Tuesday, January 2, 2018

Review: 2017

Wow! Rekor nih yaa, sebulan persis saya sudah tak lagi mengupdate blog ini. Harap maklum, pekerjaan seperti tak ada selesainya. Walaupun saya kuliah lagi (dengan -literally- tugas yang menumpuk dan proposal penelitian yang bolak/i direvisi), pekerjaan dan rutinitas sehari-hari sebagai dosen seperti mengajar/membimbing/menguji/memeriksa tugas/membuat soal tetap harus dilakukan. Pun dengan tugas seperti memeriksa/visite pasien dengan segala kewajiban lain semacam mengurusi akreditasi, rapat ini itu dsb.Warbiyazah rasanya hahaha. (Siaran engga disebut ya, soalnya justru ini yang menghilangkan segala kelelahan dan stress ini cieeeee:p).

Karena itu pula, saya memutuskan untuk menghentikan praktik swasta sementara waktu. InsyaAllah, tak lama lagi saya akan meneruskan kuliah di luar Surabaya sehingga tentu tak bisa berpraktik.

Anyway, tak terasa sudah 2018 lagi ya! Buat saya 2017 kemarin itu benar-benar tak terasa lewatnya. Kalau disuruh menggambarkan 2017 dengan satu kata, sepertinya kata yang tepat adalah "Flies", because time flies, and 2017 really flew so fast:)) Kemudian saya jadi mellow sendiri karena merasa tak terlalu produktif tahun lalu.

Kali ini saya akan sedikit melakukan flashback mengenai apa saja yang terjadi di tahun 2017 kemarin.

Saya mengawali tahun 2017 dengan berita yang menyenangkan. Buku Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun masuk ke dalam list Best Seller! Ini benar-benar bonus buat saya, yang tak pernah berharap buku tulisan saya menjadi Best Seller. Tujuan utama saya menulis buku murni untuk sharing beberapa informasi kepada orangtua mengenai bayi setahun pertama. Happy? Jelas dong ya! Senang sekali karena saya bisa membuat suatu karya yang berguna untuk orang banyak:D


Di bulan Februari, saya mendapat hadiah super so-sweet dari suami yang tahu istrinya ini ngefans berat sama Kahitna sejak jaman dulu (buat yang suka mendengarkan siaran saya sejak 2002 lalu, pasti tahu banget deh nih hahaha), tiket menonton konser! Ah puas banget menyanyi bersama akang-akang Kahitna nu pangkasepna:p Terharu juga sih karena suami mau "berkorban" menemani saya menonton, kemudian suka rela menjadi fotografer saat sang istri tetiba speechless di depan Hedi Yunus:))) Padahal saya tahu banget suami pantang mendengarkan lagu (yang menurutnya) menye-menye. Yaaa anggap saja hadiah ulang tahun ya:p

DI bulan yang sama, saya juga berkesempatan untuk melakukan Mommyclopedia Promo Trip ke Jakarta. Selama beberapa hari, jadwal saya adalah melakukan promosi ke berbagai media. Mulai dari syuting acara Ibu Pintar Trans TV bersama Zaskia Adya Mecca dan Donita, syuting untuk Vlog majalah Mother and Baby Indonesia, siaran di radio U FM, radio V radio,dan talkshow di Alam Sutera. Seruuu banget, apalagi karena selama promo tersebut, saya ditemani mama:D

Tahun 2017, alhamdulillah salah satu doa saya selama ini terkabul. Bisa menjalankan ibadah umroh bersama suami di bulan Maret. Benar-benar surprised, karena keputusan untuk berumroh baru dibuat hanya beberapa minggu menjelang keberangkatan! Kalang kabut menyiapkan segala sesuatunya. Deg-degan deh, karena saat itu saya sedang mengurus visa untuk pergi ke Prague. Akhirnya paspor yang sudah dikirim ke travel agent yang menguruskan visa saya ke Prague diambil kembali. Alhamdulillah semua berjalan lancar hingga kembali ke tanah air. Salah satu perbedaan antara ibadah umroh saya yang pertama (2009) dengan yang ini adalah: entah kenapa saya super cengeng belakangan. Sholat selalu sambil mewek:D

Pada bulan April, mostly saya menghabiskan waktu dengan menulis Mommyclopedia 2 (yang sudah terbit 4 Desember lalu. Sudah beli belum?:p), dan mempersiapkan kepergian ke Prague bulan depannya. Di bulan ini pula, saya sedang sibuk-sibuknya mengikuti segala macam tes masuk untuk kuliah kembali.

