Sunday, May 4, 2008

Jodoh?

AUTHOR: Meta
TITLE: Jodoh?
STATUS: Publish
ALLOW COMMENTS: 1
CONVERT BREAKS: 0
ALLOW PINGS: 0

DATE: 01/19/2008 07:50:11 AM
-----
BODY:
Coba deh iseng-iseng perhatiin infotainment yang bertebaran entah berapa jumlahnya di stasiun tv kita. Dalam setiap edisinya, bisa dipastikan ada satu berita ‘terbaru’ tentang perceraian. Entah itu kasak-kusuk pasangan yang akan bercerai, ‘niat’ untuk bercerai, sidang perceraian sampai ke pasca-perceraian.




-Kasian juga ya jadi seleb.. Pas masih single dikejar2 ditanyain siapa pacarnya, pas udah punya pacar, dikejar-kejar ditanya kapan nikahnya –atau untuk beberapa seleb tertentu, kapan putusnya:p-, setelah nikah, ditanya kapan punya anak, sewaktu punya anak, dikejar-kejar buat ditanya kapan cerai, udah cerai balik lagi ke atas..ditanyain siapa pacarnya, kapan nikahnya, teruuuussss ga abis2..-




Mulai dari Ahmad Dhani-Maia, Syaiful Jamil-Dewi Persik, Bambang-Halimah, Yuke-Kikan, sampai ke Gary Iskak dan pasangan, bla bla bla..


Entah apa alesannya, tapi yang jelas setiap ditanya jawaban paling standard yang sering tertangkap di depan kamera adalah :


“Memang mungkin belum jodoh..”


-sampai bosen dan jadi predictable banget-




Gara-gara itu juga, meta jadi iseng2 –kbanyakan iseng nih:p- buat nyari tau, jodoh itu apaan sih?




Jodoh n : 1. Imbangan (suami atau isteri); 2. Pasangan (barang apa yang cocok sehingga menjadikan sepasang); 3. Sepadan, cocok, serasi, sesuai benar, setuju. Berjodoh : Mempertunangkan, memperisterikan, mempersuamikan atau mengawinkan. (Kamus Bahasa Indonesia Poerwadarminta 1983)




-sedikit rada engga puas sama hasilnya, karena dari definisi ini justru bikin meta bertanya lagi : ‘Berarti jodoh itu harus terikat pernikahankah?’-




Hmphh..akhirnya, meta nanya ke beberapa orang temen meta mengenai jodoh2an ini.




Ada yang bilang, jodoh itu sesuatu yang sama-sama suka, dan ketemu pada saat yang sama. Ada lagi yang bilang kalo jodoh itu sama dengan soulmate, seseorang yang udah dipilih Tuhan jauh sebelum kita hadir di dunia untuk menjadi pasangan hidup kita. Yang lain bilang “He? Ngapain kamu nanya2 jodoh met? Ihhiiiyyy..ciee metaaa.” –apaaa siii??penting bgt ya?:p-




Definisi dari yang lain juga macem-macem. Mulai dari ‘Pasangan sehidup semati’, ‘Dengan siapa kita merasa komplit dan disatukan dengan pernikahan’, ‘Soulmate’, ‘Seseorang yang emang tercipta buat kita’, sampai ‘ Right person in the right place on the right time’.




Beda-beda kan jawabannya? Tapi dari semua, meta bisa ngambil satu kesimpulan kalau menurut teman-teman saya yang tercinta ini, bahwa jodoh adalah seseorang yang membuat kita merasa komplit, utuh yang sudah ditentukan Tuhan dan disatukan dalam ikatan pernikahan.


-Yaps, HARUS ada pernikahan-




Ok,, next question is... Ambil contoh satu seleb ya, misalnya Dhani –Maia, mereka –pernah- menikah, berarti bisa dibilang jodoh. Terus kalau mereka bercerai, masih jodoh engga tu? Contoh seleb lain, Surya Saputra –Dewi Sandra. Pernah menikah –‘pernah’ jodoh-, terus bercerai, sekarang sama-sama udah menikah lagi. Dewi sama Glenn Fredly, dan Surya –masih akan sih sebenernya- sama Cynthia Lamusu. Yang disebut jodoh yang mana dong?




