Friday, December 20, 2013

2013 In Review

Walaupun masih ada beberapa hari lagi sebelum 2013 habis dan berganti, sepertinya saya sudah mempunyai satu kata yang tepat untuk menggambarkan tahun ini.

Awesome. Yes it is!

2013 buat saya adalah tahun yang memberikan banyak kesempatan baru, pengalaman dan pelajaran. Well, sebenarnya tahun ini diawali peristiwa engga mengenakkan sih, tapi Alhamdulillah diikuti banyak kejadian menyenangkan setelahnya.

Saya memulai tahun 2013 dengan terkena demam berdarah –untuk yang kesekian kalinya. Darn you aedes aegypti!-. To make it worse, suami saya sedang bertugas di luar pulau, babysitter dan ART juga terkena penyakit yang sama. Bahkan warnen-ART pengganti- yang saya pesan karena seisi rumah opname di rumah sakit tak ketinggalan sakit demam berdarah juga-_-“ Semacam bedol desa ke rumah sakitlah judulnya. Sedih banget. Hikmahnya, saya jadi lebih care menjaga kebersihan lingkungan. Engga mau lagi deh kejadian kayak gini terulang.

Di tahun ini pula, saya berkesempatan menjadi cover majalah Ayahbunda bersama Naya. Biarpun bukan pertama kalinya, tetap saja ini merupakan pengalaman berharga yang benar-benar menjadi highlight of the year. Selain itu, saya juga dipercaya mengikuti pemotretan untuk fashion spread di majalah yang sama dengan Naya. Terimakasih ya Ayahbunda buat kepercayaannya. Boleh lho kalau mau ajak foto-foto lagi. #eaaaaaa :) Ayahbunda juga masih memberikan kesempatan buat saya menjadi blogger di official website-nya.

Ngomong-ngomong soal majalah, kalau saya ingat-ingat, sepertinya tahun ini saya lumayan sering nongol di media cetak deh. Selain Ayahbunda, saya sempat “mejeng” di harian Jawa Pos sebanyak 4x tahun ini, dua diantaranya liputan khusus lebih dari satu halaman. Majalah Farmacia dan Citymagz juga pernah menampilkan profil saya di halaman mereka. Benar-benar pengalaman menyenangkan buat saya yang notabene penggila majalah;)

Kesempatan lain yang saya dapat di tahun ini adalah menerbitkan buku yang keempat (atau kedua jika self-published dihitung). Alhamdulillah. Padahal sejujurnya, sewaktu buku terakhir saya terbit tahun 2008 lalu, saya sudah pesimis bakal membuat buku lagi. Apalagi waktu saya diterima menjadi PPDS dan mempunyai anak. Saya pikir “Boro-boro menulis buku, buat tidur setiap hari saja susah minta ampun kok.”. Tapiii, Alhamdulillah ternyata bisa juga;)

Saya senang sekali karena respons terhadap buku terbaru lumayan hangat. Buku saya diresensi oleh berbagai media seperti majalah Ayahbunda, Femina, tabloid Mom and Kiddie, Detik.com, Mommiesdaily, dan lain-lain. Banyak juga blogger yang berkenan mereview buku ini. Happy! Sesungguhnya kepuasan terbesar saya adalah saat buku dibaca dan dikomentari orang lain, baik atau buruk:D

Beralih ke soal keluarga, setelah 2 tahun yang penuh rintangan, hambatan, gangguan –halah-, di 2013 saya berhasil menunaikan kewajiban memberikan ASI bagi Naya.  Ini pun menjadi highlight of the year saya. Terdengar lebay? Biarin ah:p Pembenaran saya, wajar dong lebay wong usaha buat tetap bisa menyusuinya juga lebay:p Selain itu, saya cukup bahagia karena bisa meluangkan waktu untuk berlibur bertiga dengan suami dan Naya ke Taman Safari Indonesia, serta sempat mudik ke tempat kelahiran saya. Happiness overload!

Untuk urusan “sekolah”, saya cukup senang karena tahun ini berhasil menyelesaikan jurnal-jurnal ilmiah, tugas wajib ilmiah sampai proposal penelitian. Tinggal hasil penelitiannya saja nih yang belum. Semoga awal 2014 bisa segera terselesaikan. Doain ya! Oh ya, saya sempat juga sedih bukan main saat sampel penelitian yang sudah terkumpul dengan susah payah, rusak dan harus dibuang. Sedihnya minta ampun! Otomatis saya harus memulai penelitian dari awal lagi. Patah hati juga kalah deh rasanya:(  Hikmah dari kejadian ini, saya jadi lebih berhati-hati dalam bekerja dan tidak gampang mempercayai orang lain untuk mendelegasikan tugas. Selama bisa dikerjakan sendiri, sutralah, kerjakan sendiri saja:D

Tahun ini untuk pertama kalinya, saya berkesempatan dinas di luar kota sebagai dokter anak. Selama dua bulan, saya bertugas di Balung, Jember. Satu tempat yang bahkan belum pernah saya dengar sebelumnya. Menyenangkan sekali, karena banyak pengalaman baru yang saya dapat. Alhamdulillah.

Di 2013 pula, -akhirnya:p- suami saya dapat menyelesaikan sekolah dan resmi menyandang gelar Sp.OG. Satu beban di pundak kami hilang, tinggal istrinya saja nih yang belum. Ingin hati sih tahun depan, tapi sepertinya engga mungkin ya hahaha secara cuti saja satu tahun:p

Masih ingat dengan resolusi saya tahun lalu? Alhamdulillah, saya rasa sudah tercapai. Tahun ini saya berusaha sebisa mungkin untuk tidak menjudge orang lain, berupaya melihat segala sesuatu dari sisi yang berbeda. Efeknya besar lho! Saya jadi terbiasa positive thinking setiap waktu. Entah ada hubungannya atau tidak, tapi saya merasa hidup saya lebih positif pula. Mungkin benar kata ungkapan,  positive minds live positive lives. Think positive, be positive and positive things will happen;)

Overall, sekali lagi, 2013 adalah tahun cemerlang untuk saya. Menyenangkan, positif,  penuh hikmah dan bisa jadi adalah one of the best year in my life:)

Thank you, 2013!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...