Friday, February 3, 2017

Amandel Pada Anak


Sering kali kita mendengar ada anak mengalami radang pada amandel. Atau malah yang paling sering, disebut dengan "sakit amandel". Sebetulnya apa sih "sakit amandel" ini? Ini adalah tulisan hasil wawancara saya dengan Mommies Daily. Semoga berguna!
1. Mengapa anak-anak sering mengalami radang yang terjadi pada tonsil atau amandel?
Tonsilitis atau radang pada tonsil (amandel) memang sering sekali ditemukan pada anak-anak terutama yang berusia berusia 3-7 tahun.  Di usia ini, anak-anak memiliki tonsil/amandel yang ukurannya lebih besar daripada tonsil dewasa atau anak yang lebih tua. 

2. Biasanya, radang amandel pada anak dialami ada rentan usia berapa?
Radang amandel ini biasanya terjadi di usia 3-7 tahun.
3. Apa yang meyebabkan terjadinya radang atau amandel ini?
Secara garis besar dapat dibedakan menjadi infeksi bakteri dan virus (yang paling sering).

4. Bagaimana dengan gelala awalnya, apa yang perlu diwaspadai oleh orangtua?
Gejala tonsilitis sangat bervariasi, namun yang paling umum adalah nyeri tenggorok, kemudian diikuti oleh demam. Bisa juga teraba benjolan di leher, muntah-muntah, lemah lesu, mulut bau, sampai tidak mau makan.
5. Kapan radang atau kasus tonsillitis ini dikatakan berbahaya atau tergolong serius?
Pada kasus yang jarang, tonsilitis dapat menyebabkan pembengkakan yang menimbulkan kesulitan bernapas. Infeksi yang tidak teratasi juga dapat menyebabkan infeksi menyebar jauh ke jaringan sekitarnya, (tonsilar cellulitis)  bahkan sampai bernanah (abses tonsil). Selain itu, kasus tonsilitis pun dapat memberikan komplikasi lain yang tak kalah serius.Misalnya menyebabkan gangguan pada jantung (demam rematik), atau penyakit ginjal.
6. Ketika kondisi radang sudah serius, bagaimana dengan pengobatannya? Apakah harus dioperasi atau ada cara lain yang bisa ditempuh?
Tergantung kondisi serius yang seperti apa. Selalu konsultasikan pada dokter untuk mengetahui apakah diperlukan tindakan operasi.
7. Kapan randang amandel ini harus diangkat/ dioperasi?
Tonsilektomi (pengangkatan amandel) biasanya dilakukan untuk mereka dengan tonsilitis kronis, tonsilitis berulang, tonsilitis yang tidak memberi respon pada obat-obatan, serta tonsilitis yang menimbulkan komplikasi.
8. Sebenarnya apakah radang amandel ini bisa dicegah?
Karena tonsilitis ini sangat menular, slelau ajarkan anak untuk mencuci tangan secara rutin. Jika ada anggota keluarga yang terkena, isolasi dan jauhkan dari anak.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...