Wednesday, July 12, 2017

Naya Berlibur

Sejak pertama kalinya berkunjung ke Kidzania, entah sudah berapa puluh kali Naya meminta kami kembali ke sana. Rupanya, pengalaman Naya selama berada di sana sungguh sangat berkesan untuknya. Karena itulah, saya dan suami menjanjikan akan mengajak Naya ke sana lagi saat liburan naik kelas ke kelas 2.

Liburan naik kelas tahun ini bertepatan dengan libur panjang lebaran. Kebetulan sekali, tahun ini saya kebagian tugas jaga kandang sehingga tidak dapat pergi ke mana-mana. Serius lho, selama libur panjang itu, di kala yang lain sedang bersantai-santai, saya tetap datang ke rumah sakit untuk visite. Berhubung ART maupun pengasuh Naya sedang mudik, jadilah setiap hari pula Naya saya ajak berkeliling rumah sakit.

Setelah saya masuk seperti biasa, Naya tetiba mengingatkan saya "Lho, terus kapan kakak ke Kidzania-nya? Kan minggu depan kakak sudah kelas 2?". Saya langsung mengambil cuti 2 hari. Tujuan utamanya sih untuk berlebaran dengan mama. Maklum, saya belum sempat sungkem leba
ran. Tujuan lainnya adalah mengantarkan Naya ke Kidzania dan Pinisi Edutainment Park.

Itinerary kami selama 2 malam di Jakarta diatur sepenuhnya oleh Naya. Bahkan Naya juga yang memilih Pinisi sebagai tempat bermain untuk dikunjungi. Bermodalkan Google dan Youtube, Naya memilah dan memilih tempat hiburan mana saja yang ingin ia kunjungi.

Hari Kamis pagi, kami berangkat pagi menuju bandara Juanda. Pesawat kami tiba dan berangkat ke Jakarta tepat waktu. Kebetulan sepupu-sepupu Naya dari Surabaya pun sama-sama berangkat ke Jakarta untuk berlibur di rumah tante mereka. Jadilah kami bersama-sama naik pesawat. Selama perjalanan saya yang sudah sangat mengantuk gagal menjalankan rencana tidur karena Naya yang mengajak ngobrol terus.

Sesampainya di Halim Perdana Kusumah, kami langsung menuju rumah bude saya untuk bersilahturahmi dan menemui mama. Sementara itu keponakan-keponakan saya dijemput oleh tante mereka. Hari pertama ini rencananya Naya akan bermain seharian di Pinisi Edutainment Park. Kebetulan tempatnya hanya berjarak sekitar 2 Km dari rumah bude saya. Hanya 10 menit dengan bajaj! Btw Naya happy sekali lho naik bajaj hahaha.

Pinisi Edutainment Park adalah tempat bermain dan belajar yang terletak di lantai 8,9 dan 10 Pasaraya Indonesia, blok M. Namanya memang tak seterkenal Kidzania atau Seaworld dan Dufan, tapi tempatnya lumayan banget lho! Naya sih malah lebih suka di sini daripada di Kidzania!

Dibangun dengan latar kota pelabuhan (dan kapal yang besaaaaar banget!), ada beberapa area bermain di Pinisi. Area playground untuk toddler, kemudian carousel, 4D simulator, wall climbing, flying fox, becak riding sampai choo-choo train. Selain itu ada juga kelas-kelas yang menawarkan pelajaran singkat terkait budaya pada anak. Ada kelas membatik, vokal, gamelan, mendalang sampai menari daerah. Ada juga kelas seni kriya, menghias layangan dan membuat wayang.
Batik karya Naya

Tiket masuk ke Pinisi adalah seharga Rp. 190.000,00 (untuk masa liburan)/anak, sedangkan pendamping dewasa seharga Rp. 140.000,00. Bisa digunakan sepuasnya. Di sana juga ada planetarium dan pertunjukan teater lho! Benar-benar puas deh menghabiskan waktu di sana. Apalagi mungkin karena hari kerja, pengunjung yang datang dapat dihitung dengan jari. Tidak ada antrian, dan Naya berulang kali mengulang main mainan yang ia suka. Saya (dan mama) sampai gempor menunggu Naya yang tak kunjung minta pulang:p

Sekitar jam 3 sore, Naya mulai lelah dan minta pulang ke hotel. Selama di Jakarta, kami menginap di Hotel Ambhara, blok M. Saya memang sengaja memilih hotel yang berdekatan dengan Pasaraya dan Pacific Place. Hotelnya klasik, ternyata sering digunakan pejabat untuk mengadakan acara yaa. Saya sempat melihat ada Anies Baswedan, Sandiaga Uno dan Neno Warisman membuat acara di situ.

Sampai di hotel, karena kami  sudah sama-sama lelah, sehabis mandi dan menyantap Bakmi GM hasil kiriman Go-Food, kami tidur mulai setengah tujuh dan baru bangun keesokan paginya.. pukul 06.30! Hahaha serius capek bukan main!

HAri kedua, rencana saya adalah mengantarkan Naya ke Kidzania. Saya sudah membelikan tiket dari jauh hari sebelumnya, dan shift yang didapat adalah shift 1, mulai jam 9 sampai jam 2 siang. Alhamdulillah, kali ini Naya tak sendirian karena sepupunya dari Surabaya pun ikut bermain di Kidzania. Naya memulai permainan di Kidzania dengan bekerja di Indomaret, lalu menjadi tukang cat di Nippon Paint, pembuat roti di Sari Roti, housekeeper di Royal Hotel, pemadam kebakaran, pilot di Garuda Indonesia, penari di tempat disko, pembuat cokelat di Silverqueen, hingga menjadi polisi. Total Naya bermain hingga 11x! Puas banget kan tuh? Emaknya aja sudah super gempor:p
Polisi-Apoteker-Housekeeper
Supermarket-Pilot-Disko

Painter-Breadmaker-Firefighter

Sepulang dari Pacific Place, Naya rupanya masih ingin berenang di hotel. Baru setelahnya, kami packing karena Sabtu pagi kami sudah harus kembali ke Surabaya.

Semoga Naya ingat terus yaa liburan singkat ini. Saat saya tanya dia bilang "Thank you mama! Kidzania shows me about so many jobs. I think its very useful for me to think what will i do when i grow up later. But i love Pinisi too, because i can learn to be brave there. To try the flying fox and others."

Sayang ya, waktu saya kecil dulu belum ada tempat main seperti ini. Yaaah sirik deh! Hahaha.