya dia lebih suka ke *Paraji* deh ato gak ke dukun beranak , hadeehhh,

Anonymous said...

nice posting kakak, ijin share ya :)

Anonymous said...

Nice Posting...apalagi skrg topik dokter lg banyak diangkat media. Ijin share y.
Salam TS

Anonymous said...

bener banget....kuliah di kedokteran tuh lama buanget dan mahal, yang jelas selain atlas masih ada kamus dorland yang wajib dibeli tuh.....aku pernah ngerasain sekitar 18 Tahun yang lalu selama 6 tahun....dan harus disadari bahwa dokter bukan Tuhan atau Malaikat yang sempurna bisa nyembuhin pasien...selama prosedur sudah dijalani dengan benar kembalikan hasilnya kepada Tuhan YME...yang penting kita sudah berusaha dengan baik dan semaksimal mungkin

Gus Rojn said...

menginspirasi sekali

Roberto Martinez said...

Si Kris kayaknya perlu di kraniotomi evakuasi feses di otaknya biar otaknya gak kotor...itupun kalau otaknya masih diatas bukan di dengkul...

Laili Mardhatilah said...

SEMUA TERGANTUNG DARI NIAT AWAL !!!

Anonymous said...

Rejeki, umur, takdir, semua kehidupan,kita sudah ditulis sebelum kita lahir... Kita tidak bisa menyalahkan,jadi apa kita......ingat janji Allah kepada hamba yang taat dan bertaqwA akan memberikan rejeki dan jalan keluar yang tidak disangka sangka.....kalo sekarang dokter pada susah ...jgn salahkan siapa siapa...ssjauh mana kita amalkan agama kita dan takut kita pada Allah maka kebahagiaan dan kejayaan di dunia yg semwntara dan akhirat selama lamanya akan diraih......

Anonymous said...

Ya jangan salahin kita yg menilai dong. Kan memang umumnya dokter gajinya banyak. Kalo dpt gaji sedikit dr awal karir semua profesi jg begitu kok. Kan nantinya jg gaji besar yg didpt. Tukang bangunan ato tukang potong rambut jg sering kena omel lho. Tp jenjang karir mereka ga setinggi dokter. No pain no gain yaaa... doctor has higher paid ofcourse they has higher responsibility as well. We all know that. I dont know who are you trying to to convince here...

Anonymous said...

Nice posting dok.. Saya jg pernah ngalamin gaji 1,2 juta, tp ya tetep dijalani dgn santai, pasti ada susah senangnya menjalani profesi ini hehe

Ijin share dok.. :)

Anonymous said...

tulisan ini penuh dengan keluh kesah, terus terang saya muak dengan kemunafikan rata2 dokter di indonesia, yang hanya memeras pasien demi pasien dengan tidak berdaya.

Parah !!!. makanya agak aneh, apabila orang mau jadi kaya, tapi memanfaatkan ketidakberdayaan orang lain untuk berobat. kalau mau dapat uang banyak ya jadi pedagang atau pengusaha.

ribka yusnida said...

aku suka postingan kakak..rencananya setelah lulus aku mau masuk FK setelah melihat postingan kakak aku jadi semakin yakin untuk menjadi seorang dokter karena aku yakin Tuhan lah yang menggerakan hati saya untuk menjadi seorang dokter..
thank u kak

halid said...

Ada yg salah dg persepsi menkesnya kalee yA..

Anonymous said...

Belajar lah biar gak susah lulus..saya dulu cukup belajar aja satu kali UKDI lukus kok.

Anonymous said...

Setuju dengan tulisan dokter meta krn saya merasakan sendiri sebagai dokter internsip digaji 3 bulan sekali. Buat kenapa dokter selalu keliatan kaya dan ga buat sktm, saya rasa ga etis kl seorang dokter membuat sktm. Ada rasa malu juga ke diri sendiri. Kadang saya malah mempermasalahkan orang orang mampu yang malah membuat sktm seperti anda anda dengan komen negatif di atas.

Anonymous said...

Bagus ceritanya, membuka wawasan tentang dokter. Tapi terlalu berlebihan dalam menilai para pasiennya. apa sebegitu jeleknya para pasien di indonesia tercinta ini? Boleh2 saja mengangkat nilai seorang dokter, tapi bukan berarti harus menurunkan nilai pasien kan?

Fransisca Jelena Gandasasmita said...

Setuju dok, saya jg dokter tp untuk skrg enggan untuk kerja di rs, selain apa yg ditulis ama dokter, ada jg tekanan lainnya, dari sesama teman sejawat dan rekan dokter, dokter senior di rs, selalu ada bullying di rs, uda stress ama pasien, ditambah tekanan dari dokter lain...untuk masyarakat yg ga tau profesi dokter, hanya 1 yg bisa aq bilang, profesi dokter itu seperti gunung es, yg keliatan di masyarakat hanya ujungnya aja, yg kaya2...tapi dokter2 dibawah yg kerja mati2an demi masyarakat ga pernah diliat jasanya, kl salah dimaki, kl bener ga diliat....seperti dosenku berkata "seorang dokter itu satu kakinya di surga, kaki lainnya di neraka..." hargailah dokter, krn profesi kami bukan untuk harta semata..kami ga mengharapkan masyarakat untuk terus sakit, walaupun kami mendapat penghasilan jika kalian sakit..oknum memang banyak yg merusak nama baik kami...tapi bukan berarti kami semua jelek...

Fransisca Jelena Gandasasmita said...

Buat yg merasa tulisannya terlalu menegatifkan pasien, emang kenyataannya bnyk pasien yg begitu walau lbh banyak yg baik, sama aja seperti kalian yg selalu bilang dokter itu jelek, matre, suka bohongin pasien atau bilang dokter suka telat, ngasig obat mahal2...kan ga semua dokter seperti itu...knp kalian bilang spt itu? Sama kan? Dari dulu emang negatif yg keliatan, jd jgn bilang kl tulisan ini menjelekkan pasien, silahkan cari tulisan lain ttg dokter, mereka jg menjelekkan dokter...this is the fact of being a doctor, and also the fact about how some patients have been treating us...

Anonymous said...

aku masih koas dok, dan emang berat banget perjuangannya,yang paling berat adalah ninggalin keluarga di rumah apalagi orang tua tinggal 1, dan lagi aku termasuk yang sulit nangkep pelajaran, it's not easy being a good doctor, tapi karena udah kecemplung separo jalan,jadi harus diteruskan sampai selesai, kadang mikir profesi lain (selain tenaga medis dan abdi negara) mungkin punya beban juga,tapi mereka punya jam yang teratur,kalo liat konsulen2 juga mikir,sibuk banget mereka masih sempet bimbing kita yang bodoh ini, thanks dok tulisannya,inspiratif, kalo punya anak nanti aku bakal kasih pilihan ke dia tapi ga memaksakan untuk jadi dokter,hehe

Anonymous said...

bacot ah dokter

yudhi kurniawan said...

menurut nganaaaaaa......

Anonymous said...

Agree nih sama statementnya, si kris kynya pny kecenderungan psikosis dan perlu craniotomi jg spy bisa di cek tuh syarafnya semua msh pada bener nyambung pa ga..kynya kl cara bicaranya violance ky bgt ada mslh tuh di otaknya yg mengontrol mslh behavior dan cara berbicara..mudah2an mahluk yg bernama kris ini robotic man ya alias manusia yg tdk pernah sakit, krn tuhan itu biasanya tidak pernah tidur dan buat yg senang menanam keburykan dan kedengkian suatu saat jg pasti akan menuai yg serupa dikehidupan. Good luck dech kris..baek2 jlnin hidup ya..semoga tiket ke surga ga penuh

Setiabudi Ahmed said...

Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltdd@gmail.com alexandraestherfastservice@cash4u.com
atau Anda mengunjungi situs web mereka: globalfastservice.org
Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

Enyasa Desmond said...