-huaaaaaaa..jawabannya beda-beda lagi, sampe ada yang berantem segala hehehehe..musing2in meta aja ah-:p




Ada yang bilang “Gini met, pokoknya yang namanya jodoh itu yang sampai mati”


Dan malah mengundang meta bertanya lagi, “Trus kalo misalnya A sama B nikah, terus ternyata si B meninggal. A-nya nikah lagi. Berarti B jodohnya A, A bukan jodohnya B?” Teman meta yang baik hati dan sungguh ‘sangat sabar’ ini ngejawab, “Wes ah, ga tau aku!udah udah, nanya mulu!”




-Huahahahahahahhahaa..jadi esmosi gt:p-




Berhubung meta sendiri penasaran-dan kita tau apa yang terjadi saat saya penasaran-meta buka kamus dari segala kamus:p




Di surat Al Ahzab: 37, ada satu cerita tentang budak sekaligus anak angkatnya Nabi Muhammad Saw, Zaid bin Haritsah. Ceritanya, beliau ini dinikahkan oleh Rasul, tapi pernikahannya engga berlangsung lama, sehingga terjadilah perceraian.




Kalau yang bisa meta tangkep disini jodoh itu bener-bener rahasia Tuhan. Masalah langgeng-engganya juga Tuhan yang nentuin.




Bukan berarti kalau jodoh –baca: udah mnikah- terus engga langgeng –baca:cerai- terus artinya ternyata tidak jodoh. Bisa aja misalnya, jodoh selama 10 tahun terus bubar jalan, masing-masing dapet jodoh kedua.  Waallaahu a’lam bi shawab:)




Mungkin bener juga salah satu pendapat temennya meta yang bilang kalau jodoh itu punya expired date –kaya makanan aja:p-, tapi bedanya sama produk makanan, expired datenya jodoh ini bisa diperpanjang. Maksudnya, biar engga kadaluarsa perlu ‘diperpanjang’ bisa dengan berbagai cara. Refreshing bareng atau liburan. Kalau udah kadaluarsa tapi masing-masing pihak engga ada yang punya niat buat ‘memperpanjang’, yaaahh..jadinya perceraian deh..




Intinya si, pasangan itu adalah amanah. Kalau kita engga bisa ngejaga amanah tadi, ya harap maklum kalau pasangannya lepas dari kita..Tapi kalau kita bisa bener-bener ngejaga amanah tadi, pasti ‘masa berlaku’nya engga bakalan abis2..


-kaya toefl aja ada masa berlakunya-:p




Itu kan tadi definisi dari jodoh, kalo definisi engga jodoh?


-masih dirangkum dari jawaban temen2 meta ni-


  1. Kalo kita suka, dianya engga.


  2. Kalo kita engga suka, dia yang suka.


  3. Kalo kita suka, dia juga suka, tapi orangtua kita engga setuju:(


  4. Kalo kita suka, dia juga suka, tapi orangtua dia engga setuju.


  5. Kalo kita suka, dia suka, engga ada yang mau ngomong alias gengsi:p


  6. Kalo kita engga suka, dia juga engga. –Huahahahahhaa..ya iyaaalahhh-


  7. Kalo kita suka, dia suka tapi waktu sukanya engga barengan.


  8. –ada lagi yang mau nambahin?-:)




Ngomong2 soal jodoh, emang bener jodoh ada di tangan Tuhan. Makanya, kita musti berikhtiar mngambilnya hehehehehe:p




Ps: Terimakasih buat temen2 tcintah yang bersedia diribetin dengan pertanyaan2nya meta yang pendiam ini hehehe:)



-----
EXTENDED BODY:

-----
EXCERPT:

-----
KEYWORDS:

