Saturday, May 9, 2015

Road to #PlayAndLearn Part 2

Masih dalam rangka menanti launching buku terbaru, kali ini saya akan membahas soal isi dari buku secara keseluruhan. Secara garis besar, buku #PlayAndLearn ini terbagi menjadi 4 bagian, yaitu #PlayAndLearn to be Happy, #PlayAndLearn to be Adorable,  #PlayAndLearn to be Smart,  dan terakhir, #PlayAndLearn to be Independent.

Kenapa harus 4 bagian besar tadi?
Pertama, saya percaya kebahagiaan seorang anak adalah basic untuknya bertumbuh dan berkembang dengan baik. Kebahagiaan di sini tentu artinya luas ya. Bagaimana seorang anak merasa secure, merasa diperhatikan, merasa diberikan kebebasan untuk berekspresi sampai merasa diberikan kasih sayang yang mencukupi. Tak perlu bersusah payah membeli mainan yang mahal, kita bisa juga lho mengajak anak bermain dengan hal yang ada di sekitar kita. Secara tak langsung, kita pun mengajarkan pada anak kalau kebahagiaan bisa ditemukan dari hal-hal yang sederhana sekalipun. Tak usah membeli kebahagiaan, karena kebahagiaan bisa kita ciptakan sendiri dengan apa yang kita punya. Begitu sih filosofi dasarnya *halah* :))

Kedua, Adorable. Sebetulnya, saya -dan penerbit- agak kebingungan mencari kata yang tepat untuk bab ini. Maksud saya adalah menjadi anak yang berkarakter, sopan, mengerti aturan dan etika. Susah juga ya menari kata sifat yang menggambarkan itu semua. Beberapa alternatif yang tadinya muncul adalah amazing, great, awesome, dan akhirnya yang kami pilih adalah adorable. Saya merasa bahwa sebagai orangtua, kita mempunyai tanggungjawab sangat besar untuk mendidik anak menjadi anak yang baik dan berkarakter. Di masa sekarang, tak jarang orangtua yang kelupaan mengajarkan bagaimana bertingkah laku karena lebih sibuk mengajarkan bahasa Inggris/bahasa Mandarin/sempoa/balet/biola/apalah namanya:)) Padahal, dengan bermain pun kita bisa lho menyisipkan pesan untuk mendidik anak kita menjadi anak yang berkarakter.

Ketiga, Smart. Siapalah orangtua yang tak menginginkan anaknya smart? Bermain pun bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan apapun pada anak. Mulai dari angka, warna, bentuk, berhitung, pola, semua deh!

Yang terakhir, Independent. Kegiatan bermain pun dapat dimanfaatkan untuk melatih kemandirian anak. