Wednesday, May 7, 2008

Ujian Nasional

Emang si, hari pendidikan nasional udah lewat beberapa hari yang lalu. Tapi, berhubung adik-adik kita yang SMA baruuu aja selesai UN -dan pastinya masih berharap2 cemas mnunggu hasilnya- dan yang SMP masih mjalankan UN, gpp dong ya klo meta bahas ini?

Emang si-lagi-, buat kita-kita yang udah lulus SMA sebelum UN jadi kontroversi,pasti ngerasa lega. Untuuuuuuuuuuuung ajaaaa udah lewat masa-masa itu hehehe. Tapi, bukan berarti boleh engga pdulilah ya..

Yang jelas, mau angkatan kapan pun -jebod, atau sampai angkatan masa depan ntar mungkin-semua siswa dimanapun masih menunggu-nunggu saatnya lulus sekolah-baca: akhir dari sgala perjuangan, at least bgitu yang meta pikir dulu..Padahal sbenernya malah baru awal dari pjuangan-:p

Sayangnya, lulus SMA engga segampang yang diharapkan. Meta juga engga ngerti kenapa dan apa alesannya, kurikulum yang ada berubaaaaaaaaaaaahhh mulu. Heran d. Selain itu juga, sistem UN yang ditetapkan pemerintahh masih aja jadi kontroversi.

Liat d, setiap hardiknas, di tv pasti aja ada orang2 yang demonstrasi menuntut dihapusnya UN, toh tetep aja masih ada tu sampe skarang:p
Asal tau aja ni, sejak UN diberlakukan per 2003 kemaren -dulu buat yang oldschoolers hehehe namanya masih Ebtanas-ribuan siswa dinyatakan engga lulus karena engga memenuhi syarat kelulusan.

Udah tau bgitu, pemerintah bukannya mengintrospeksi sistem ini, malah menaikkan standard nilai kelulusan. Ck ck ck ck..

Meta pernah baca, alesan kenapa pemerintah membuat UN untuk kelulusan siswa SMA.
Duluuuuuuuuu, waktu meta SMP, sebelum lulus ujian yang harus dilewatin ada banyaaaaaaaaaakkk banget. Berhubung sekolah meta swasta, ujiannya ada yang diadain mandiri sama sekolah, provinsi sampe ujian dari pemerintah. Tapi standard nilai kelulusan masih tergantung sama sekolah masing-masing.

Cuma, cara kaya gini dianggep engga bisa meningkatkan kualitas pendidikan kita. Soalnya, banyak sekolah yang tetap meluluskan siswanya biarpun nilainya kurang. Lagian, dulu sekolah masih bisa meng'upgrade' nilai siswa. Banyak siswa yang Ebtanasnya jelek nilainya, tapi ujian sekolahnya dikatrol biar bisa tetep bagus.

Akhirnyaaaaaaaaaa..buat memantau kualitas sekolah2, dibuat deh UN itu.

Mpphh..Niatnya si emang bagus, harus diakuin. Tapi, banyak banget kritik dari mana2. Misalnya aja komentar yang bilang klo ' masa sekolah 3 taun cuma dinilai lulus atau engga dari 3 hari' --> setujuuuuuuuuuuuuu!
Atau, kecaman dari pihak lain yang engga setuju siswa yang engga lulus engga dikasih ksempatan mengulang UN, sampe kritikan banyaknya soal yang bocor dimana-mana.

Meta sempet ngobrol sama beberapa siswa SMA yang mngikuti UN, prinsipnya adalah 'yang penting lulus!'. Miris deh ngeliatnya. Dengan sistem yang kaya bgini, wajar si klo siswa belajar bukan karena emang pengen bisa, tapi karena pengen lulus. Engga usah belajar pun asal lulus engga masalah. Makanya bocoran soal yang konon dijual 6 juta rupiah/mata pelajaran laris banget.

Selain itu, mata pelajaran lain selain yang di-UN-kan, cenderung dianggep remeh. Padahal, yang lain juga engga kalah pentingnya tu.

Rasanya engga adil klo pemerintah cuma minta pertanggungjawaban dari siswa. Engga peduli apa alesannya, pokoknya engga lewat standard nilai, ya astalavista. Weleh2..
Padahal banyak kan penyebab siswa engga lulus. Misalnya kualitas guru, atau sarana prasarana sekolah yang emang kurang memadai.

Misalnya nih, contoh aja. Dengan keinginan hebat plus semangat45, ada siswa yang keukeuh melanjutkan sekolahnya sampe SMA. Karena biaya sekolah yang tinggi,apalagi bukan berasal dari keluarga yang mampu, siswa tadi harus bekerja sendiri untuk membayar biaya sekolah. Berhubung kerjaannya berat banget ceritanya, dia jatuh sakit menjelang UN, engga maksimal ngerjainnya dan dinyatakan engga lulus.

Atau contoh lain, di pedalaman sana. Dimana satu guru bisa mengajar sampai 6 kelas, dengan fasilitas yang minus banget -baca: engga ada buku pelajaran, minimal banget deh-terus siswa-siswanya diminta bersaing mengerjakan soal yang sama levelnya dengan anak-anak lain dengan fasilitas yang superlengkap.Bahkan mungkin ditambah bimbel ini, les privat itu, plus sering try out2. Adil engga sih?

Sekedar renungan buat kita semua..
Syukuuurrrr, meta masih dikasih kesempatan buat mencicipi pendidikan yang makin lama makin susah, makin ribet, dan pastinya makin mahal.
Semoga pendidikan kelak engga cuma jadi milik kalangan tertentu aja:)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...