Saturday, February 11, 2017

Lebih Produktif

Setiap malam sebelum tidur, sejak kecil sampai sekarang saya memiliki kebiasan berefleksi. Eh refleksi di sini bukan berarti pijat ya hehe, tapi lebih ke mengevaluasi diri sendiri.  Apa saja yang sudah saya jalani di hari itu, apa yang saya buat, kebaikan apa yang saya lakukan, keburukan apa yang telah saya lewati, dan sebagainya.

Tentu refleksi ini berbeda jauh saat saya masih kecil dengan sekarang. Kalau dulu sih paling berkutat di tugas atau ujian sekolah saja. Tapi menginjak dewasa, banyak hal yang masuk ke dalam daftar untuk dievaluasi setiap malam hari buat saya. Salah satu yang membuat saya seringkali merasa kecewa tehadap diri sendiri adalah kalau merasa diri ini kurang produktif di hari tersebut.



Produktif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online adalah bersifat/mampu menghasilkan, mendatangkan manfaat, mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur. Buat saya sendiri, produktif itu tentu bukan selalu berarti materi. Tapi lebih ke personal enrichment. Misalnya saja saya mampu mengajari koass mengenai status nutrisi. Secara materi sih, tentu tidak menghasilkan apa-apa, tapi saya senang sekali karena insyaAllah ilmu tadi akan dapat berguna untuk orang banyak. Contoh lain misalnya, saya berhasil menulis artikel ilmiah dengan bahasa sederhana yang semoga dapat bermanfaat bagi para orang tua. Dan sebagainya dan sebagainya.


Kenapa saya menekan diri sendiri untuk selalu produktif? Tak lain dan tak bukan karena saya merasa waktu sangat berharga. Sayang sekali jika 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 4 minggu sebulan itu terlewatkan tanpa manfaat.

Nabi bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933]

Saya sedang berusaha sekuat-kuatnya untuk tidak tertipu pada kedua nikmat ini. Soal kesehatan, saya mulai merutinkan diri berolahraga setidaknya seminggu tiga kali (terlihat lebih langsing kan saya?:p), sedangkan untuk waktu, refleksi setiap malam ini membantu sekali buat saya.

Ada yang masih bingung, bagaimana bisa menjadi lebih produktif? Ini tips ala saya;)
1. Be organized, be prepared.
Saya selalu mengatur apa saja yang akan saya lakukan setiap hari dengan teratur. Jam sekian sampai jam sekian waktunya mengajar, jam sekian sampai jam sekian praktik,lalu jam sekian sampai jam sekian mengantar Naya, dst. Dengan menulis detail, saya jadi mengetahui kira-kira apa saja yang akan saya hadapi di hari tersebut dan dapat mempersiapkan diri dengan baik.

2. Always on time.
Karena memang latar belakang dari menjadi produktif ini adalah untuk menghargai waktu, saya juga harus berusaha selalu tepat waktu. Makanya jangan heran kalau saya suka jutek sama yang sering ngaret. I mean, if you want to screw your own time, its your problem, but please dont ruin mine too!

 3. Sleep early, wake up early.
Yang ini terkadang agak sulit ya hehe. Apalagi kalau ada pasien yang dirawat dalam keadaan emergency. Tapi sebisanya, saya selalu berusaha untuk tidak tidur terlalu malam, dan bangun pagi hari. Badan fresh, pikiran fresh, jadi lebih gampang fokus.

4. Avoid procrastination.
Untungnya, saya bukan orang yang suka menunda pekerjaan. Jadi ini sih bukan masalah untuk saya. Begitu ada pekerjaan, saya akan langsung berusaha mengerjakannya selagi bisa.

5. Set your priority.
Family always comes first. Tapi setelahnya, bisa berganti tergantung keadaan hehe. Yang pasti, konsekuenlah dengan prioritas yang sudah disusun diri sendiri.

Semoga berguna ya!


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...