Thursday, February 11, 2016

Memperpanjang SIM dan STNK

Beberapa hari lalu, saat mengemudi pulang dari mengajar, mobil yang saya naiki dihentikan polisi di pinggir jalan. Rupanya sedang ada razia kelengkapan surat-surat di sana. Saya sih santai saja karena yakin surat-surat yang saya bawa lengkap.

Betul sekali, karena pak polisi langsung mengembalikan SIM dan STNK setelah saya tunjukkan. Ada tambahan dari beliau yang mengingatkan, "Mbak, minggu depan sudah habis nih SIM dan STNK-nya. Jangan lupa diperbaharui ya!"

Saat saya baca SIM dan STNK saya, wah benar. Ternyata keduanya habis minggu depan. Saya malah lupa sama sekali lho! Terimakasih sudah mengingatkan saya pak!

Begitu sampai di rumah, hal pertama yang saya lakukan adalah browsing bagaimana cara memperpanjang SIM. Maklum, saya belum pernah memperpanjang SIM di Surabaya. Sebelumnya, saya selalu memperpanjang di Bandung. Hasil browsing saya menunjukkan kalau memperbaharui SIM dapat dilakukan di berbagai SIM Corner yang tersebar di seluruh kota Surabaya. Beberapa tempat di antaranya adalah mal seperti Tunjungan Plaza dan PTC.


Karena saya sudah malas duluan membayangkan jauhnya Colombo, belum lagi antrinya, saya memutuskan untuk memperpanjang SIM di Tunjungan Plaza. Satu-satunya persyaratan yang harus dibawa adalah fotocopy KTP dan SIM yang masih berlaku.

Saya tiba di Tunjungan Plaza tepat pukul 10.13 WIB. Saya memang sengaja datang pagi hari begitu mall buka agar tidak mengantri terlalu panjang. Sim Corner di TP ini terletak di TP 1, bersebelahan dengan BCA di dekat playground anak lantai Underground.

Saya lumayan terkejut melihat antrian yang sudah tampak mengular. Bayangkan, walaupun baru buka 13 menit saat saya hadir, saya sudah mendapat nomor antrian ke-127! Oh ya, first thing to do begitu sampai di sini adalah mengambil nomor antrian. Tunggu punya tunggu, ternyata antrian berjalan dengan sangat cepat. Saat nomor antrian dipanggil, tunjukkan pada staff yang bertugas di sana SIM lama kita, kemudian bayar. Saya hanya memperpanjang SIM A sehingga dikenai biaya Rp. 55.000,00. Setelah itu, pemeriksaan kesehatan dimana ada petugas yang memeriksa dengan tes Ishihara atau tes buta warna. Selesai semua, petugas memberikan formulir untuk diisi. Setelah mengisi formulir, bayar di booth BRI yang ada di sana, lalu tunggu untuk foto. Sekitar 5 menit menunggu, jadi deh SIM-nya! Saya tak menyangka lho cepat juga prosesnya. Total lamanya mulai saya datang sampai SIM selesai sekitar 20 menit saja.

Saya juga memperpanjang STNK di Samsat Corner yang letaknya di Galaxy Mall, hanya 5 menit saja. Hehe, saluuuut deh dengan kesediaan pemerintah untuk mempermudah masyarakatnya dalam hal ketertiban administrasi. Oh ya, sewaktu di SIM Corner, petugasnya mengingatkan saya juga. "Eh mbak, KTP-nya mau expired ya minggu ini".

Yasalaaaam, saya teteuuup tak menyadari. Hahaha, baiklah PR selanjutnya adalah memperpanjang KTP yang setelah saya browsing, bisa juga dilakukan di mall! WOW. KEREN banget!

2 comments:

Vibicloud said...

makin mudah dan cepat, tapi yang paling ribet sekarang adalah bikin SIM baru :)

quadra solution said...

simple dan cepat prosesnya, gak pake ribet lagi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...