Good Day Ladies and Gentlemen.
Berikut datang pinjaman terjangkau yang akan mengubah hidup Anda selamanya, Kami adalah Leander bersertifikat, menawarkan pinjaman, Kami menawarkan pinjaman kepada sektor individu dan masyarakat yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tingkat bunga rendah dari 2%. Bad kredit diterima, Syarat dan Ketentuan yang sangat sederhana dan considerate.You tidak akan pernah menyesal apa-apa dalam transaksi pinjaman ini karena saya akan membuat Anda tersenyum. Perusahaan kami telah mencatat banyak terobosan dalam penyediaan jasa keuangan kelas pertama untuk klien kami, terutama di bidang sindikasi pinjaman dan penyediaan modal untuk individu dan perusahaan. Kami telah membawa industri yang sakit kembali ke kehidupan dan kami berinvestasi dalam ide-ide bisnis yang baik dengan menyediakan dana untuk start up mereka. Kami memiliki jaringan Investor yang bersedia untuk memberikan dana apa pun jumlah yang individu dan organisasi untuk memulai bisnis dan operations.i ingin Anda untuk memahami fakta bahwa Penawaran Enyasa Desmond Badan Kredit. adalah untuk membantu mereka yang kurang istimewa keuangan kembali ke jalur dengan menyediakan semua jenis pinjaman kepada mereka (EG) KPR, kredit pinjaman usaha rumah dan pinjaman kredit buruk pinjaman komersial, mulai-up kredit modal, kredit konstruksi, kredit mobil bekerja, pinjaman Hotel, dan pinjaman mahasiswa, pinjaman pribadi, Kredit Hutang Konsolidasi, apa yang Anda tunggu secepatnya kenapa tidak Anda mencoba Enyasa Desmond Badan Kredit dan bebas dari hutang klien yang tertarik harus menghubungi kami hari ini melalui ed081555.loanfirm@gmail.com .
Kebahagiaan Anda adalah sukacita kita.

Widya Okta said...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena buruk ekonomi di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan seorang teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda SANDRAOVIALOANFIRM kontak yang lebih baik. menghubungi mereka melalui email:. (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Fitria 8b said...

Maaf ya kakak2 sekalian , saya mau tanya saya masih SMP tapi saya ingin jadi dokter yg menangani penyakit dalam . Dokter emang mahal ! tetapi yg mau saya tanyakan kakak ini dokter swasta / negeri ? soalnya setau saya yg dari org2 jg Dokter swasta yg cepat kaya gajinya gedhe , tetapi dokter negeri gk segedhe dokter swasta ..

Apakah tidak memberatkan jika saya berprofesi ganda Dokter n pramugari / Dokter n dosen ? soalnya cita2 saya sebenrnya bukan jadi dokter melainkan jd pengacara, pramugari, dan arsitek .. tetapi dilihat secara nyata trnyata saya lebih lihai jd dokter

Hollings Oz said...

Ini adalah kesaksian perusahaan pinjaman HollingsOz masyarakat umum dari jakarta Indonesia adalah yang paling dapat diandalkan perusahaan perusahaan pinjaman yang dapat Anda percaya days.we ini memiliki banyak palsu dan perusahaan pinjaman nyata hari ini, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.The hanya mengencangkan Anda bisa online pinjaman adalah pinjaman HollingsOz firm.you dapat menghubungi HollingsOz Badan kredit ketika membutuhkan pinjaman mendesak dan kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Hubungi perusahaan pinjaman .HollinsOz di Hollingsozloanfirm@gmail.com.
Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi kami melalui email Hollingsozloanfirm@gmail.com.God memberkati Anda dan membuat sut youre Anda ger pinjaman dengan bantuan kami.

Indriaty Manirjo said...

Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

Hollings Oz said...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda, Anda perlu meminjam uang untuk meningkatkan komersialisasi organisasi Anda? Atau Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan, atau tidak? Anda perlu berbagi beban pinjaman atau hipotek? Anda memiliki lokasi yang tepat untuk utang Anda di sini! Hollings Oz pinjaman perusahaan pinjaman kepada orang-orang terkenal - dan terkenal.
Manfaat yang rendah dan dapat diterima dari 2% tanpa colerteral.
Silahkan hubungi kami di E-mail kami hari ini jika Anda perlu meminjam Email urget: Hollingsozloanfirm@gmail.com.

Alyasaa Daburah said...

Halo semua, kami ceo dari alyssa lender deborah saat memberikan pinjaman kepada pelamar kami untuk membantu mereka booming bisnis menerjang mereka, melunasi fudbills sone d Anda, Yang kita butuhkan adalah beberapa informasi tentang Anda dengan tingkat bunga 2%. Jadi hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

KASIH BAMBANG said...

Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 6 bulan. kemudian saya tought bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Nyonya besar, CAHYA KIRANA, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari € 30.000, setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk saya sangat mengejutkan. dia memberi saya pinjaman dari € 30.000 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya dan pinjaman saya siap, dalam waktu 72 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini sayangku Saudara-saudara perempuan dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan sangat greatfull padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email dan mendapatkan pinjaman hari ini .. cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, Anda juga dapat menghubungi saya di kasihbambang2012@gmail.com untuk lebih jelasnya!

Abdul Halim said...

Kemuliaan Jadilah Untuk Allah,
saudara dan adik saya, Tuhan saya telah menjawab doa saya, setelah mencari pinjaman di internet selama berbulan-bulan sekarang, tetapi tidak berhasil, dan saya ditipu selama 7 bulan dengan penipuan internet sampai suatu hari saya datang di kesaksian di internet yang dibuat oleh salah satu Mrs. Kasih Bambang, yang mampu meyakinkan dan membantu saya untuk percaya Ibu Cahya, saya hanya dibayar dua kali yang merupakan biaya pajak dan biaya transfer dari pinjaman saya dan tidak ada biaya lain dibuat lagi, dan untuk terbesar saya kejutan, saya mendapat pinjaman saya sebesar 2% dan itu dikirim ke saya langsung ke rekening bank saya 4 jam setelah saya melakukan pembayaran biaya terakhir saya, saudara-saudara saya, masih ada seseorang yang peduli tentang kami di sini, jika Anda berada di ini menyatakan bahwa saya baru saja keluar dari sekarang, saya akan memberitahu Anda bahwa Anda menghubungi dia sekarang emailnya cahya.creditfirm@gmail.com dan saya menjamin Anda semua bahwa wanita ini adalah ibu sejati dan akan membuat impian Anda menjadi kenyataan jika hanya Anda dapat bekerja dengan dia dengan kepercayaan, merasa bebas dan menghubungi dia jika Anda membutuhkan pinjaman benar, Anda dapat menghubungi saya juga di abdulhalim08055@gmail.com jika Anda memiliki pertanyaan untuk bertanya, di sini adalah email wanita yang membantu saya untuk percaya Ibu Cahya kasihbambang2012@gmail.com Anda juga dapat menghubungi dia untuk lebih infor.

Magret Spencer said...

Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

Batari Bima said...

Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 8 bulan. kemudian saya tought bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Madam besar, cahya kirana, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp300,000,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk saya sangat mengejutkan. dia memberi saya pinjaman dari Rp300,000,000,000.00 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya dan pinjaman saya siap, dalam waktu 72 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini saya Saudara-saudara yang terkasih dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan sangat greatfull padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email dan mendapatkan pinjaman hari ini .. cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, Anda juga dapat menghubungi saya di bataribima2011@gmail.com untuk lebih jelasnya! Saya hanya membayar biaya pajak dan biaya transfer dan tidak lebih tidak ada perubahan lain dan saya mendapat pinjaman saya dikirim langsung ke rekening bank saya, merasa bebas saudara-saudara saya, dia ada di sini untuk membantu kita semua

Dangote Family said...

Tuan Nyonya
Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
Keuangan *
* Home Loan
* Investasi Pinjaman
* Auto Pinjaman
* Konsolidasi hutang
* Line of Credit
* Kedua Mortgage
* Akuisisi kredit
* Personal Loan
Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
dangotegrouploandepartment@gmail.com

Magret Spencer said...

Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

Queen Daniel said...

Saya Mrs Queen pemberi pinjaman pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman pada tingkat 2%
Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang Anda?
Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
pinjaman untuk membayar tagihan,
Kami di sini untuk memberikan pinjaman dari jumlah apapun, silahkan hubungi kami melalui alamat perusahaan:
queendanielloanfirm@gmail.com Tuhan memberkati

Abdul Halim said...

Kemuliaan Jadilah Untuk Allah,
saudara dan adik saya, Tuhan saya telah menjawab doa saya, setelah mencari pinjaman di internet selama berbulan-bulan sekarang tapi tidak berhasil, dan saya ditipu selama 7 bulan dengan penipuan internet sampai suatu hari saya datang di kesaksian di internet yang dibuat oleh salah satu Mrs. Kasih Bambang, yang mampu meyakinkan dan membantu saya untuk percaya Ibu Cahya, saya hanya dibayar dua kali yang merupakan biaya pajak dan biaya transfer dari pinjaman saya dan tidak ada biaya lain dibuat lagi, dan saya sangat mengejutkan , saya mendapat pinjaman saya sebesar 2% dan itu dikirim ke saya langsung ke rekening bank saya 4 jam setelah saya melakukan pembayaran biaya terakhir saya, saudara-saudara saya, masih ada seseorang yang peduli tentang kami di sini, jika Anda berada di negara ini bahwa saya baru saja keluar dari sekarang, saya akan memberitahu Anda bahwa Anda menghubungi dia sekarang emailnya cahya.creditfirm@gmail.com dan saya menjamin Anda semua bahwa wanita ini adalah ibu sejati dan akan membuat impian Anda menjadi kenyataan jika hanya Anda dapat bekerja dengan dia dengan kepercayaan, merasa bebas dan menghubungi dia jika Anda membutuhkan pinjaman benar, Anda dapat menghubungi saya juga di abdulhalim08055@gmail.com jika Anda memiliki pertanyaan untuk bertanya, di sini adalah email wanita yang membantu saya untuk percaya Ibu Cahya kasihbambang2012@gmail.com Anda juga dapat menghubungi dia untuk lebih infor.

