Sunday, February 12, 2017

Lingkar Kepala Bayi


Berikut adalah hasil wawancara saya dengan Detik Health mengenai lingkar kepala bayi. Banyak yang masih mengira bahwa kepala besar berarti kelak akan pintar. Sebetulnya, benarkah begitu?
Dibaca dulu yaa:)
 
1. Ukuran lingkar kepala bayi baru lahir idealnya berapa Dok? Apakah ada beda laki-laki dan perempuan? Lingkar kepala dipengaruhi oleh cukup bulan/tidak dan jenis kelamin. Bisa dilihat di grafik ini yaa.


Untuk bayi cukup bulan lelaki mulai 32-38 cm, sedangkan bayi cukup bulan perempuan mulai 31-37 cm.

2. Apa dampaknya jika bayi lahir dengan kepala lebih kecil dari ukuran normal? Apakah ini akan berpengaruh pada kecerdasan dan perkembangan tumbuh kembangnya kelak? 
Lingkar kepala di bawah -2 SD pada grafik disebut mikrosefali atau lingkar kepala kecil. Ini bisa disebabkan karena infeksi saat kehamilan seperti TORCH, kelainan kromosom atau genetik atau asupan ibu yang kurang. Pengaruh pada tumbuh kembang kelak akan sangat tergantung dari apa penyebabnya.

3. Apa yang menyebabkan bayi memiliki ukuran lebih kecil dari ukuran normal? Selanjutnya apa yang perlu diperhatikan atau dilakukan orang tuanya pada bayi dengan lingkar kepala kecil? 
Sudah ditulis di atas ya mbak. Yang perlu dilakukan tentunya memeriksakan bayi segera ke dokter untuk mengetahui kira-kira apa penyebabnya.

4. Sebaliknya apa penyebab ukuran lingkar kepala lebih besar dari rata-rata Dok? Apa dampaknya?
Jika lingkar kepala lebih besar (pada grafik di atas 2SD), disebut makrosefali biasanya disebabkan karena adanya cairan dalam otak yang berlebihan atau hydrocephalus.

5. Apa yang perlu diperhatikan orang tua saat bayinya lahir dengan ukuran kepala lebih besar?
Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.

6. Perkembangan ukuran kepala bayi yang normal dari bulan ke bulan berapa ya Dok? Apakah lingkar kepala di batas atas ukuran normal berarti punya otak besar dan berbanding lurus dengan kecerdasannya?  Lingkar kepala akan bertambah 2 cm/bulan pada usia 0-3 bulan, lalu di usia 4-6 bulan bertambah 1 cm/bulan dan 6-12 bulan sekitar 0.5cm/bulannya. Sampai usia 5 tahun biasanya sekitar 50 cm. Ukuran kepala tidak ada hubungannya dengan kecerdasan bayi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...