Thursday, June 27, 2013

Baby Spa

Saat ini banyak Baby Spa yang menawarkan layanan pijat untuk bayi. Sebenarnya penting enggak sih? Beberapa riset membuktikan bahwa pijat bayi dapat meningkatkan berat badan bayi, membantu mengurangi gejala kembung dan kolik sehingga membuat bayi dapat tidur nyenyak. Selain itu, pijat bayi juga dikatakan dapat membantu proses perkembangan sejumlah organ tubuhnya. Daripada membayar mahal untuk layanan pijat bayi, kita bisa lho memijat bayi kita sendiri. Selain lebih irit tentunya, kegiatan ini dapat meningkatkan bonding antara ibu-anak.
Waktu yang dianjurkan untuk pijat bayi adalah sesaat sebelum mandi sore. Diharapkan setelahnya, bayi akan merasa rileks dan tertidur nyenyak sepanjang malam.
1. Jangan lupa untuk memotong pendek kuku kita. Jangan sampai kulit bayi yang super sensitif tergores atau bahkan tercakar secara tidak sengaja.
2. Jangan memijat bayi saat baru selesai makan atau menyusu untuk menghindari muntah.
3. Selama memijat, ajaklah bayi mengobrol sambil kontak mata.
4. Gunakan minyak yang khusus untuk bayi atau baby oil agar kulit tidak teriritasi.

Gerakan pijatnya kurang lebih seperti ini:

Kaki : Pijet telapak kaki dari arah tumit ke jari kaki. Remas jari satu persatu. Pijet punggung kaki, mulai dari mata kaki sampai ke jari kaki.

Paha dan Betis : Pegang kedua paha bayi dengan kedua tangan kita. Putar dari dalam ke luar sambil bergerak turun menuju betis. Kembali ke atas dengan gerakan sama.

Dada : Telapak tangan terbuka ke tengah dada bayi, lalu geser menyilang ke kanan atas, kemudian kembali ke tengah, ke kiri atas, kembali ke tengah. Kiri bawah, kembali ke tengah, kanan bawah, kembali ke tengah.

Perut: Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I - L - U terbalik. Berikut tahapan memijat:
- Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I)
- Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
- Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

Tangan : Pijat dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan,. Kemudian kembali memijat dari tangan ke pangkal lengan.

Wajah :Pijat mulai dari tengah menuju samping kiri, kemudian tengah menuju samping kanan.
Oh ya, buat yang masih bingung memilih baby oil untuk kegiatan pijat bayi ini, bisa lho mencoba Allano Baby Massage Oil yang terbuat dari mineral alami, Organic Olive Oil serta tambahan vitamin E yang tidak hanya dijamin aman bagi kulit, namun juga dapat merawat kelembutan dan kelembaban kulit bayi.

Ngomong-ngomong soal Allano, buat yang mempunyai anak dibawah 3 tahun, bisa juga ikutan kontes foto Allano Baby dengan klik www.sehatplus.com/allanobaby sampai 20 Juli 2013. Hadiahnya seru deh!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...