Friday, April 19, 2013

Sugeng Rawuh di Balung


Sudah beberapa hari ini saya ditugaskan di RS Balung, Jember. Rumah sakit ini jaraknya kurang lebih 30 km dari kota Jember.

Pertama kali mengetahui saya ditugaskan ke sini untuk satu bulan, saya galau luar biasa. Saya engga pernah berpisah dengan Naya lebih dari 2x24 jam. Engga pernah. Saya yakin, kalau saya dinas sebulan berjauhan sama Naya, pasti emaknya Naya ini yang lebih cengeng dari anaknya:p

Daripada bekerja tanpa gairah dan ingat Naya terus, akhirnya Naya saya ajak dengan nannynya untuk menemani saat saya bertugas. Eh di last minutes, ART saya pun bilang ingin ikut kami pergi karena engga berani di rumah sendirian-_-“
Jadilah saya berangkat boyongan ke Jember.

Jauh-jauh hari sebelumnya, saya sudah rajin bilang ke Naya bahwa kita akan pergi sementara ke Balung. Waktu itu reaksi pertama Naya adalah bertanya “Ada mall-nya ma? Kaya Galaxy?” :) #anakmallunited

Setelah jauh hari sebelumnya sibuk packing, saya mengajak Naya naik kereta api ke Jember. Tepatnya stasiun Rambipuji. Kereta api yang tersedia adalah Mutiara Timur malam yang berangkat sekitar pukul 21.30 dan tiba di stasiun Rambipuji pukul 01.30. Keretanya sendiri saya pilih kelas eksekutif demi kenyamanan. Harga tiketnya Rp. 80.000,00/seat namun untuk anak kecil hanya membayar 10%nya.  AC-nya lumayan dingin, gerbong keretanya pun cukup bersih. Sayangnya, selama perjalanan Naya engga bisa tidur karena bolak/I tukang menjajakan makanan/minuman/bantal/selimut/entah apalagi datang mondar/i. Ini agak mengecewakan sih buat saya. Harus ya 5 menit sekali ditawari makanan, minuman, oleh-oleh, bantal tambahan, selimut tambahan? Secara ini tengah malem gituh lhoooo. Bukan waktunya orang makan/minum, tapi tidur.

Tampang super excited.

Keretanya SIIIIP ma!
Naya sendiri awalnya excited sekali karena akan naik "Thomas". Sebelumnya, Naya sudah rajin bernyanyi "Naik kereta apiiii..." pokoknya senang banget! Tapi lama-lama karena engga bisa tidur itu-thx to bapak-bapak kursi sebelah yang ngoroknya masyaAllah ngalahin suara lenguhan kudanil-, jadilah cranky.

Sesampainya di Rambipuji (saya bela-belain engga merem karena takut stasiunnya terlewat. Menurut teman saya, keretanya berhenti sebentar saja saat di Rambipuji.) kami dijemput oleh pihak rumah sakit dan diantarkan ke mess. Mobil pribadi saya sudah sampai sebelumnya diantarkan supir:)
Saya memang sengaja membawa mobil pribadi karena anjuran teman-teman supaya bisa dengan mudah bepergian ke Jember.

Balung sendiri adalah suatu kecamatan kecil yang menurut saya relatif sepi. Jangankan mall, satu-satunya ‘hiburan’ saya disana adalah Indomaret yang letaknya lumayan dekat dari RS. Bahkan saluran televisi yang tertangkap hanyalah Jtv Jember, tv lokal. Terkadang kalau sedang beruntung, ada sih Trans Tv atau Indosiar, namun dengan gambar yang kalau dipaksakan menonton pasti merusak mata dan tidak ada suaranya:/

Menurut teman-teman saya yang sudah dinas disini terlebih dahulu, cuaca Balung panas. Tapi saat saya disini, kebetulan hujan hampir setiap hari mengguyur Balung sehingga rasanya adem sekali. Naya sejak disini kerjanya makaaaaaaaan terus hahaha.

Karena saya kurang terbiasa dengan suasana yang jauh dari hingar bingar kota besar, awalnya saya engga betah sama sekali. Asli mati gaya. Tapi lama-kelamaan ya terbiasa juga. Saya sering mengajak Naya keliling-keliling naik becak demi melihat sapi –Naya happy banget ngeliat sapi beneran!- dan lumbung serta orang-orangan sawah. Kalau sedang benar-benar bosan –yang seringkali terjadi- saya langsung menyetir menuju kota Jember. Dibandingkan dengan Surabaya sih yaaa memang jauh, tapi setidaknya ganti suasana deh!

Oh ya, di Balung ini sinyal saya susaaaaaah sekali didapat. Kadang bisa, tapi lebih sering engganya. Jangan ditanya sinyal internet. Makanya, kalau ada yang bertanya-tanya kenapa juga saya jarang update blog GeeR- itu dia jawabannya.
Saya masih sering menulis tapi karena engga ada sinyal, engga bisa langsung upload. Nanti saya upload borongan yaaa..

Rumah Sakit Balung adalah rumah sakit tipe C yang ternyata jauuuuh lebih besar dari apa yang saya bayangkan sebelumnya. Pasien yang datang pun beragam, dan banyak dokter spesialis yang menangani. Mulai bedah, obgyn, saraf, mata, radiologi, ada lho disini!

Nanti saya ceritakan lebih lengkapnya lagi yaaaa:D

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...