Saya berangkat ke Prague pada bulan Mei untuk mengikuti kongres. Kongres yang saya ikuti benar-benar "membuka mata" saya lebar-lebar mengenai nutrisi pada anak dan membuat saya semakin mantap untuk mendalami bidang ini. Melihat para ahli dari negara maju sudah sampai tahap meneliti hal-hal yang tak terbayangkan mengenai nutrisi anak (buat saya), lah di negara sendiri bahkan masih banyak anak yang susah makan dan dianggap normal hehe. Sejak dari Prague ini pula, saya bertekad untuk memulai edukasi mengenai nutrisi anak pada orangtua melalui blog saya. Biarpun yang baca hanya sedikit, tapi at least dari banyak orang, ada sedikit yang tahu. Selama perjalanan di Prague, saya pun berkesempatan untuk mampir ke beberapa negara seperti Frankfurt, Dresden (Jerman), dan Budapest.

Kepulangan dari Prague bertepatan dengan bulan Ramadhan. Alhamdulillah, bulan Ramadhan tahun 2017 menjadi spesial buat saya karena Naya berhasil mengikuti puasa (setengah hari) hingga genap 30 hari, dan shalat tarawih tak putus hingga 30 hari juga. Im very proud! Di bulan Ramadhan ini pula saya mencatat rekor terbanyak "bolong" puasa, karena suatu hal yang sepertinya belum waktunya saya ceritakan di sini. Sampai 18 hari hutangnya saudara-saudara huhuhuhu!

Di bulan Juni, saya mendapat surprise visit dari surprise guest yang benar-benar tak terduga. Zaskia Adya Mecca, tetiba saja berkunjung ke rumah. Wah, kaget banget! Tapi berkesan:D Di bulan ini pula kami menghabiskan libur lebaran di Surabaya saja. Setiap hari pun saya masih datang untuk visite pasien ke rumah sakit.

Karena saat libur lebaran kami tak ke mana-mana, saya berniat "menebus" kesalahan pada Naya dengan mengajaknya berlibur ke Jakarta. Menepati janji sih tepatnya, karena saya pernah menjanjikan Naya untuk berkunjung kembali ke Kidzania.
Tak hanya Kidzania, Naya juga berkesempatan main di Phinisi juga. Dia happy banget lho walaupun hanya menghabiskan 2 hari di Jakarta.

DI bulan Juli dan Agustus, saya kembali disibukkan dengan penelitian karena akan mengikuti KONIKA (Kongres Nasional Ilmu Kesehatan Anak) pada bulan Agustusnya di Yogyakarta. Saya juga berkesempatan mengikuti pelatihan dan simposium di sana secara lengkap. Lumayan seru, karena bisa reunian dengan banyak teman yang sudah berpencar ke seluruh pelosok Indonesia.  Kemudian, setelah dari Yogyakarta, saya mengikuti penerimaan mahasiswa baru di rektorat Unair.

Tahun 2017 ini pun saya sempat sharing beberapa kali mengenai dunia broadcasting dan public speaking. Menyenangkan !

Sejak bulan Oktober,  hari-hari saya dipenuhi dengan kuliah yang tak ada hentinya hehe. Kebetulan bersamaan pula dengan akreditasi perguruan tinggi yang juga membutuhkan kerja keras tiada akhir. Lengkap deh ya:p Walaupun begitu, Alhamdulillah saya masih berkesempatan untuk menulis buku Mommyclopedia 3 yang insyaAllah akan rilis tanggal 5 Februari 2018 ini:D

Oh ya ngomong-ngomong soal rencana 2018, sebelum pergi ke luar Surabaya, saya akan menyempatkan diri untuk double launching buku Mommyclopedia 2 dan 3. Yang ke-2 mengenai Panduan Lengkap Merawat Batita, dan yang ke-3 mengenai Tanya Jawab Nutrisi pada 1000 Hari Pertama. Saya memang sengaja menjadikan satu launchingnya karena keterbatasan waktu (dan tenaga:p). Informasi lebih lengkapnya menyusul yaa. Rencananya selain double launching, saya pun akan mengadakan talkshow keliling beberapa kota di Indonesia. InsyaAllah kalau diberi kesempatan dan kesehatan:D

Semoga tahun 2018 ini penuh berkah untuk kita semua yaa, happy new year everyone!:*



1 comment:

Nining said...

Selamat Tahun Baru dokter cantik, sukses selalu dan selalu menebar manfaat melalui tulisan-tulisannya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...