Magret Spencer said...

Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

Bunda said...

Ini adalah kesaksian kepada masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
Tuhan memberkati Anda.

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Setiabudi Ahmed said...

Halo, nama saya Setiabudi, saya telah ditipu 8 Juta karena aku butuh modal besar dari 40 Juta, bisnis saya hancur sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya dan suami saya ke Mrs Alexandra yang akhirnya membantu kami mendapatkan pinjaman dalam dirinya perusahaan, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan.

alexandraestherloanltdd@gmail.com
atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,

Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com informasi atau saran yang perlu Anda ketahui.
Terima kasih .

Kelly Wood said...

Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Kelly

jurjanibude0811@gmail.com said...

Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rp 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

perusahaan alamat** {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com}

Dewi ahmad said...

Anda memiliki hutang, atau yang Anda menolak pinjaman di bank? Tim kami akan membantu dalam memecahkan masalah Anda dengan tingkat bunga 2%. Kami merekomendasikan pinjaman cepat untuk tujuan apapun. Hanya ID card, verifikasi cepat, formalitas minimum, akseptabilitas tinggi proposal dan keputusan kredit dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa perlu memberikan bukti pendapatan. Kami punya jumlah pinjaman yang tinggi hingga 10 Miliar dari mata uang di dunia
Jangka waktu pengembalian kami adalah dari 6 bulan sampai 20 tahun. Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit. Datang kepada kami, kami menangani semuanya dalam satu hari. Hubungi kami hari ini melalui email kami: dewiahmad.loanfirm@gmail.com

Adhi aini said...

Halo Setiap Satu, saya mrs Adhi Aini Dari Indonesia tetapi saya tinggal di sini di São Paulo, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk geser kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk
Legit dan nyata pemberi pinjaman kredit yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari menjadi miskin untuk seorang wanita kaya yang sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa
stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed jumlah Rp5.000 saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan
pinjaman dari pemberi pinjaman kredit legit secara online yang tidak akan menambah rasa sakit saya, maka saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita bahas tentang
masalah dan kesimpulan kami dia mengatakan kepada saya tentang Perempuan yang disebut Mrs Elizabeth yang merupakan C.E.O dari Elizabeth Kean Badan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp300,000.000) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat tentang transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 4 jam, pinjaman diendapkan ke bank saya. Jadi saya ingin saran salah satu yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubunginya melalui email di .. elizabethkeen.loanfinance@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan hal ini saya berdoa bahwa Tuhan akan memberkatinya untuk hal yang baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di adhiaini05@gmail.com. untuk info lebih lanjut.

William Emamllua said...

Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari kreditur online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kami punya suami nothing.My dan saya berada di utang, dan kami memiliki satu ada untuk menjalankan untuk membantu, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai seorang teman saya memperkenalkan kita kepada emamllualoanfirm? yang membantu kami dengan menawarkan kita loan.For tanpa jaminan hanya 2% untuk informasi lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan kontak pinjaman Anda Emamllualoanfrim@gmail.com

zalina dianto said...

Selamat siang semua orang saya Zalina Dianto Kota Malaka malaysia saya akan senang untuk berbagi kisah sukses besar yang terjadi dalam hidup saya untuk semua orang tahu bahwa dalam kehidupan Anda mungkin memiliki waktu yang buruk jangan khawatir waktu yang baik pasti akan datang hanya bersabar dan memiliki fokus mendapat bagian dari expirience hidup saya, saya ingin mengucapkan terima kasih (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) untuk kebaikan mereka, ketulusan, setia dan kejujuran pada hidup saya. Hanya beberapa bulan Kembali, saya mencari pinjaman dari Rm165,000.00 seperti saya kehabisan uang untuk bisnis saya dan saya tidak bisa membayar tagihan dan pekerja saya lagi. Saya scammed RM37,000 pengalihan palsu penipuan pinjaman ATM dan saya memutuskan untuk tidak mendapatkan terlibat dalam bisnis seperti lagi saya tidak pernah tahu bahwa sebuah perusahaan nyata seperti (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) masih ada di Asia sampai mantan tenate saya (Mr Budi Jurjani) yang bercerita tentang sebuah perusahaan mengakui pinjaman besar di Asia saya meminta nya untuk alamat dia mengatakan kepada saya mereka berada di Arab Saudi namun memiliki email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) karena penampilan dan perbuatan saya dia meyakinkan saya bahwa jika saya menerapkan saya akan memberikan kredit untuk bisnis pada awalnya saya berdebat dengan dia saya meyakinkan ketika ia mengatakan kepada saya bahwa uang yang kita membayar utang dan memulai bisnisnya adalah dari ((AASIMAHA Adila AHMED pINJAMAN FIRM) yang merupakan perusahaan asli, meskipun saya tidak pernah percaya padanya, saya membuat sidang dan saya senang saya lakukan, saya diberi jumlah pinjaman dari Rm165,000.00, oleh perusahaan ini ((AASIMAHA Adila AHMED pINJAMAN FIRM) tidak ada biaya transfer atau pendaftaran Jika Anda membutuhkan asli, pinjaman legit atau bantuan keuangan dan Anda dapat diandalkan, terpercaya dan mampu membayar kembali pada saat jatuh tempo dana saya akan saran Anda untuk menghubungi :( aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) dan Anda bebas dari penipuan di internet. Semua berkat (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) untuk memulihkan kehidupan ke bisnis saya. Apakah Anda dari Asia dan di luar mencari pinjaman yang sangat Asli? cerita sukses telah berubah dengan (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya di ((zalinadiato@gmail.com))

U.S WORLD LOAN LTD said...

100% Modal Pendanaan / Loan sebesar 3% per Tahun
Hubungi kami sekarang Via Email: rose_investments@aol.com

Dewi ahmad said...

Anda memiliki hutang, atau yang Anda menolak pinjaman di bank? Tim kami akan membantu dalam memecahkan masalah Anda dengan tingkat bunga 2%. Kami merekomendasikan pinjaman cepat untuk tujuan apapun. Hanya ID card, verifikasi cepat, formalitas minimum, akseptabilitas tinggi proposal dan keputusan kredit dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa perlu memberikan bukti pendapatan. Kami punya jumlah pinjaman yang tinggi hingga 10 Miliar dari mata uang di dunia periode pembayaran kami adalah dari 6 bulan sampai 20 tahun. Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit. Datang kepada kami, kami menangani segala sesuatu yang saya dalam satu hari. Hubungi kami hari ini melalui email kami: dewiahmad.loanfirm@gmail.com

Abdul Halim said...

Kemuliaan Jadilah Untuk Allah,
saudara dan adik saya, Tuhan saya telah menjawab doa saya, setelah mencari pinjaman di internet selama berbulan-bulan sekarang tapi tidak berhasil, dan saya ditipu selama 7 bulan dengan penipuan internet sampai suatu hari saya datang di kesaksian di internet yang dibuat oleh salah satu Mrs. Kasih Bambang, yang mampu meyakinkan dan membantu saya untuk percaya Ibu Cahya, saya hanya dibayar dua kali yang merupakan biaya pajak dan biaya transfer dari pinjaman saya dan tidak ada biaya lain dibuat lagi, dan saya sangat mengejutkan , saya mendapat pinjaman saya sebesar 2% dan itu dikirim ke saya langsung ke rekening bank saya 4 jam setelah saya melakukan pembayaran biaya terakhir saya, saudara-saudara saya, masih ada seseorang yang peduli tentang kami di sini, jika Anda berada di negara ini bahwa saya baru saja keluar dari sekarang, saya akan memberitahu Anda bahwa Anda menghubungi dia sekarang emailnya cahya.creditfirm@gmail.com dan saya menjamin Anda semua bahwa wanita ini adalah ibu sejati dan akan membuat impian Anda menjadi kenyataan jika hanya Anda dapat bekerja dengan dia dengan kepercayaan, merasa bebas dan menghubungi dia jika Anda membutuhkan pinjaman benar, Anda dapat menghubungi saya juga di abdulhalim08055@gmail.com jika Anda memiliki pertanyaan untuk bertanya, di sini adalah email wanita yang membantu saya untuk percaya Ibu Cahya kasihbambang2012@gmail.com Anda juga dapat menghubungi dia untuk info lebih lanjut.

