Saturday, July 18, 2015

Liburan Panjang

Sama seperti anak-anak yang sudah bersekolah lainnya, Naya pun menjalani liburan panjang sekolah sebulan terakhir ini. Awalnya saya yang bingung, akan diisi kegiatan apa ya liburan Naya ini. Maklum, inginnya sih memang bepergian ke luar kota atau luar negeri, tapi saya dan suami kan tak mengenal libur ya:))

Untungnya, saya sangat terbantu dengan les harian Naya yang tetap masuk di bulan liburan ini. Setidaknya, setiap sore, Naya pasti mempunyai kegiatan yang positif. Lalu bagaimana dengan pagi dan siang harinya?

Saya mencari-cari kelas liburan alias summer class di berbagai penyedia bimbingan. Mulai dari crafting, menggambar, bahasa Inggris sampai kelas memasak. Lucu juga ya membayangkan anak-anak sebesar Naya memasak:))


Saat sedang mensurvey ini-itulah saya terpikirkan kembali satu ide yang dulu sempat muncul. Kenapa tidak mengaji saja ya? Toh pas pula dengan bulan suci Ramadhan, dan saya rasa inilah waktu yang tepat untuk Naya. Sebenarnya, sejak Naya berusia 2 tahun kurang, ia sudah semangat ingin sekali mengikuti anak-anak tetangga mengaji di TPA. Sayangnya, mungkin karena kurang umur, ustadzah di masjid tsb meminta Naya kembali tahun depannya. (PS: pernah saya ceritakan di blog kok). Karena Naya sensitif, perasaan "ditolak" itulah yang sepertinya membuat ia akhirnya enggan belajar mengaji. Beberapa kali setelahnya saya tawarkan, ia tetap tidak mau.

Selain itu karena pertanyaan Naya seringkali ajaib, saya merasa benar-benar harus mencari guru mengaji yang membuatnya puas. Saya tak ingin guru yang membuat Naya merasa harus beribadah karena "kalau tidak, nanti masuk neraka lho!" atau "nanti engga bisa masuk surga lho!". Saya ingin guru mengaji yang bisa menjawab semua pertanyaan ajaib Naya dengan logika, karena Naya pun anaknya logis banget.

Memang se-ajaib apa sih pertanyaannya? Bisa dibaca-baca di postingan sebelumnya yaa. Tapi, sebagai contoh nih, salah satu pertanyaannya adalah:

"Mama, Allah itu sebenarnya pintar apa engga sih? Kok kalau pintar ada manusia yang nakal? Engga baik semua? Kan manusia itu yang ciptain Allah juga. Berarti Allah itu kurang pintar bikin manusianya."

Lalu saya mau jawab apa cobaaaa?:)))

Akhirnya, saya tak pernah memaksakan Naya mengaji lagi. Walaupun begitu, saya selalu mengaji di depannya.

Mungkin memang sudah diatur oleh-Nya ya, kok ya pas betul tetangga kami adalah seorang guru mengaji. Orangnya sabaaar, dan logis sekali. Saya sudah dag dig dug waktu hari pertama Naya mengaji. Eh tapi ternyata ia menikmati sekali, Alhamdulillah.

Selama liburan panjang ini, paginya Naya mengaji, siang terkadang les, sore les lagi:))
Saya seringkali merasa kasihan juga, kok liburan tetap sibuk ya. Saya berulangkali menawarkan Naya, tak usah les dulu, berlibur saja di rumah. Tahu apa jawabnya? "Memangnya enak engga ada kerjaan? Terserah kakaklah mau les apa engga". Hih, jutek amat-_-

Naya juga sering menangis ingin sekolah. Padahal jelas-jelas, masih liburan. Saking gregetannya saya, pernah juga saya antarkan Naya ke sekolahnya supaya ia bisa melihat dengan jelas kalau gerbang sekolah tutup karena semua orang libur. Ya sudahlah ya, as long as you're happy kakak!

Setelah semua les libur, bagaimana?
Haha, saya yang binguuuung. Nanny dan ART sudah mudik semua jauh sebelum lebaran. Membuat BusyBook lagi, Naya tampak tak tertarik karena sudah bosan. Lagipula, kalau menurut pengamatan saya, sepertinya Naya membutuhkan stimulasi lebih untuk motorik kasarnya. Jadilah hampir setiap hari Naya main di playground yang membutuhkan lari, merangkak, lompat, merayap, memanjat, dll. Tak selalu di mall sih, di taman pun jadi. Walaupun yang mengantar gempor (pas puasa pula!), tapi senang melihat Naya senang:)

Selain itu, karena suami dan saya suka sepatu roda-an, (Well, saya sih yang sepatu roda-an, suami in line skate), kami ingin sekali ber-in line skate bertiga dengan Naya. Fun, untuk bonding dan menstimulasi motorik kasar juga kan? Hampir setiap sore Naya berlatih in line skate. Progress-nya cepat lho walaupun bolak/i terjatuh dan saya jantungan melihatnya:))

Anyway, selamat berlibur yaa! Have a nice family time!:)

1 comment:

Ummu Salim said...

akuuuuu maau ngaji bareng naya.. tanpa dibayR pun mau...
asli deh mau.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...