-----
COMMENT:
AUTHOR: Piiink
EMAIL: pinkan_wohon@hotmail.com
IP: 61.5.120.169
URL: http://www.friendster.com/8199693
DATE: 01/22/2008 09:36:22 PM
iiih...meta!!! kyanya tu topik paling penting y sedunia dibanding climate change, poverty, plan dokter2 baru unair'01...;p BT yo tiap ari rasanya haunted sama topik ntu yg menyebutnya saja ak males...hehehe juz comment from pathetic but optimistic girl
-----
COMMENT:
AUTHOR: Meta
EMAIL: metaterus@yahoo.com
IP: 202.152.172.3
URL: http://www.friendster.com/18617919
DATE: 01/25/2008 01:39:17 AM
..huahahahhaha..u go girlll!..

-----
COMMENT:
AUTHOR: Dadang
EMAIL: classix_17@yahoo.com
IP: 125.164.164.244
URL: http://www.friendster.com/10388479
DATE: 01/25/2008 06:07:33 AM
O iya apakah setiap orang didunia ini udah ada jodohnya ya..?? kalau misalkan sebelum dia menikah terus meninggal, bgmn jodohnya..? apakah diganti di akhirat..??
-----
COMMENT:
AUTHOR: Meta
EMAIL: metaterus@yahoo.com
IP: 202.152.172.3
URL: http://www.friendster.com/18617919
DATE: 01/28/2008 06:16:14 PM
oomm dadaaaanggg! trus ngapain km nny k meta? huahahahahhaa..kaya saya yg tau aj:p
-stase apaan si km?-
-----
COMMENT:
AUTHOR: Dadang
EMAIL: classix_17@yahoo.com
IP: 125.164.187.119
URL: http://www.friendster.com/10388479
DATE: 01/29/2008 06:24:48 AM
Stase forensik..:)...
-----
COMMENT:
AUTHOR: Abdul Muhith
EMAIL: Pelo_mht@yahoo.com
IP: 125.163.83.200
URL: http://www.friendster.com/20321550
DATE: 01/30/2008 10:51:35 AM
hm.. bahan bagus jg nih, ikut komen lg ok, btw gw setuju aja sih dengan yg diatas, cuma gw jg ada tambahan pendapat nih, gpp ok, menurut gw yg namanya jodoh itu pertemuan, soal gw dapat dr mana cari sendiri ok, gw selalu lupa landasan berpikir gw sendiri wakakakkakakaka, pokoknya my version gt hehehe, nah berhubung namanya pertemuan jadi bisa misalnya gw berjodoh ama bandung, berarti gw diizinkan GOD untuk bertemu dngn bandung, kalo misalnya jodoh ini berarti pertemuan 2 (atau lebih kalo poligami) manusia berjenis kelamin berbeda yg mengikatkan diri dalam sebuah perkawinan dengan masa yang diizinkan oleh GOD, so i think, sebenarnya jodoh itu hanyalah pria dan wanita saja, yg dipertemukan oleh GOD, jd semua Pria ya Jodohnya Wanita, siapapun wanita dan prianya, baru mereka sendiri yg bertanggung jawab terhadap pilihan mereka, dan berikhtiar untuk mempertahankannya, komitmen yg telah mereka sepakati bersama, kalo cerai yah berarti ketidakmampuan dari manusia itu sendiri untuk mempertahankan komitmennya, makanya perbuatan halal yg dibenci God(kalo kagak salah mah) kalo meninggal yah itu satu2nya yg pasti sbg mahluk di dunia fana, dia berhak berjodoh lg dengan yg lain kalo mau dan sanggup untuk mempertanggungjawabkannya, toh semua hanya mengenai pilihan, dengan peluang dan resiko yg selalu ada, gt mungkin....
-----
COMMENT:
AUTHOR: Meta
EMAIL: metaterus@yahoo.com
IP: 202.152.172.3
URL: http://www.friendster.com/18617919
DATE: 02/04/2008 09:50:32 AM
-panjang bener komennya yaps..hehehe knapa g skalian buat postingan aj?-:p

anyway..thx:)
-----

1 comment:

Anonymous said...

trus kalo maho pie? apa wanita jodohnya pri? wkwkwkwkwk

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...