Friday, August 11, 2017

Sugeng Rawuh @Konika Yogyakarta

Tahun ini, event ilmiah nasional dokter spesialis anak diadakan di Yogyakarta. Sejak tahun lalu, saya sudah berencana mengikuti acara ini sehingga semua persiapan dilakukan jauh hari sebelumnya. Tadinya sih, saya berencana mengikutkan salah satu penelitian ke acara ini. Namun karena satu dan lain hal, batal deh.

Ada satu hal yang istimewa buat saya. Kebetulan sejak awal tahun ini saya mengikuti Post Graduate course dari Boston University. Acara convocation dan graduation alias wisudanya diadakan bersamaan dengan event KONIKA alias Kongres Nasional Ilmu Kesehatan Anak. Sebetulnya KONIKA baru dimulai pada hari Selasa, tanggal 8 Agustus. Tapi karena harus mengikuti convocation dan graduation, jadilah saya sudah berangkat sejak hari Sabtu.

Perjalanan ke Yogya bukan yang pertama kalinya buat saya. Tapi tetap saja rasanya excited! Mungkin karena sudah membayangkan akan bertemu banyak teman yang sudah terpencar ke seluruh penjuru Indonesia ya. Kesempatan nih buat reuni:D

Sabtu sore, saya tiba di Yogya. Sempat stress berat karena pesawat (baling-baling!) bolak/i membuat saya ketakutan. Apalagi saat landing yang seperti terpleset lalu terbanting-_-". Padahal Garuda lho maskapainya. Tahu tidak, saking stressnya, begitu landing saya langsung memesan tiket kereta api online, walaupun sebetulnya saya sudah memegang tiket pulang dengan pesawat yang sama. Daripada stresssssss:))

Saya menginap di hotel Innside by Melia. Hotel ini hotel baru, dan menurut saya sangat keren desainnya. Modern dan nyaman! Sayang, lokasinya agak jauh dari pusat kota. Tapi sebetulnya di Yogyakarta, semua terbilang dekat sih, jadi no problemo! Malam pertama, saya diajak berkuliner oleh teman lain yang penasaran ingin mencoba sate klathak. Tapiii, tahu dong ya, saya malas makan:))) Apalagi mengetahui kalau harus mengantri sampai 2 jam lamanya. Wassalaaaam, makan yang lain saja deh!

Keesokan paginya, saya dan rombongan menuju hotel Eastparc untuk mengikuti workshop selama 2 hari di sana. Senang deh, selain bertemu dengan banyak teman saat PPDS dulu, saya juga bertemu dengan sahabat saya selama kuliah S1. Asli, seharian tertawa-tawa melulu:))

Setelah mengikuti workshop selama 2 hari dan course online hampir 7 bulan lamanya, kami mengikuti acara wisuda. Saya pikir wisudanya yang wah bagaimanaaa gitu, eh ternyata acaranya sederhana saja. Kebetulan, acara wisuda selesai siang hari sehingga saya bisa mampir ke mall Jogja City Mall yang memang berdekatan. Agendanya di sana adalah mencari makan siang hehe. Di hotel memang disediakan makan siang, tapi karena hidangannya tidak begitu sesuai dengan selera, saya memilih mencari di luar saja. (Saya tidak suka gudeg, tidak pula suka sate klathak karena sudah malas membayangkan harus mengunyah daging setebal itu hehehe). Di sana, saya malah menemukan seblak khas Bandung! Lucu juga ya, makan seblak di Yogyakarta.

Dari Jogja City Mall, saya dijemput teman saya dari Bandung yang mengajak berkeliling mencari batik. Saya memang sudah berjanji pada Naya akan membawakannya baju batik dari Yogya. Kesempatan nih! Supir mobil yang disewa teman merekomendasikan Batik Rumah, sehingga kami pun ke sana. Well, menurut saya sih batiknya biasa saja, kurang banyak pilihan dibandingkan di Hamzah Batik/Mirota Malioboro. Tapi, tempatnya memang lebih nyaman dibandingkan di Malioboro. Saya mendapat juga satu dress batik berkerah (ini yang diwanti-wanti Naya. HARUS ada kerahnya ya ma!) untuk Naya.

Malam itu adalah malam pembukaan yang diadakan di Jogja Expo Center. Letaknya lumayan jauh (ditambah macet pula!) dari hotel tempat saya menginap. Perjalanan menggunakan taksi mencapai hampir satu jam. Di sana ada pertunjukan tari oleh anak-anak yang lucu-lucu, ada pula bintang tamu Ruth Sahanaya. Tapiii, saya sih lebih tertarik untuk berkumpul dan berfoto dengan teman-teman lama.Seru banget!

Hari Selasa tanggal 8 Agustus adalah hari pertama kongres dimulai. Saya sangat bersemangat mengikuti semuanya mulai dari pagi hari hingga sore sampai-sampai tidak sempat pergi ke mana-mana. Buat saya sih, tujuan utama mengikuti kongres di luar kota adalah update ilmu. Sayang kan ya waktu yang terbuang meninggalkan keluarga kalau hanya dipakai jalan-jalan sendiri? Tapi sekali lagi, itu sih saya yaaa hehe.

Sorenya, setelah mengikuti acara kongres hingga selesai, saya terjadwal mengikuti rapat UKK. Rapat berlangsung seru dan diakhiri dengan makan malam. Ada yang lucu deh saat rapat ini. Jadi sebelum rapat dimulai, saya sibuk sendiri dengan teman-teman berfoto-foto serta boomerang-an. Lalu tetiba, saya dipanggil ke depan, diberi microphone dan ditodong untuk menjadi MC. Eaaaaaa. Padahal agendanya apa saja saya tak tahu:)) Untunglah, alhamdulillah semua dapat berjalan lancar.

Rabu pagi hari, saya sudah bersiap-siap kembali ke Surabaya. Sebetulnya, rencana awal saya adalah mengikuti kongres sampai selesai. Tapi karena ada satu acara yang wajib saya ikuti di Surabaya Kamis pagi, maka jadwal kepulangan saya dimajukan. Saya naik kereta Sancaka yang datang dan tiba tepat waktu, bersih, serta nyaman sekali. 2 thumbs up untuk Kereta Api Indonesia! Wah tahu begitu, berangkatnya pun saya mending naik kereta api deh!

Terima kasih Yogyakarta, sampai jumpa tahun depan di Bali! (Doakan saya semoga bisa maju penelitian ya:p)