Tuesday, October 2, 2012

Hasil Review Preschool-Part 1

Setelah survei cari sekolah beberapa hari terakhir ini, berikut adalah hasil reviewnya:

1. Kinderland 
www.kinderlandsurabaya.com
Jl. Kertajaya Indah No. 101

Pertama kali sekolah ini karena letaknya yang di pinggir jalan raya persis di seberang sekolah Naya, dan selalu dilewatin setiap pergi. Yang keliatan dari luar sih mainan-mainan warna-warni di halamannya. Space outdoor playground-nya engga terlalu luas.

Kurikulum: Diadaptasi dari Kinderland Educare Services Pte Ltd, Singapore. Programnya bilingual, ditambah kelas bahasa Mandarin setiap minggunya. Ada native speaker untuk setiap pelajaran bahasa. Pendidikannya mengacu pada teori Piaget, yang diterapkan hampir di semua aspek pelajaran.

Ruangan kelas: Ada ruang komputer, ruang musik, ruang pertemuan, indoor gym, playground, track untuk bersepeda bahkan ada area untuk bermain air dan pasir indoor!

Untuk kelas pre-nursery (2-3 tahun) jam sekolahnya adalah setiap hari Senin-Jumat jam 08.30-11.30 atau Senin-Kamis jam 08.30-11.30.

Biaya:
Enrollment fee : Rp. 8.000.000,00
Term fee: Rp. 4.500.000,00/ 10 weeks (4x/weeks)
                Rp. 5.500.000,00/ 10 weeks (5x/weeks)

Komen Meta:
Errrr.. walaupun belum trial, tapi kayanya Meta agak engga sreg sama sekolah ini. Pertama, karena jam sekolahnya 4-5 hari kerja, 3 jam pula! Naya bisa teler deh nanti. Biayanya masih make sense secara sekarang rata-rata preschool segitu. Satu lagi yang Meta engga sreg adalah space untuk outdoornya terbatas banget. Lagipula, di pinggir jalan raya, agak bikin waswas si emak parno ini.

Tapi, Meta suka banget deh sama water and sand areanya. Cool.
Mungkin akan mencoba untuk ikut trial class, masih pikir-pikir deh:p

2. KB-TK Islam Al-Azhar 35
www.alazhar-jatim.sch.id
Pakuwon City, Florence J-4

Karena deket dari rumah, jelaslah sekolah ini masuk ke dalam list buat Meta survei:D
Awalnya Meta kaget karena dari depan sih keliatannya engga besar-besar amat, sempet mikir juga "Buset ini ga ada lapangannya sama sekali ya?". Eh ternyata begitu masuk ke dalam, ada lapangan basket yang lumayan besar dan gedung sekolahnya juga lumayan. Oh ya jangan khawatir, buat cewek yang masih kelas toddler dan Playgroup, belum wajib pakai jilbab kok! Bukannya apa, Meta concern banget soal ini karena yakin Naya pasti engga nyaman disuruh pakai jilbab, kasian juga kalau dia malah sibuk garuk-garuk gegara keringetan pas sekolah.

Kurikulum: Tentunya menggunakan kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim. Ada fieldtrip, english conversation (Bahasa pengantarnya Indonesia), musik, komputer, dan baca Alquran dengan Iqra.

Untuk kelas toddler (>1.5 tahun) dan Playgroup (>2,8 tahun) ada 3x pertemuan setiap minggunya. Waktu sekolah dari jam 08.00-10.00. Untuk kelas toddler setiap hari disediakan cemilan bergizi.

Biaya:
Karena masih baru, setidaknya sampai tahun ini masih belum ada enrollment fee. (Enak banget yak!), hanya bayar SPP sejumlah Rp. 3.850.000/ 4 bulan. Tapi kemungkinan pertahun depan sudah ada biaya masuknya.

