Wednesday, March 14, 2018

Online Shopping, MyPUP dan VUmc

Who doesn't like online shopping?
Di Indonesia, sepanjang tahun 2016 saja ada 24,73 juta orang yang melaksanakan belanja secara online. Saya? Jangan ditanya. Sejak mengenal belanja online, hampir tidak pernah lagi berbelanja secara offline. Lebih praktis, hemat, dan mudah sih! Saya yakin banyak juga orang selain saya yang lebih menggemari belanja online.
Sumber: MyPUP

Di Belanda pun ternyata demikian. Para penduduk Belanda yang jam kerjanya lumayan panjang (dari jam 8-17) mengaku lebih suka berbelanja online. Saat weekend, mereka biasanya malas kalau harus berbelanja ke pusat kota karena ramai turis yang berkunjung. Apalagi kalau cuaca sedang tidak mendukung. Jadi, belanja online sajalah. Masalahnya, tidak seperti di Indonesia, apartemen atau hunian lain di Belanda kebanyakan pasti kosong saat jam kerja, jam-jam dimana paket diantar. Kalau di Indonesia, ada ART, bisa dititipkan ke tetangga dsb. Nah, di Belanda, semua orang bekerja atau sekolah saat jam kerja. Tetangga? Boro-boro kenal haha. Lalu bagaimana?



Jawabannya saya temukan saat mencoba berbelanja online di sini. Karena barang yang ingin saya beli berasal dari Jerman, biaya kirimnya akan menjadi jauh lebih murah jika dikirim oleh ebay ke Belanda daripada Indonesia. Saya putuskan untuk berbelanja online, dengan pengiriman barang ke alamat apartemen saya di Belanda. Mumpung saya masih di sini juga:D

Evelien, rekan saya menjelaskan bahwa di Belanda ada MyPUP atau My Pick Up Point, yang tersebar di berbagai instansi, perkantoran bahkan kampus. MyPUP ini pada dasarnya adalah loker berpassword. Caranya juga mudah sekali. Pertama, tinggal buka web dan registrasi. Saat registrasi, kita bisa memilih loker di daerah mana yang akan menjadi Pick Up Point. Karena lokasi bekerja saya setiap hari adalah di AMC, maka saya memilih AMC.

Kemudian setelah itu silakan berbelanja online di web yang diminati. Nah, biasanya kan setelah berbelanja kita akan dimintai nama serta alamat. Ada format khusus untuk nama. Nama depan diisi dengan MyPUP, sedangkan nama belakang diisi dengan username kita saat registrasi di MyPUP. Sebagai contoh, nama saya di alamat pengiriman akan menjadi : MyPUP metahanindita. Isi alamat dengan alamat kantor MyPUP. Selesai deh!
Yay paket saya sampaaai!

Saat barang dari ebay tiba di kantor MyPUP, kita akan mendapatkan email notifikasi dari MyPUP. Tak lama setelahnya, datanglah email notifikasi berikut yang berisi nomor loker kita serta passwordnya. Tinggal datang ke lokasi loker, masukkan password serta nomor loker, kita bisa mengambil barang kita. Gratis! Asyik yaaa? Mungkin ada nih yang terpikir membuat hal serupa di Indonesia?

Ngomong-ngomong, kemarian seharian saya menghabiskan waktu di RS pendidikan lain di Amsterdam, VUMC alias Vrije Universiteit Medical Centre. Rumah sakit ini lebih kecil dibanding AMC namun lebih modern desainnya. Sepertinya bangunannya memang lebih baru sih. Per Juni 2018 ini, AMC akan bergabung dengan VUMC menjadi satu rumah sakit yang sampai sekarang namanya pun masih dirahasiakan.

Source: Google
Jaraknya tidak terlalu jauh dari AMC, sekitar 10 km saja. Namun sempat membuat saya tersesat hahaha. Maklumlah ya, namanya juga di lingkungan baru. Di VUmc ini saya bekerja sebagai dokter anak konsultan penyakit metabolik. Pasien yang terdaftar di poli hanya 3 pasien. Tidak terlalu banyak ya? Ada kasus VLCAD atau Very long-chain acyl-CoA dehydrogenase, Carnitine Transporter Deficiency, dan Isovaleric Acidemia yang saya dapatkan. Ada pula 1 konsulan dari ICU, seorang anak bayi dengan hypertrophic cardiomyopathy, dicurigai sebagai noonan's syndrome, tapi ternyata analisis genetiknya lebih menyerupai penyakit metabolik Pompe's Disease. 
Sumber: VUmc

Di luar kasus-kasus tersebut, saya berkesempatan berkeliling rumah sakit untuk melihat ruangan anak. Lucu banget deh desainnya. Sayang, saya tidak diperbolehkan memotret. Mungkin nanti kalau name badge saya sudah jadi, saya foto-foto deh yaa. 


Besok, saya akan mengikuti pelatihan untuk nutrisi parenteral di Rotterdam selama 3 hari. Seru? Semoga yaa, tunggu ceritanya!:D

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...