Indriaty Manirjo said...


Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Hariadi Hariadi said...

Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 9 bulan. kemudian saya berpikir bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Nyonya besar, Cahya Kirana, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp500,000,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk saya sangat mengejutkan. dia memberi saya pinjaman dari Rp500,000,000,000.00 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya, dan pinjaman saya siap, dalam waktu 8 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini sayangku Saudara-saudara perempuan dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan menjadi begitu besar penuh padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email nya cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, dan mendapatkan pinjaman hari ini .. Anda juga dapat menghubungi saya di hariadihariadi70@gmail.com dan di sini adalah email teman-teman saya kasihbambang2012@gmail.com untuk lebih jelasnya! dia adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar biaya saya ketika saya takut bahwa ia mungkin menjadi salah satu penipu internet tapi sayang di antara semua pemberi pinjaman masih ada seseorang yang peduli apa-apa.

Bunda said...

Kesaksian untuk masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
Tuhan memberkati Anda.

DLF LOANS said...

Halo,
Apakah Anda memerlukan bantuan dan lelah menjadi kecewa ?. PINJAMAN DLF berkomitmen untuk kebijakan kesempatan yang sama dan pengembangan kebijakan yang positif, menyediakan jasa keuangan ahli kami untuk semua orang. Kami menawarkan berbagai pinjaman kepada perusahaan, usaha kecil dan perusahaan, serta konsumen individu. paket kredit kami dapat berupa panjang, atau jangka pendek, di preferensi Anda inginkan. Kami menawarkan semua jenis pinjaman seperti pendidikan, bisnis, konsolidasi utang dan pinjaman pelaksanaan proyek.

Apakah Anda pernah ditolak pinjaman oleh bank Anda, bagaimana untuk membayar tagihan berikutnya, Butuh pinjaman proyek, ekspansi bisnis kredit? Jika Anda tidak memiliki uang muka, kredit buruk, atau mungkin banyak utang, kita dapat menemukan program yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda! Untuk tujuan apa pun yang Anda butuhkan pinjaman, apakah bisnis, pribadi, atau konsolidasi utang, DLF Pinjaman, akan menawarkan jumlah pinjaman tertentu pada tingkat bunga yang sangat rendah. DLF Pinjaman telah melayani berbagai perusahaan, organisasi dan individu sama, dalam mencapai impian mereka masing-masing dengan secara efektif memberikan pinjaman tanpa AGUNAN untuk hanya 2% RATE. Email: info.dlfloans@gmail.com

HUBUNGI KAMI SEKARANG
info.dlfloans@gmail.com
DLF PINJAMAN

Jelli Mira said...

Halo, aku Jelli Mira, Saya sangat senang hari ini karena semua keinginan hati saya hanya datang untuk lulus, setelah mencari pinjaman untuk pengobatan nyeri ayah saya dan untuk perayaan Ramadhan datang sebagainya, saya akhirnya mendapat pinjaman dari hak sumber yang memiliki nama adalah Mrs. Sandra Ovia, yang membantu saya mendapatkan pinjaman dengan non agunan, setelah saya telah ditipu oleh begitu banyak pemberi pinjaman kredit di internet ini, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk membiarkan sesama Indonesia tahu bahwa bahkan beberapa begitu- disebut pemberi pinjaman adalah palsu, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak dan aman bahkan untuk perayaan kedatangan Ramadan, hubungi Ibu Sandra Ovia, dia adalah salah satu yang saya percaya Allah mengutus untuk menyelamatkan kita untuk liburan, jadi saya ingin Anda semua untuk bergabung dengan saya terima Mrs Sandra dan jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menulis dia melalui email perusahaan: sandraovialoanfirm@gmail.com
Saya sesama Indonesia jika Anda memiliki masalah dalam menghubungi dia, maka Anda dapat menghubungi saya di email ini: jellimira750@gmail.com untuk arah lebih lanjut.
Tuhan memberkati kalian semua.

Dangote Family said...


Tuan Nyonya
Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
Keuangan *
* Home Loan
* Investasi Pinjaman
* Auto Pinjaman
* Konsolidasi hutang
* Line of Credit
* Kedua Mortgage
* Akuisisi kreditan
Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
dangotegrouploandepartment@gmail.com

Bunda said...

Kesaksian untuk masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
Tuhan memberkati Anda.

Annissa Nor said...

Akhirnya kami mendapatkan pemberi pinjaman kredit riil di internet, mereka dipercaya dan diandalkan, saya sangat senang ketika aku pinjaman saya dari pinjaman dlf. saya telah scammed berkali-kali, saya telah diterapkan untuk hampir semua perusahaan pinjaman di situs ini, dan mereka meminta pembayaran, setelah membayar saya tidak akan mendapatkan pinjaman saya, mereka akan berhenti menghubungi saya, saya begitu banyak utang, aku hampir kehilangan hidup saya karena saya telah kehilangan lebih dari 48 juta dan saya tidak mendapatkan pinjaman, saya mengikuti semua prosedur dan masih saya tidak mendapatkan pinjaman dari mereka. Anda harus sangat berhati-hati di situs tertentu, tidak semua perusahaan dan kesaksian di sini benar, Anda harus waspada. pinjaman dlf adalah pengembang real estate komersial terbesar, dan mereka telah terdaftar untuk memberikan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, saya terkejut ketika saya mendapat pinjaman saya (370 juta rupiah) untuk tingkat hanya 2% dari dlf tanpa stres, saya hanya mengikuti prosedur dan saya mendapat pinjaman saya dalam waktu 2 hari. jika Anda membutuhkan pinjaman, saya akan saran Anda mencoba pinjaman dlf dan saya memberikan jaminan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam nama Tuhan, Amin
kontak mereka adalah info.dlfloans@gmail.com

Anda masih bisa menghubungi saya di email saya jika Anda memiliki pertanyaan, annisaanor111@gmail.com

Tintin Supartini said...

Mencari pinjaman adalah salah satu solusi ketika membutuhkan dana yang besar dan kadang-kadang tiba-tiba. Misalnya, untuk keperluan bisnis atau usaha, biaya sekolah anak-anak, biaya rumah sakit dan sebagainya. Tidak masalah mencari pinjaman untuk menutupi kekurangan dana, masalahnya adalah di mana untuk mendapatkan pinjaman dijamin. Jangan sampai salah dalam memilih tempat untuk meminjam uang. Pilih tempat yang aman untuk meminjam uang agar tidak terjebak jumlah pinjaman yang bisa membuat utang Anda. Yang di tempat yang aman untuk mendapatkan pinjaman dana tersebut? Berikut ini adalah tempat yang baik untuk mendapatkan pinjaman: -cahya.creditfirm@gmail.com .... dan Anda juga dapat menghubungi saya terlalu di email saya supartinitintin3@gmail.com ...

KASIH BAMBANG said...

Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 6 bulan. kemudian saya tought bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Nyonya besar, CAHYA KIRANA, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari € 30.000, setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk surmrise terbesar saya. dia memberi saya pinjaman dari € 30.000 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya dan pinjaman saya siap, dalam waktu 72 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini sayangku Saudara-saudara perempuan dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan sangat greatfull padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email dan mendapatkan pinjaman hari ini .. cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, Anda juga dapat menghubungi saya di kasihbambang2012@gmail.com untuk lebih jelasnya!

Grace Morgan said...

PINJAMAN CEPAT PENAWARAN ONLINE DI GRACE MORGAN PINJAMAN PERUSAHAAN ... Rahmat Morgan Pinjaman Perusahaan adalah penyedia terkemuka pinjaman Seluruh Dunia Tidak peduli apa kondisi keuangan Anda, kami dapat membantu Anda cash.We sendiri memberikan pinjaman untuk konsolidasi utang, perbaikan rumah, tanpa jaminan pinjaman, pinjaman kredit buruk, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman Auto, mengurangi Utang Kartu kredit, Real Estate dan hipotik pada tingkat bunga 2%. menawarkan pinjaman online kami cepat dan mudah untuk apply.it adalah 100% Dijamin dan safe.do hubungi kami sekarang untuk lebih jelasnya AT Gracemorganloancompany@gmail.com

Chloe Morrison said...

