Tuesday, March 1, 2016

Pasca Operasi Gigi

Masih menceritakan pengalaman saya setelah operasi gigi geraham, malam setelah tindakan, saya tak bisa tidur. Sakit? Jujur tidak. Tapi kedua pipi saya terasa tebal dan tak nyaman. Saya tak bisa tidur walaupun sudah sangat mengantuk.

Gelisah pindah posisi tidur, saya tetap tak berhasil terlelap. Sampai rupanya tertidur sendiri, dan kaget setengah mati saat terbangun karena..lhooo kok banyak darah tumpah ke baju. Saking hebatnya efek obat bius, saya masih tetap tak merasakan apapun.

Menghabiskan sekitar 15 menit untuk mencuci baju yang kotor, berkumur dengan obat kumur, dan menaruh kasa di dalam mulut untuk menghentikan perdarahan, saya kembali berusaha tidur. Tapi jreeeeng, sepertinya efek obat bius berkurang karena saya mulai merasakan sakit. Langsung saja saya minum obat penahan sakit.


Pagi harinya, saat bangun, kedua pipi saya bengkak saudara-saudara, persis seperti sedang mengemut makanan di pipi. Sebetulnya saya tak merasa lapar sama sekali, boro-boro deh terpikir makan. Tapi karena saya akan mengkonsumsi obat yang harus diminum setelah makan, saya paksakan diri untuk makan. Menunya adalah bubur halus polos. Tanpa cakue kesukaan saya, daging atau sambal. Selama masa penyembuhan memang saya dilarang mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas atau yang hangat. Sebisanya, minum minuman dingin.

Saya tak merasakan buburnya, langsung asal telan saja. Yang penting bisa minum obat deh. Setelah itu, saya bersiap-siap bekerja. Jadwal saya hari ini lumayan padat dari pagi sampai sore. Sudah dag dig dug takut kesakitan sehingga pekerjaan terganggu tapi alhamdulillah, saya tidak merasakan sakit yang berarti. Semoga jangan sampai ya:p

Ada beberapa anjuran dokter yang harus saya patuhi pasca operasi gigi ini. Saya share di sini ya, siapa tahu ada yang perlu:)

1. Tidak diperbolehkan berkumur atau menghisap luka karena bisa memicu perdarahan.
2. Bagian luar daerah yang telah dioperasi dikompres dengan es selama setidaknya 2-3 hari untuk mengurangi perdarahan dan pembengkakan. Makanya, kemana-mana, saya siap dengan blue ice yang sudah dibekukan untuk mengompres pipi:D
3. Hindari makan dan minum panas.
4. Sebaiknya makan makanan yang lunak.
5. Tetap menggosok gigi, dan hanya menggunakan air masak atau air kemasan. (Tidak dianjurkan menggunakan air PDAM)
6. Setelah makan, mulut direndam menggunakan obat kumur anti septik. Tidak boleh digunakan berkumur.
7. Makanan seperti sambal atau terasi sebaiknya dihindari.

Oh ya, tahu tidak, sebelum dan sesudah operasi, anak gadis saya so sweet sekali deh. Sebelum operasi, ia khawatir sekali sampai menangis.
"Mama how if you feel hurt?"
"Mama, i dont want you to be hurt"
"Mama, are you sure its a good idea to have your teeth surgery?"

Kemudian, saya dielus-elus, dipijati, ditawari minum sampai dicium-cium. Katanya, supaya mama tak kesakitan. So sweet banget kan?

Naya juga berdoa yang tanpa sengaja terdengar oleh saya.
"Ya Allah, semoga mama engga menangis ya. Lancarkanlah potong giginya mama, jangan sampai kesakitan ya Allah. Thank you Allah."

:')

Semoga memang tak sampai terasa sakit ya, saya takut sendiri nih jadinya:p

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...