Thursday, March 9, 2017

Persiapan Umroh Part 2

Setelah menyelesaikan persyaratan umroh seperti imunisasi meningitis dan dokumen lainnya, sampailah saya ke bagian yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi kalau bukaaaan...packing! LOL. Dari travel, kami diberi satu buah koper bagasi, 1 tas tangan dan 1 tas selempang kecil. Seluruh perlengkapan selama 9 hari umroh harus muat di situ.

Seperti biasa, sebelum packing yang harus saya lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu cuaca di tempat yang akan didatangi. Menurut Accu Weather, suhu di sana berkisar antara 17 derajat sampai 32 derajat Celsius. Yaaah, lumayan sejuk dan tidak begitu panaslah ya. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk membawa baju-baju yang tidak begitu tebal sehingga tetap adem dipakai.


Selama 9 hari, saya membawa:
 Koper besar (bagasi):
- Gamis berbahan kaos 3 potong
- Hijab instan 6 potong (Saya malas ribet soalnya hehe)
- Celana panjang hitam 1 potong
- Tunik putih polos dan celana putih untuk digunakan saat umroh
- Tunik panjang 4 potong
- Pakaian dalam secukupnya
- Perlengkapan mandi
- Sandal jepit
- Kantong plastik kosong

Ransel (untuk dibawa di kabin):
- Obat-obatan (Obat alergi, demam, anti nyeri, batuk, diare, nyeri perut, flu, plester, vitamin, counterpain:p)
- Satu stel pakaian ganti
- Skin care (Sun block, moisturizer, body lotion, lip balm)
- Buku-buku doa

Tas tangan (saya sengaja mencari tas yang transparan agar saat harus bolak/i masuk Mesjid, pemeriksaan tas tidak berlangsung lama):
- Tissue basah dan kering, hand sanitizer
- Power bank
- Adaptor colokan (Di Arab Saudi colokannya berkaki 3)
- Charger
- Kaca mata hitam
- Payung kecil
- Topi
- Bantal leher yang bisa ditiup dan dikempeskan untuk di pesawat
- Sarung tangan
- Kaos kaki

Sedikit ya? Dibandingkan dengan yang lain, bawaan saya pasti paling sedikit hahaha. Oh ya, karena menurut informasi teman saya yang baru saja pulang dari umroh, cuaca di sana agak ekstrim. Kalau dingin masih bisa mencapai 7 derajat! Saya langsung menambahkan jaket ke dalam barang bawaan.

Persiapan selain packing selanjutnya adalah mendaftarkan nomor handphone saya agar bisa digunakan di sana. Karena saya menggunakan Indosat Ooredoo, paket data yang sesuai adalah unlimited selama 10 hari seharga Rp. 220.000,00. Bisa didaftarkan dengan menekan *122*1#, atau dengan menelpon langsung customer service Indosat Ooredoo di 185 dari handphone langsung.

Saya sangat excited menyambut perjalanan ibadah ini, doakan semoga semuanya lancar yaaa. Saya juga memohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan, semoga kita semua selalu diberkahi Allah Swt, aamiin yra!


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...