Wednesday, July 22, 2015

HK Trip Day 3 - Disneyland Time!

Akhirnyaaaa, saat yang ditunggu saya Naya tiba juga. Disneyland Time! Sejak malam sebelumnya, kami (saya dan Naya tepatnya) sampai tak bisa tidur saking excited-nya. Kami malah membicarakan kira-kira besok ada siapa saja ya di Disneyland?


Pagi-pagi benar, saya kembali terbangun dini hari. Pas waktunya shalat di Indonesia (tapi di Hongkong belum), dan tak bisa tidur lagi. Browsing sana-sini tentang Disneyland lalu mempersiapkan segala sesuatunya. Belajar dari hari sebelumnya, saya menyiapkan 2 payung dan baju ganti untuk kami semua. Cuaca Hongkong memang suka galau bulan Juli ini. Panasnya minta ampun deh, mencapai 34-35 derajat Celcius (Yaa belum ada apa-apanya dibanding Surabaya sih memang), tapi humiditasnya tinggi banget. Plus, sering juga diguyur hujan dan petir. Kering sekali rasanya di wajah dan tubuh.

Setelah sarapan dan bersiap-siap di hotel, kami segera menuju subway station terdekat dari hotel, Jordan Station. Jaraknya bisa ditempuh dalam 3 menit saja dengan berjalan kaki. Disneyland Hongkong terletak di Lantau Island, dan besarnya sekitar 50 hektar. Untuk menuju Disneyland dari pusat kota bisa ditempuh dengan public transportation berupa bis (kurang lebih satu jam perjalanan) biaya sekitar HKD 22 , MTR (3x ganti, sekitar setengah jam perjalanan) seharga HKD 60-70 atau dengan taksi HKD 300. Karena MTR menuju Sunny's bay tempat Disneyland berada semua bernuansa Mickey Mouse, saya memilih menggunakan MTR sebagai moda transportasi kami. Benar saja, begitu MTR datang, Naya sudah berbinar-binar melihatnya. Semua mulai dari jendela sampai pegangan untuk berdiri dalam MTR bergambar Mickey Mouse.

Mungkin karena masih pagi betul dan hari Senin, tak begitu banyak orang yang sama-sama ingin mengunjungi Disneyland.  Hongkong kala itu mendung, cuacanya tak sepanas hari sebelumnya. Asyik banget deh. Saya sempat bilang ke suami "Alhamdulillah ya, engga terlalu penuh, cuaca juga mendukung. Rejekinya Naya deh nih."
Ini sebenernya siapa sih yang mupeng ke DIsneyland?:p

Sampai di Disneyland, kami langsung berfoto-foto. Kami tiba di sana pukul 9 pagi, sementara Disneyland baru dibuka pukul 10 pagi. Tapi Naya tak rewel sama sekali walaupun harus menunggu lama karena selama menunggu, banyak sekali spot foto lucu.
Liat deh girangnya Naya:)) Ini beberapa menit sebelum hujan deraaas.

Daaan.. sedang asyik-asyiknya berfoto, hujan turun. Awalnya hanya gerimis namun lama-lama bertambah deras hahaha. Saat itu juga Disneyland dibuka. Semua pengunjung berhamburan mencari tempat berteduh. Baju dan sepatu kami basah kuyup. Bahkan saya bisa merasakan genangan air di dalam sepatu-_-" Tapi, saya lebih concern ke Naya karena khawatir nanti ia sakit. Saya mampir ke salah satu toko souvenir yang ada di depan gerbang, untuk mengganti baju Naya. Lalu bagaimana dengan sepatu? Untungnya di toko souvenir menjual sepatu sandal Minnie Mouse (warnanya favorit Naya pula! Merah!) dan tersedia dalam berbagai size. Saya membeli untuk Naya dan saya sendiri. Beres deh soal basah-basahan. Baju saya juga basah kuyup sih, tapi saya tak ganti karena kamar mandinya (waktu itu) penuh. Suami membeli jas hujan bergambar Mickey untuk kami bertiga, lalu kami berfoto-foto lagi deh karena tak ingin kehilangan momen.
Nothing can stop us from being happy, not even...rain!:p
Eh jangan salah, walaupun hujan-hujanan, Naya justru tambah senang karena bisa sekalian main air hahaha. Dasar anak kecil ya, selalu bisa melihat positive side of everything:D

Disneyland Hongkong terdiri atas 7 area bertema besar.  Main street USA, Fantasyland, Adventureland, Tomorrowland, Grizzly Gulch, Mystic Point dan Toy Story Land. Di main street USA, desainnya dibuat seperti perkotaan Wild Wild West era awal abad 20, mayoritas diisi oleh toko-toko souvenir yang membuat saya berbinar-binar LOL. Kemudian adventureland bertema Jungle, Fantasyland yang penuh dengan karakter dari film-film Disney (favorit saya tentu saja the classic Mickey Mouse and friends!). Tomorrowland yang ala-ala masa depan, Grizzly Gulch dengan setting kota pertambangan, Mystic Point yang penuh dengan supernatural serta terakhir Toy STory Land, berdasarkan film Toys Story.