Saya Chloe Morrison, A pemberi pinjaman kredit, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang merupakan periode utang lama dan ingin membayar. Kami menyediakan semua jenis pinjaman Anda dapat pernah berpikir, kita baik pinjaman swasta dan pemerintah, dengan suku bunga kredit dari 2%.
Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (Chloemorrisloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.
(CHLOEMORRISLOANFIRM).

Indriaty Manirjo said...


Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Cindy Reza said...

Halo semua harap berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman dari sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9million masih saya tidak mendapatkan pinjaman, happend kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya yang saya akan memenuhi hak satu tapi saya tidak. Untuk Tuhan Kemuliaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Dewi Ahmad Dewi Ahmad Badan Kredit, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. email nya dewiahmad.loanfirm@gmail.com
Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

purti hamzah said...

KABAR BAIK !!! BERITA BAIK !!! KABAR BAIK!!!
Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
media ini untuk mengingatkan semua orang pinjaman berusaha untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
chloemorrisloanfirm@gmail.com
Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui:purtihamzah@gmail.com

widaya said...

Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

Allah menjadi Kejayaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

Joy Wilson said...

Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

Endah Faridah said...

Kesaksian !!! Kesaksian !!! kesaksian !!!
Nama saya Endah Faridah, saya dari Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena mereka setiap tempat, beberapa bulan yang lalu aku finansial turun, dan karena dari kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pemberi pinjaman online. Saya kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman dia sangat handal disebut ibu Lucy Smith yang meminjamkan Aman dan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai aku melihat peringatan dari bank saya bahwa accout saya dikreditkan oleh Lucy Smith Pinjaman Perusahaan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ibu Lucy Smith melalui: lucysmithloanfirm@gmail.com
Awas! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: faridahendah007@gmail.com

Indriaty Manirjo said...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Dewi ahmad said...

Anda memiliki hutang, atau yang Anda menolak pinjaman di bank? Tim kami akan membantu dalam memecahkan masalah Anda dengan tingkat bunga 2%. Kami merekomendasikan pinjaman cepat untuk tujuan apapun. Hanya ID card, akte kelahiran dan foto Anda, verifikasi cepat, formalitas minimum, akseptabilitas tinggi proposal dan keputusan kredit dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa perlu memberikan bukti pendapatan. Kami punya jumlah pinjaman tinggi hingga 5 miliar dari mata uang di dunia periode pembayaran kami adalah dari 6 bulan sampai 20 tahun. Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit. Datang kepada kami, kami menangani semuanya dalam satu hari. Hubungi kami hari ini melalui email kami: dewiahmad.loanfirm@gmail.com

Glory Chilly said...

Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

Kitaro Collent said...

cotton on indonesia

perbandingan asuransi jiwa said...

Pengen banget jadi dokter :(

ragam teknosia said...

mbak meta,aku share yaa tulisan yang inii..suka banget banget,biar orang-orang pada meluruskan niatnya semua..
sukses mbak! :)

Cunson Hamilton Kathy said...

Halo, Saya cunson hamilton Katheren, saat ini tinggal di Texas, Amerika Serikat. Saya seprated kali ini dengan tiga anak-anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan Mei 2015 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya. Saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman pribadi dan perusahaan tetapi tidak pernah dengan sukses, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Demi Allah, saya membaca sebuah artikel online dan saya memutuskan untuk mencoba, Pada awalnya saya sangat takut tapi saya mencoba memberikannya karena pada saat itu dalam hidup saya, saya tak akan kehilangan, jadi saya mengikuti arahan mereka dan melakukan aything saya diminta untuk melakukan sebelum pinjaman saya dapat diberikan, saya sangat takut pada saat itu, tapi aku bilang hari ini sebagai tuhan adalah saksi saya, saya sekarang seorang pemilik usaha kecil dan saya membayar kembali pinjaman saya di bunga yang lebih rendah dari 1,5% tanpa masalah, Percayalah dengan perusahaan ini saya jamin tidak akan menyesal, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada co penandatangan dengan tingkat bunga hanya 1,5% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, silahkan hubungi Mr Dangote perusahaan pinjaman ( dangotegrouploandepartment@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini tapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan Tuhan memberkati alsoi ingin lebih. Anda dapat menghubungi dia melalui email-nya.
dangotegrouploandepartment@gmail.com dan saya juga menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin berpikir itu adalah stres tapi tidak, saya tidak pernah scammed $ 5.000 yang membuat saya merasa ingin menyerah tapi hari ini semua berkat Allah Mahakuasa dan Mr Dangote. jadi hubungi saya di Cunsonhamilton342@gmail.com atau hubungi saya di nomor (682) 233-0439 untuk informasi, Nikmati

Mrs aisha Bukafia said...

hari baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Ibu aisha bukafia, silakan, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya benar di sini pada platform ini untuk semua warga negara Indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah memiliki trully mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

 Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp15.000.000, dengan seorang wanita di arab saudi.

saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya untuk Ibu Emiliana, yang merupakan pemilik dari sebuah organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk menerapkan dari Ibu Emiliana, jadi saya summorned keberanian dan menghubungi Mrs. Emiliana.

Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman Rp400,000,000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp400,000,000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana untuk membuat kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com untuk pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: mrsaishabukafia@gmail.com

Risna Susanti said...

Am Mrs Risna Susanti am warga Malaysia,,, Ada waktu saya membutuhkan uang tunai saya memiliki gangguan keuangan,, seseorang mengarahkan saya kepada Ibu JOYCE ROLAND dia adalah pemberi pinjaman kredit pribadi tahu seluruh web bahwa ia membuat layanan legitimasi itu adalah bagaimana saya menghubungi dia benar-benar saya mendapat pinjaman dari perusahaan tanpa ada stress.and saya membuat janji besar kepadanya bahwa saya secara pribadi akan mengekspos dirinya ke dunia bahkan FBI bahwa ia adalah nyata uang laundry yang lebih kehormatan dan sempurna yang peduli other.Please jika Anda jenis bantuan keuangan saya secara pribadi akan saran Anda untuk menghubungi dia sekarang dan mendapatkan pinjaman Anda dia adalah dari negara bersatu dari Amerika setiap JOYCE lainnya adalah penipu dan penipu ... email dia sekarang dan bahagia di sisa hidup Anda,,,, email joycerolandloancompany@gmail.com

Halim Sugiarto said...

Kemuliaan bagi Allah, Tuhan telah menjawab doa saya, apakah Anda masih di luar sana mencari pemberi pinjaman kredit yang benar untuk mendapatkan pinjaman, Saudara-saudaraku, Bambang Purwanto Badan Kredit adalah tempat yang tepat untuk menjadi, tempat yang tepat untuk mendapatkan pinjaman yang benar, mencari tidak lebih teman-teman saya, orang ini memiliki mengubah hidup saya untuk lebih baik, sekarang keluarga saya bisa tersenyum dengan sisa pikiran dan kedamaian dalam hati, dan alasan saya membuat kesaksian ini sekarang adalah untuk memberitahukan Anda semua dan untuk mengarahkan tidak dari kita yang masih berusaha untuk mendapatkan pinjaman yang benar sehingga menjadi bahagia dengan kehidupan lagi, jangan ragu teman-teman saya dan menghubungi dia sekarang emailnya di (bambang.loanfirm@gmail.com) saya mendapat pinjaman dari Rp 300.000.000,00 dari Bambang Purwanto Badan kredit Anda juga juga bisa mendapatkan pinjaman di sini, dan saya mendapat pinjaman ini pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan Anda juga dapat menghubungi saya di halim09031@gmkail.com.
Allah membantu kita semua. (Amin)

ricardo leo said...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda telah mencari di mana untuk mendapatkan pinjaman? Apakah Anda pernah mencoba untuk mendapatkan jenis pinjaman? kemudian menerapkan sekarang di? (carlosellisonfinance@outlook.com) jika Anda ingin mendapatkan pinjaman terjangkau. Pinjaman yang ditawarkan di sini pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Hubungi kami jika anda tertarik.

Sandra ovia said...

AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Endah Faridah said...

KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

Nama saya Endah. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs.Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com) dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya (faridahendah007@gmail.com) dan saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ms. Lucy Smith, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Lucy Smith, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: ( ervitaazis@gmail.com) sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

MR LUIS CARLOS said...

APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT JIKA YA DAFTAR SEKARANG.
LUIS CARLOS FINANCE Perusahaan terbatas pada modal saham. Kami menawarkan pinjaman dan
jasa keuangan dari semua jenis. pinjaman kami bervariasi dari bisnis ke
pinjaman pribadi atau kondisi jangka panjang atau pendek dengan bunga yang menguntungkan
tarif (2%). proses kredit kami sangat cepat dan dapat diandalkan dengan
jaminan. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan kami, kunjungi kami di email kami luiscarlosfinance@gmail.com silakan beritahu kami
mengetahui jumlah pinjaman yang Anda butuhkan dan inginkan durasi pinjaman. Kita
berharap untuk mendengar dari Anda. Anda dapat mengirim pesan ke alamat email
di bawah. luiscarlosfinance@gmail.com

CATATAN: semua email harus maju ke: luiscarlosfinance@gmail.com

Cindy Reza said...

sayang saya i minta maaf kita tidak boleh mengurangkan kos daripada jumlah pinjaman kerana beberapa sebab penetapan dan pengalaman masa lalu di mana ramai pelanggan kami yang kami memberi pinjaman untuk tidak akan kembali wang kita dan mereka akan melarikan diri dengan wang kita kerana kami membuat segala yang percuma dan mudah untuk sebab ini lembaga pengarah yang memberi perintah itu bahawa semua pelanggan yang paling membayar sendiri kos mereka dan anda paling tahu bahawa adalah kos bukan hanya untuk yuran perpindahan sahaja supaya sebahagian daripada ia juga telah digunakan untuk mendokumentasikan kelayakan anda yang juga akan dihantar kepada anda sebaik sahaja anda telah dihantar ke dalam akaun bank anda dan beberapa bahagian juga telah diambil untuk agensi kerajaan di lain untuk mengesan mana-mana pelanggan yang anda mahu untuk melarikan diri dengan wang kita begitu sayang saya pinjaman anda adalah dijamin dan bersedia untuk pemindahan semua yang anda perlu lakukan sekarang adalah untuk membuat kos dan anda akan mendapat pinjaman anda dihantar inot akaun bank anda dalam masa kurang daripada 30 minit sebaik sahaja anda membuat kos
terima kasih
Dewi Ahmad

Romina Elizabeth said...

Halo, saya Mrs Romina Elizabeth uang pemberi pinjaman pribadi, Apakah Anda dalam utang buruk? Apakah standar keuangan peningkatan kebutuhan Anda, pinjaman Natal, saya Mengoperasikan terdaftar dan disetujui pemerintah lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat yang rendah dari 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening dan tidak memerlukan banyak dokumen. Jadi hubungi kami hari ini via email:
(Rominaelizabethloanfirm@gmail.com). Datang dan mengalami perbedaan dalam layanan
kammi

EMAIL:Rominaelizabethloanfirm@gmail.com

Rhoda Eny said...

Nama saya Lady Rhoda Eny seorang guru sekolah di malaysia berkahwin tetapi suami saya meninggal dunia dalam kemalangan kereta, saya ditinggalkan dengan tiga kanak-kanak kepada diri saya sendiri untuk melatih, pada 9 Okt 2016 anak saya akhirnya keluar dengan kawan-kawannya untuk pek hiburan (Subang Jaya) dalam 3, Jalan PJS 11/11, Bandar Sunway, 47500 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, malangnya brek gagal dan mendapat ke dalam kemalangan yang dahsyat yang hampir kos mereka kehidupan mereka, tetapi Allah masih disimpan tetapi anak-anak saya mempunyai kecederaan dalaman dan doktor menuntut RM20,000 yang saya tidak mempunyai, jadi saya memutuskan untuk mencari pinjaman di mana-mana tetapi tidak berjaya, dan anak saya akan mati, jadi saya mula berdoa kepada Allah untuk membantu saya kerana saya tidak mempunyai satu, I 'ma janda tidak ada yang menolong dengan pinjaman, saya juga cuba bank tetapi mereka menuntut collecterial Saya tidak mempunyai, jadi saya pergi melalui internet di mana saya boleh mendapatkan pinjaman, maka saya melihat testifier pinjaman yang dipanggil Lady Jane (ladyjanealice @ gmail.com) supaya Saya melalui e-mel dan dia berkata, saya perlu menghubungi Mr Dangote (dangoteloangroupdepartment@gmail.com) jadi saya, saya telah diminta untuk mengisi borang dan sidang kemuncak kad Id saya untuk pengesahan, dan kemudian dihantar pulang ke e-mel melengkapkan dan menandatangani dokumen itu dan saya telah didakwa beberapa jumlah, saya begitu gila, tetapi saya bertanya Lady Jane mengenainya dan dia memberitahu saya ia adalah okay, yang saya percaya beliau, lalu saya dibayar jumlah yang diperlukan, di tengah-tengah malam saya telah memeriksa akaun bank saya, saya terkejut berapa ramai daripada permintaan pinjaman saya telah dipindahkan ke akaun bank saya, saya gembira, saya berdoa kepada Tuhan untuk pertolongan dan dia menghantar Mr. syarikat pinjaman Dangote untuk membantu, kini anak saya dengan baik dan sihat, terima kasih kepada wanita Jane dan Encik Dangote ini, hubungi saya melalui e-mel untuk maklumat lanjut dan membuktikan ladyrhodaeny@gmail.com.

jurjanibude0811@gmail.com said...

Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya terbakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa kreditur dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Anni Sherry said...

Apakah Anda memiliki kredit yang buruk ?
Anda perlu uang untuk membayar tagihan ?
Anda perlu memulai bisnis baru ?
Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai untuk pendanaan di tangan orang-orang miskin ?
Anda perlu uang untuk berinvestasi dalam beberapa bidang spesialisasi yang akan menguntungkan Anda ? dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan .

Saya Bapak Alex Moore , seorang pemberi pinjaman uang pribadi. Aku memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% per tahun dalam jumlah $ 500,00 sampai $ 20.000.000,00 sebagai tawaran pinjaman . Proyek pembiayaan 100 % dengan pinjaman aman dan tidak aman tersedia. Kami menjamin untuk menyediakan jasa keuangan bagi banyak pelanggan kami di seluruh dunia . Dengan paket pinjaman yang fleksibel , pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam sesegera mungkin . Kami beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dimengerti dan kami menawarkan pinjaman dari segala jenis untuk klien tertarik, perusahaan , perusahaan , dan semua jenis organisasi bisnis , individu swasta dan investor real estate . Cukup hubungi kami di alamat email kami :ramzanhelp31@gmail.com , kami berharap untuk respon cepat dan langsung .

EMAIL kami di: ramzanhelp31@gmail.com

Alyasaa Daburah said...

Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Anda ingin memiliki perusahaan? yang Anda dalam utang? kami menawarkan jumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami. jadi jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

muthiafadlika2020@gmail.com said...

Bagaimana kabarmu, nama saya Muthia Fadlika di medan, ibu christian yang memiliki menderita banyak dalam perjalanan hidup saya, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender palsu kredit di sini di internet dan beberapa dari mereka yang asli, saya ingin meluncur kesaksian bagaimana Tuhan mengarahkan saya ke pemberi pinjaman dan genue pinjaman nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internet di situs ini, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, asuransi, biaya transfer, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari kreditur bahwa saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, itu sulit waktu bagi saya karena, saya punya banyak mengganggu dan saudara, anak-anak dan ibu dan suami yang sakit untuk mengambil dari, dengan semua tantangan, saya berpuasa dan berdoa banyak yang Tuhan mengirimkan saya pembantu saya, setelah tiga minggu jadi saya memutuskan untuk hubungi teman saya Nurul yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia mengatakan kepada saya tentang suatu perusahaan dari kerajaan od saudi arabia di AASIMAHA timur Adila pINJAMAN pERUSAHAAN tengah yang membantu banyak orang di daerah saya, saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp530,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 1%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 3 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu disimpan ke bank dan impian saya datang melalui pada 3 Desember 2016. saya belajar untuk tidak pernah giveup perjuangan hidup, jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue pinjaman cepat memanggil dia sekarang email di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) perusahaan tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di (muthiafadlika2020@gmail.com) untuk info lebih lanjut. saya sekarang punya cukup uang untuk merayakan christmax dan akhir tahun menjadi 2017, saya berharap Anda bahagia christmax dan tahun baru di muka

Alyasaa Daburah said...

Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Anda ingin memiliki perusahaan? yang Anda dalam utang? kami menawarkan jumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami jadi jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

Alyasaa Daburah said...

Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Anda ingin memiliki perusahaan? yang Anda dalam utang? kami menawarkan jumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami jadi jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders said...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Aasimah Aadila said...

