Tuesday, October 23, 2012

Naya-18 bulan

Update lagi Naya di umur 18 bulan ini:)

Perkembangan yang paling keliatan adalah kemampuan berbahasa. Seperti yang pernah Meta ceritain disini, di usia koreksinya yang 17 bulan, kemampuan berbahasa Naya setara dengan anak berusia 37 bulan. Serius deh, bawel banget. Engga pernah berhenti ngomong. Kalau engga ngomong, nyanyi. Pokoknya engga diem deh. Kalau di rumah engga ada suaranya, Meta yang parno takut bayi satu ini ngelakuin hal-hal yang berbahaya seperti ngumpet di dalem lemari baju. -_-"

Beneran pernah lho, emaknya ini udah panik banget. Bukan apa-apa sih, kalau kekunci di dalem terus engga ada udara cukup buat napas gimana? Duh amit-amit.

Secara garis besar, kosakata Naya udah lebih dari 100 kata. Atas, bawah, besar, kecil, udah, belum, engga, beres, sekolah. bolos, males, mana, kenapa, gimana, di mana, kelinci, bebek, ayam, kuda, hippo, gajah, kelinci, semut, kupu-kupu *walaupun Naya ngomongnya tupu-tupu*, takut, kaget, sedih, kangen *ngangeng*, pergi, kerja, jaga, rumah sakit *mah atit*, sakit, merah, ungu, biru, oranye, kuning, pink, hijau, hitam, putih, apel, jeruk, pir, balon, tas, dompet, sepatu, dll banyak deh. Rasanya hampir tiap hari Meta terkaget-kaget karena Naya -out of the blue- tetiba bisa ngomong kata-kata baru.

Suka sekali difoto-_-"
Setiap habis mandi dan pakai baju bagus, langsung "Ma ayuk foto Aya yuk, ciiis Aya cisss." terus langsung pose aja gitu. Errrrrr.

Udah bisa pegang sendok dengan benar dan makan sendiri walaupun kadang masih suka berantakan. Yaaay!

Udah bisa pake celana sendiri (biarpun sering kebalik), dan udah bisa pake kemeja sendiri, ngancinginnya yang masih acak-acakan. Kalo kaos masih belum bisa sih tapi.

Udah bisa pake dan lepas sepatu sendiri.  Dia bisa lho ngebedain kiri sama kanan engga kayak emaknya. Syukurlah!

Lagi suka-sukanya ngitung. Setiap liat barang yang lebih dari satu, pasti diitungin semua sama Naya. "Catuuu, duwaaaa, gigaaa, empappp, limaaa, naaam, tujuh, papan, bilan, puyuuuh".

Oh iya, jadi inget Meta mau cerita. Jadi gini, beberapa waktu yang lalu, seorang guru besar Meta pernah ngasih kuliah soal korupsi. Bukan ngomongin politik dan sebagainya sih, lebih ke bagaimana memberikan pendidikan pada anak supaya kelak tidak melakukan korupsi. Selain pendidikan agama, menurut guru besar tersebut, salah satu yang dapat diajarkan orangtua adalah dengan mendidik anak untuk menempatkan barang pada tempatnya. Selain itu, mengajarkan anak mengenal konsep kepemilikan. Ini punyaku, ini punyamu. Setelahnya, baru diajarkan bahwa anak tidak boleh mengambil yang bukan punyanya, juga wajib bertanggung jawab atas kepunyaannya.

Meta langsung menerapkan ini ke Naya. Semua barang yang ada di rumah udah dibilangin ke Naya. Ini tas mama, itu tas kakak Aya. Ini sepatu mama, itu sepatu Aya. Kalau habis pakai sepatu, taruh di tempatnya. Blablablabla. Berhasil lho! Setiap habis berpergian, Naya aware banget sama barang-barangnya. Sepatu dilepas, ditaruh di tempatnya. Tas diseret *karenaberat* ditaruh di tempatnya. Baju ditaruh di tempat baju kotor. Terus engga lupa, ngomel-ngomelin emak yang suka malas naruh sepatu di tempatnya:p

Amazing how she understands and does everything we told her to.
Tapi kadang-kadang jadinya kebablasan juga sodara-sodara. Kadang kalau lagi belanja bulanan dan rempong bawa belanjaan, Meta suka nitip tas tangan ke nanny Naya. Eh engga boleh lho, Naya bakal ngomel-ngomel ke nanny nyuruh tas emaknya dibalikin. Padahal Meta udah bilang "Kak, mama yang nyuruh. Mama engga bisa bawa semua, nitip aja kok." Tetep, engga boleh, malah ngomong " No no no, ini tas mama, itu tas mbak Yaci". -_-"

Meta juga sering minjem kaos bapaknya karena enak, besar dan adem. Tapi ya gituuu, pasti kena deh diomelin Naya. "Mamaaaaa, itu punya papa. Buka! Buka! Buka!" Duh -_-"

Yasudahlah yaaa, mungkin PR buat Meta berikutnya adalah ngajarin Naya fleksibilitas:p

Apa lagi ya milestone Naya di 18 bulan ini? Suka naik turun tangga, manjet-manjet, loncat-loncat, dan tetep suka joged-joged tiap denger musik. Muter-muter sambil teriak " Maaaa, kakak Aya bayeeeet". Meta lagi mikir buat masukin Naya ke kelas ballet nanti kalau udah 2 tahun. Biar seneng aja sih, abis dia suka niruin ballet tapi engga jelas hahaha.

Oh ya, karena menurut Meta kosakata Naya udah engga masalah, kemampuan reseptif maupun ekspresifnya juga alhamdulillah engga apa-apa, Meta berencana mau ngajarin bahasa Inggris ke Naya. Masih mikir-mikir juga sih ini:p

Kakak Ayaaaaaa, mama loves youuuuuuu:*




3 comments:

Cici Pratama said...

alamaaaaaak, imut buanget kak Nyanya... Hehehe... Peluk cium dr kakak yaaaa.... Mmmmuah. :* Salam ya buat jam nya. Hehe

Nyde said...

mba,
pinter bgt anaknya!
mba kan working mom, yg ngajarin kosakata tiap hari itu selain mba, siapa lgi?
Sudah preschool gak? if yes, dr umur brp, dan dimana?

Meta Hanindita said...

@Cici: jamnya mati pdhl:p

@Nyde: Hehe, saya yang ngajarin mbak, ada babysitter di rumah tapi semua yg dia ajarin cm ngulang saya:D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...