Kami mangwali petualangan kami di Main Street USA. Setelah puas berfoto-foto, kami menaiki wahana Railroad, alias kereta yang mengajak kami berputar-putar di Disneyland. Seru deh! Naya senang sekali naik kereta ini.

Selesai di Main Street, kami menuju Fantasyland. Awalnya, kami mencoba wahana Its A Small World, yang mirip dengan di Dufan dan Taman Safari. Tapi, tentu saja lebih bagus, dan penuh dengan karakter Disney. Naya teriak-teriak gembira melihat Stitch, Ariel the Mermaid, Nemo, dan lain-lain. Saya juga senang sekali deh!:p
Its A Small World, indeed!

Keluar dari Its A Small World, hujan bertambah deras. Kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan berfoto di Fantasy Garden. Karakter pertama yang kami lihat adalah Cinderella. Aduh, saya sampai deg-degan melihatnya haha. Tapi, Naya malah tak mau berfoto dengan Cinderella. Saya sendiri malu kalau mengantri sendirian tanpa Naya jadi saya bujuk rayulah anak gadis agar mau foto dengan Cinderella.

M: "Kak, ayo dong kita foto sama CInderella. Masa engga mau? Liat deh tuh, cantik banget lho!"
N: "Engga ah, kakak engga mau. Mama aja. Itu lho orang biasa pakai baju CInderella ma, bukan CInderellanya beneran."
M: "Eh kata siapa? Beneran itu Cinderella!"
C: "Bukan ah. Kalau foto sama orang mah ga usah jauh-jauh ke Hongkong ma, suruh aja emak (pembantu saya. Red) pake baju Cinderella. Sama aja kok!"
M: *ilfeel membayangkan si emak pakai baju Cinderella* *ngalah karena sudah dilihat suami dengan pandangan tajam* *HUH*

Jadilah kami lewatkan para princess yang paling penuh antriannya untuk berfoto bersama Mickey, Minnie, Pluti dan Goofy. Naya malu-malu sekalu mengajak karakter favoritnya itu mengobrol.
"Hi Mickey. Im Naya from Indonesia. Im 4 year old. How are you?" Katanya ke Mickey yang tentulah tak bisa menjawab LOL.




Atraksi di Fantasyland ini menggemaskan semua deh. Ada Cinderlla Carrousel (iyes, Naya tetap bersikukuh tak tertarik), Dumbo the Flying Elephant (juga tak mau), Mad Hatter tea Cups milik Belle dari Beauty and the Beast (tetaaaap tidak mau. Nayaaa!) sampai The Many Adventures of Winnie The Pooh, yang lagi-lagi tak menarik untuk Naya. Di tempat ini ada juga Mickey PhilharMagic, pertunjukan 3D yang membuat saya terpesona. Eh bukan saya saja, Naya juga ding. Keren banget deh ceritanya, lucu, mengharukan, dan seru!

Mungkin karena hujan dan hari Senin pula, kami tak perlu mengantri lama setiap menunggu giliran foto atau naik atraksi. Kalau rerata (menurut forum) mengantri selama 45-60 menit, kami malah paling lama menunggu 10 menit saja. Alhamdulillaaaaah.

Dari Fantasyland, kami melanjutkan perjalanan ke Adventureland untuk naik Jungle River Cruise. Ini juga seru sekali, kami diajak berjalan keliling "hutan" melihat gajah yang suka menyemprot air, ular, gorilla sampai buaya. Awalnya saya pikir binatang-binatang ini sungguhan lho, ternyata robot. Saking kerennya:D

Di dekat Adventureland, ada antrian super panjang yang membuat saya penasaran. Ada apa sih ini? Ternyata, Frozen Village saudara-saudara! Pantas saja, anak-anak kecil yang mengantri berpakaian ala Anna atau Elsa. Naya jangan ditanya ya, jelas tak tertarik.

Karena Naya ingin sekali berfoto dengan Daisy Duck, kami berkeliling mencari spot foto dengan Daisy. Susahnya, setiap orang yang kami tanya tak ada yang mengerti bahasa Inggris. Sepertinya nama Daisy di Hongkong berubah deh. Untungnya setelah bertanya bolak-balik, ada juga orang yang mengerti dan berbaik hati menelponkan pihak berwenang. Ternyata, Daisy dan Donald Duck tak bisa hadir hari itu. Wah Naya sedih namun gembira lagi begitu melihat Chip and Dale di Grizzly Guch.