BREAKING NEWS! BREAKING NEWS !! BREAKING NEWS !!!
Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa Prof. Aasimah Aadila, perusahaan pinjaman memiliki peluang keuangan terbuka untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, pinjaman bisnis, pinjaman utang dll Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 1% untuk individu, perusahaan dan perusahaan up untuk $ 500.000.000 juta USD di bawah persyaratan situasi yang jelas dan mudah dipahami dan. hubungi kami hari ini via e-mail di: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
APAKAH ANDA PERLU PINJAMAN URGENT, PINJAMAN CEPAT, PINJAMAN YANG TIDAK AMAN, CAR PINJAMAN USAHA KREDIT, HOLIDAY PINJAMAN, hak tanggungan PINJAMAN, APAKAH ANDA INGIN PINJAMAN UNTUK TAHUN DEPAN, APAKAH ANDA INGIN PINJAMAN INVESTASI BESAR
* Pinjaman Pribadi (perusahaan Pinjaman) / jenis pinjaman
* Kredit Usaha (Pinjaman utang) / pinjaman darurat
* Pinjaman Konsolidasi / pinjaman kesehatan pinjaman / week end
* Kombinasi Pinjaman / buruk pinjaman hari
* Perbaikan rumah / pinjaman lama /
  email; (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

Unknown said...

Mencari pinjaman adalah salah satu solusi ketika membutuhkan dana yang besar dan kadang-kadang tiba-tiba. Misalnya, untuk keperluan bisnis atau usaha, biaya sekolah anak-anak, biaya rumah sakit dan sebagainya. Tidak masalah mencari pinjaman untuk menutupi kekurangan dana, masalahnya adalah di mana untuk mendapatkan pinjaman dijamin. Jangan sampai salah dalam memilih tempat untuk meminjam uang. Pilih tempat yang aman untuk meminjam uang agar tidak terjebak jumlah pinjaman yang bisa membuat utang Anda. Yang di tempat yang aman untuk mendapatkan pinjaman dana tersebut? Berikut ini adalah tempat yang baik untuk mendapatkan pinjaman: -cahya.creditfirm@gmail.com .... dan Anda juga dapat menghubungi saya terlalu di email saya supartinitintin3@gmail.com

HARTFORD FINANCIAL SERVICE said...

hello semua orang ini adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE dunia yang dikenali organisasi kewangan dengan pensijilan perkhidmatan kewangan seperti yang kita memberi pinjaman apa-apa jenis kepada mana-mana sahaja di dunia pada kadar yang paling menarik 1.5% hubungi kami hari ini di (hartfordfinancialservice@gmail.com) kerana kami akan memberikan impian kewangan anda menjadi kenyataan
terima kasih dan Tuhan merahmati kamu

Lady Jane said...

Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

BAMBANG LARRY said...

Halo, saya bernama BAMBANG LARRY. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang, dan karena putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Aku hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal bernama HARTFORD FINANCIAL SERVICE yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp600.juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 1.5%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, menghubunginya via email nya: hartfordfinancialservice@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya burgerlarry22@gmail.com
Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya bulanan.

PUTRI RUDI said...

Halo, semua orang sangat senang untuk memberikan bukti besar saya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari HARTFORD FINANCIAL SERVICE, saya ingin cepat menggunakan kesempatan ini untuk membiarkan seluruh dunia tahu itu, IBU PUTRI RUDI pencarian saya untuk pinjaman untuk memulai ketika saya membutuhkan untuk menjalankan bisnis saya sendiri untuk mendukung bisnis saya, belanja jadi saya pergi online untuk menemukan pinjaman ketika saya datang di beberapa lender yang curang dan scammed agak jauh uang saya di waktu proses saya bingung saya tidak tahu apa yang perlu harus dilakukan lagi karena uang yang sedikit saya miliki dengan saya diambil oleh mereka penipuan bajingan menyebut diri pemberi pinjaman kredit benar, maka satu hari yang setia seperti saya browsing melalui internet mencari pekerjaan saya datang di beberapa testimonial mengomentari forum dengan satu Mr BAMBANG LARRY, tentang bagaimana ia menerima pinjaman dari bank dari E-mail: (hartfordfinancialservice@gmail.com) jadi saya berkata kepada diri sendiri bahwa saya harus memberikan percobaan ini karena aku sangat takut apa yang orang lain peminjam lakukan untuk saya, jadi aku pergi ke depan mengambil alamat email Anda pribadi bersama-sama di komentar di situs sehingga saya menghubungi mereka untuk memberitahu Anda bahwa saya telah menyebutnya oleh sejumlah pelanggan yang menerima pinjaman dari perusahaan, oleh karena itu, ketika mereka gard ini mereka di mana sangat senang tentang itu, jadi dia meyakinkan saya bahwa saya di perusahaan yang tepat di mana saya bisa mendapatkan jumlah pinjaman keinginan saya, mereka memberi saya formulir aplikasi pinjaman dari peminjam untuk mengisi dan kembali, aku melakukan semua itu, mengingat mereka semua informasi yang saya perlu tahu tentang saya, Jadi saya telah diberi syarat dan kondisi dari semua perusahaan mereka berjalan lancar tanpa penundaan, di tidak kurang dari 24 jam saya diberitahu uang itu pinjaman yang sah saya keluar dari Rp1.000.000 000 memiliki terdaftar dan disetujui oleh lembaga pinjaman mereka percaya, sehingga waktu proses saya sangat senang ketika mereka bilang aku harus mengirim mereka melalui rincian perbankan, tapi aku agak ragu-ragu untuk melakukannya saya mengatakan saya memiliki keyakinan dan kepercayaan untuk mendapatkan pinjaman ini saya kepada mereka melalui rekening bank begitu mengejutkan dan saya menerima altert dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp1.000.000.000 oleh THE HARTFORD FINANCIAL SERVICE. Jadi saya segera e-mail mereka bahwa saya telah menerima pinjaman saya berhasil, sehingga saudara-saudara saya di luar sana masih mencari pinjaman perusahaan asli saya akan menyarankan Anda untuk silahkan hubungi THE HARTFORD dengan E-mail yang sama: (hartfordfinancialservice@gmail.com ) dan saya tahu mereka akan membantu Anda dengan jumlah pinjaman yang Anda inginkan baik-baik saja, Email mereka hari ini dan Anda akan senang Anda lakukan. Anda juga dapat menghubungi saya di email ini (putrirudi91@gmail.com)

Anthony Yuliana Lenders said...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

HARTFORD FINANCIAL SERVICE said...

Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

Joyce Roland said...

Jika Anda mencari untuk memulai usaha, memperluas, dapatkan tambahan modal kerja, investasi di real estate atau membeli bisnis kita memiliki jenis yang paling fleksibel dan kuat Pendanaan ada. Kami juga menawarkan semua jenis pinjaman.
  Hubungi kami hari ini melalui e-mail
joycerolandloancompany@gmail.com

BAMBANG LARRY said...

Halo, saya bernama BAMBANG LARRY. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang, dan karena putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Aku hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal bernama HARTFORD FINANCIAL SERVICE yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp600.juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 1.5%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, menghubunginya via email nya: (hartfordfinancialservice@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya burgerlarry22@gmail.com.
Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya bulanan.

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Alyasaa Daburah said...

Halo semuanya
  Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Anda ingin memiliki perusahaan? Apakah Anda dalam utang atau Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis tahun baru ini? com untuk USAS kami menawarkan jumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami sehingga jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

WAHYUNI ELVIN said...

Hello semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, aku punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman. Aku baru saja pinjaman dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian Mrs Nuliana Novi Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari RP 700.000.000, saya diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 2% aku cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, di sini adalah email saya wahyunielvin@gmail.com
 Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya adalah scam. mungkin Tuhan memberkati Anda semua
Terima kasih

shunshine loan said...

Kabar baik untuk semua orang, SUNSHINE PINJAMAN PERUSAHAAN diberikan pinjaman terjangkau untuk pelanggan tanpa agunan untuk Tahun 2017 dengan rencana sukses.

Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan pinjaman perusahaan, dan semua jenis suku bunga kredit dari 2%. terburu-buru sekarang dan menjadi bagian dari program ini.
(Sunshineloancompany@gmail.com)

Informasi Peminjam:
Nama Lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jangka Waktu Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan Pinjaman: _____________
Nomor Cell Phone: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui e-mail Sunshineloancompany@gmail.com

(SunshineLoanCompany)

Aasimah Aadila said...