Komen Meta:
Will definetely try! Sesuai kriteria, cuma outdoornya kurang gede. But you cant get all what you want, right?;;) Nanti tunggu Naya 2 tahun:D

3. Sekolah Cikal
www.cikal.co.id
Jl. Raya Bukit Darmo Golf no. M-21

Walaupun sebenernya engga masuk ke kriteria Meta karena letaknya juauuuuuh banget, tapi akhirnya dengan berbagai pemikiran, bolehlah sekolah ini dipertimbangkan. Di Jakarta, sekolah Cikal ini termasuk most wanted karena pendekatan pengajarannya yang 'berbeda' dari yang lain. 5-stars-competencies.

Kurikulum: Ditekankan pada perkembangan basic life skills. Selain itu banyak program yang dirancang supaya komunikasi antara orangtua dan anak berlangsung baik. (Jadi buat yang pengen 'melepas' anaknya sekolah, engga bisa dong ya). Rasio guru: murid adalah 1:5, ada workshop reguler untuk orangtua.

Untuk kelas  Kakak-kakak (2-3 tahun) : Seminggu 3x, 08.00-10.00 atau 10.30-12.30

Biaya:
Enrollment Fee : Rp 18.500.000 (Iyaaa, engga salah ketik jadi kebanyakan nol-nya kok!)
Tuition fee : 20.900.000 (/tahun) 5.600.000 (/4 bulan) 1.900.000 (/bulan)
*pingsan*

Komen Meta:
Sebenernya, kalau merujuk ke kriteria yang Meta buat untuk cari sekolah Naya, Sekolah Cikal ini mantep banget, kecuali dari sisi jarak dan biaya-tentunyaaaa-.
Kayanya sih engga bakal trial deh, secara rumah ke Cikal ujung-ujungan ajah gituh!

4. Whiz Kids
 Jl. Nginden Intan Selatan C7/3-5 

Thanks to jembatan MERR, jarak rumah ke Nginden jadi deket banget, dan Meta bisa masukin sekolah ini ke list:D

Kurikulum: Bahasa pengantar Inggris, ada yang 2x seminggu, ada yang 4x seminggu. Jamnya 10.00-11.30. Keponakan-keponakan Meta semua sekolah disini jadi sedikit banyak tau apa yang diajarin. Basicly diajarin disiplin dengan daily activities. Tentunysa sambil merangsang motorik, bahasa dan personal-sosial.

Biaya:
Enrollment fee : Rp. 6.850.000,00
Tuition fee: Rp. 440.000/bulan (seminggu 2x)
                   Rp. 660.000/bulan (seminggu 4x)
Administration fee : Rp. 850.000/tahun (seminggu 2x)
                                 Rp. 900.000/tahun (seminggu 4x)

Komen Meta:
Worth to put in the trial list:D

Sekian review-an sekolah part 1 ini. Rencananya weekend ini Meta mau berkunjung ke beberapa preschool lagi seperti Al-Hikmah, SAIMS (Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya), Lollypop Preschool, Little Steps dan Apple Tree.  Doakan sayaaaa! *pasangiketkepala*

4 comments:

Bunda 'Aqila said...

hadooohh mbak Meta...biaya sekolah bayi kok lebih mahal dari biaya kuliah S2 saya ya..hehehe....;-)

Amarien said...

Hi mbak Meta,

Terima kasih infonya yah..Lagi cari2 sekolah di Sidoarjo atau Surabaya nih..in case tahun depan, pulang kampung :d..

Utk Cikal, bahasa yang digunakan apa yah? Saya sih pengennya yg pake bahasa Indonesia, mainly..Trus kl misalnya cuman stay buat setahun aja gt..Uang pangkalnya dapet diskon ga ya? Hehe..ngareeep..Gilaaa ya, harga sekolah anak2 sekarang mahalnya ga ketulungan..mana 2 anak pula..doooh..tepok2 jidat..

Dewi said...

Thanks! Membantu dan pas banget. Saya juga lokasinya di surabaya timur, jadi pertimbangan jarak kita sama hehehe..

Lanjut baca ke part 2 deh cuss

idvip said...

kumpulan situs terbaru 2020

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...