Karena lapar, kami merapat untuk makan siang di salah satu food court. Oh ya, hanya ada satu restoran bersertifikat halal di Disneyland, di Tahitian Terrace. Makanan yang dijual berkisar antara HKD 130-200. Lumayan mahal ya, tapi yaaa namanya juga amusement park:D
Untuk salat, bisa dilakukan di customer service dekat gerbang depan. Kalau meminta prayer room, mereka akan "meminjamkan" ruang tamunya untuk dipakai salat.

Begitu kenyang, segar kembali, kami langsung lanjuuut ke Toy Story Land. Naya sih biasa saja karena memang tak begitu suka Toy Story, tapi mainannya lucu-lucu lho!Suami saya sempat tertarik ingin naik RC Racer tapi tak jadi karena kasihan melihat anak dan istrinya menganggur:p

Lewat dari Toy Story, kami menunggu parade tokoh Disney di Main Street USA. Setiap jam 4 sore, akan ada parade karakter favorit dunia. Wah Naya semangat sekali walaupun harus duduk di lantai. Untungnya saat itu hujan sempat berhenti (walau ternyata 10 menit kemudian hujan lagi LOL). Setelah parade, kami mengantri untuk melihat pertunjukan The Golden Mickey. Tempatnya keren banget deh. The Golden Mickey ini disetting seperti pertunjukan awarding ala-ala opera. Aduh saya sukaaa sekali, bahkan sampai menangis saat melihat Beauty and The Beast live di depan mata. Terutama waktu si Beast berubah jadi pangeran tampan. So Sweet banget! Untuk yang ingin ke Disneyland Hongkong, pastikan untuk melihat jadwal live opera The Golden Mickey ini ya. Swear deh, keren banget! Mulai dari The Hunchback of Notredame, Beauty and the Beast, Mulan, Lilo and Stitch, Ariel the Mermaid, Snow White, semua menjadi satu kesatuan operet yang bagus banget! Tentu tak ketinggalan Mickey and friends juga:D

Tempat selanjutnya yang kami tuju adalah Mystic Point. Di sini, kami menaiki wahana Mystic Manor yang memperkenalkan kebudayaan "mistis' China namun dikemas dengan mengasyikkan. Ini salah satu wahana favorit saya:D

Setelah dari Mystic Point, saya menuju ke salah satu pertokoan untuk membeli kaos buat Naya dan payung untuk mama saya  (beliau memang koleksi payung). Wah kalap deh, lucu-lucu bangeeeet walaupun harganya mahal ya.

Saat keluar, hujan bertambah deras dan waktu menunjukkan lebih dari jam 6. Tak terasa ya, hampir 10 jam kami di Disneyland. Sebetulnya saya ingin melihat fireworks yang katanya adalah atraksi "jagoan" atau unggulan Disneyland Hongkong. Tapi tentu saya tak boleh egois. Karena Naya tampak sudah sangat lelah dan kembali basah kuyup, kami putuskan untuk pulang dengan sejuta kenangan tentang Disneyland.

Itss trully a magical moment for the three of us. I'll see you again, Disneyland!

Tahu engga sih, saking berkesannya buat Naya, sampai sekarang yang dia omongkan selalluuuuuu tentang Disneyland. Bahkan tidur pun sambil ketawa-ketawa mengigau soal Disneyland haha. Kapan-kapan kita ke Disneyland lagi ya nak! Yang di Amerika:p

Eh sekadar tips dari saya untuk yang ingin ke Disneyland Hongkong nih!
1. Jangan lupa bawa stroller. Kalau malas ribet, memang di sana disediakan penyewaan stroller sih, tapi buat saya stroller bukan hanya bisa dipakai di Disneyland saja tapi selama di Hongkong. Lumayan banget.
2. Cari tahu tentang kemungkinan cuaca. Bawa sunblock, kacamata hitam, payung, jas hujan kalau berangkat di musim summer seperti saya ini.
3. Baju ganti, setidaknya 2 setel lengkap dengan pakaian dalam.
4. Tak ada salahnya membawa sandal jepit in case hujan deras sehingga sepatu basah kuyup.
5. Disneyland melarang pengunjungnya membawa tongsis, sehingga daripada disita di gerbang depan, sebaiknya tinggal saja di rumah.
6. Disneyland juga melarang pengunjungnya membawa makanan atau minuman sendiri. Tapi untuk yang membawa anak kecil tentu ada kebijakan jika ingin membawa makanan khusus (MPASI misalnya) atau susu.
7. Ambil katalog Park Information agar dapat mengetahui denah dan atraksi yang ada.
8. Membawa tissue atau tissue basah akan sangat membantu.
9. Have fun!:)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...