BREAKING NEWS BERITA MENGEJUTKAN, BERLAKU SEKARANG! SEKARANG !! SEKARANG !!!
  Aasimaha firma pinjaman Adila mengetuk pintu anda, jangan lepaskan peluang untuk pinjaman pelaburan BESAR menawarkan pada 1% FARM LOAN, PINJAMAN UNTUK MEMBAYAR HUTANG, tidak perlu untuk memohon di bank lagi, cepat, mudah dan cepat penghantaran pinjaman, melamar (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

muthiafadlika2020@gmail.com said...

DARURAT NEWS! BERITA DARURAT !! DARURAT
nama saya mrs muthia fadlika, seorang janda muslim yang tinggal di utara kota Kuching Sarawak di Malaysia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati di blog karena ada contekan banyak dalam blog ini beberapa minggu yang lalu , saya tegang finansial dan putus asa, aku bodoh di blog ini dengan pemberi pinjaman buruk saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke muslims perusahaan yang sangat handal disebut AASIMAHA Adila pINJAMAN FIRM yang meminjamkan pinjaman internet besar dan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari rm730 di kurang dari 3 jam tanpa stres pada tingkat bunga rendah dari 1% saya sangat terkejut ketika aku saldo peringatan bank saya dan menemukan bahwa cairan Rm730 langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan kemarin 13 Februari 2017 jadi saya berjanji Aasimaha Adila l akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres jadi jika Anda membutuhkan pinjaman besar sangat investasi tersebut, pinjaman pertanian atau membayar kontak utang melalui email: //aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com// untuk info lebih lanjut email saya : (muthiafadlika2020@gmail.com) mungkin challeng Anda tidak pernah menghentikan Anda untuk mencapai, ada biaya pendaftaran, tidak ada pajak, tidak ada asuransi, tidak ada biaya transfer inshiallah

muthiafadlika2020@gmail.com said...

DARURAT NEWS! BERITA DARURAT !! DARURAT
nama saya mrs muthia fadlika, seorang janda muslim yang tinggal di utara kota Kuching Sarawak di Malaysia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati di blog karena ada contekan banyak dalam blog ini beberapa minggu yang lalu , saya tegang finansial dan putus asa, aku bodoh di blog ini dengan pemberi pinjaman buruk saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke muslims perusahaan yang sangat handal disebut AASIMAHA Adila pINJAMAN FIRM yang meminjamkan pinjaman internet besar dan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari rm730 di kurang dari 3 jam tanpa stres pada tingkat bunga rendah dari 1% saya sangat terkejut ketika aku saldo peringatan bank saya dan menemukan bahwa cairan Rm730 langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan kemarin 13 Februari 2017 jadi saya berjanji Aasimaha Adila l akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres jadi jika Anda membutuhkan pinjaman besar sangat investasi tersebut, pinjaman pertanian atau membayar kontak utang melalui email: //aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com// untuk info lebih lanjut email saya : (muthiafadlika2020@gmail.com) mungkin challeng Anda tidak pernah menghentikan Anda untuk mencapai, ada biaya pendaftaran, tidak ada pajak, tidak ada asuransi, tidak ada biaya transfer inshiallah

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

HARTFORD FINANCIAL SERVICE said...

Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

Global Fund Foundation said...

Selamat siang

  ini adalah global Yayasan Dana, kami memberikan pinjaman per tahunan. 100% proyek Pendanaan dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kita dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami. dengan paket pinjaman fleksibel, pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien, perusahaan, perusahaan, dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate. Hubungi kami dengan nama di bawah ini. Jika Anda mencari cara untuk mendapatkan kontak pinjaman kami kami dapat membantu Anda keluar. EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com

Global Fund Foundation said...

Selamat siang

  ini adalah global Yayasan Dana, kami memberikan pinjaman per tahunan. 100% proyek Pendanaan dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kita dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami. dengan paket pinjaman fleksibel, pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien, perusahaan, perusahaan, dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate. Hubungi kami dengan nama di bawah ini. Jika Anda mencari cara untuk mendapatkan kontak pinjaman kami kami dapat membantu Anda keluar. EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com

Cindy Reza said...

Halo semua harap sangat berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9million masih saya tidak mendapatkan pinjaman, happend kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya yang saya akan memenuhi hak satu tapi saya tidak. Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke THE HARTFORD dari HARTFORD FINANCIAL SERVICE, saya diterapkan untuk 700 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi THE HARTFORD dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. email nya hartfordfinancialservice@gmail.com
Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

Sulis Susanti said...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

George Lucy said...

Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Mencari lagi karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu !! kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, badan swasta dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail melalui: (georgelucy007@gmail.com)

APLIKASI DATA

1) Nama ...........................
2) Negara .......................
3) Alamat ......................
4) Jenis Kelamin ........................
5) Status perkawinan .............
6) Pekerjaan ................
7) Nomor Telepon ...........
8) posisi di tempat kerja .....
9) pendapatan bulanan ....................
10) Jumlah Pinjaman .........
11) durasi pinjaman .....
12) Tujuan pinjaman ..................
13) Tanggal Lahir ........................

Terima kasih.

Tangki Fiberglasss said...

As I website possessor I believe the content material here is rattling fantastic , appreciate it for your efforts. You should keep it up forever! Best of luck.
Tangki Fiber
Jual Septic Tank
Tangki Kimia
Jual Talang Fiber
Jual Rotameter
Tangki Panel
jual mesin ro

Olivia Phillips said...

Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
Anda memiliki pinjaman mendesak?
Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
Membeli rumah atau mobil?
Untuk membayar utang?
"Investasi Kredit" penawaran
Anda memiliki kesulitan keuangan?
Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

Terima kasih telah memilih kami.

HARTFORD FINANCIAL SERVICE said...

Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

Jamiu Halima said...

kepada pelanggan yang terhormat
Apakah Anda membutuhkan pinjaman fleksibel dan mudah cepat sah? Kami menawarkan 2% Discount, Pinjaman Kredit Usaha semua jenis ', Personal Loan, Kredit Pertanian atau pembiayaan Proyek "Kami menawarkan pinjaman kepada individu, Pegawai Negeri Sipil / Umum, perusahaan di seluruh dunia. Konsolidasi Utang, meskipun Anda memiliki skor kredit yang rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal atau lembaga keuangan? Memiliki masalah dengan bank Anda, atau insitution keuangan lainnya? Kami juga membuat pinjaman kepada personil pengangguran, yang ingin startup bisnis di sana sendiri.
Kami menawarkan pinjaman bebas stres, fleksibel dan mudah. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu.
Email Anda sekaligus, kami menjamin direclty dalam 24 jam pengobatan.
Daftar sekarang dan mendapatkan uang tunai segera.
Hubungi kami melalui email: HalimaJamiuloancompany@gmail.com; Facebook: Facebook.HalimaJamiuLoanCompany Bbm: 2AD353A2
Syarat fleksibel dan Ketentuan.
Terima kasih telah memilih kami ....

MOHAMMED MIZAN said...

Halo Setiap Satu, saya Mr Mohammed Mizan Dari Indonesia tetapi saya tinggal di sini di São Paulo, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk geser kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari yang miskin untuk orang kaya yang sekarang dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed jumlah Rp25,000.000 saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit legit secara online yang tidak akan menambah rasa sakit saya, maka saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia mengatakan kepada saya tentang sebuah perusahaan pinjaman yang disebut HARTFORD FINANCAIL SERVICE. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp800,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat tentang transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 4 jam, pinjaman diendapkan ke bank saya. Jadi saya ingin saran salah satu membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi THE HARTFORD melalui email di .hartfordfinancialservice@gmail.com mereka tidak tahu bahwa saya melakukan hal ini saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal yang baik yang telah dilakukan di saya kehidupan. Anda juga dapat menghubungi saya di vincentmizan@gmail.com untuk info lebih lanjut
terima kasih dan Tuhan memberkati

BAMBANG LARRY said...

Halo, saya bernama BAMBANG LARRY. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang, dan karena putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Aku hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal bernama HARTFORD FINANCIAL SERVICE yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp600.juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 1.5%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, menghubunginya via email nya: hartfordfinancialservice@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya burgerlarry22@gmail.com.
Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya bulanan.

HARTFORD FINANCIAL SERVICE said...

Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

Grace Morgan said...

Halo semuanya
Saya MRS GRACE MORGAN.
Anda memiliki pinjaman mendesak?
Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
Membeli rumah atau mobil?
Untuk membayar utang?
"Pinjaman Investasi" deals
Anda memiliki kesulitan keuangan?
Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
kami di sini untuk membuat-Anda masalah sesuatu dari masa lalu !!
Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau biaya dari perusahaan kami.

Hubungi: Gracemorganloancompany@gmail.com

Terima kasih telah memilih kami.

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 215   Newer› Newest»
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...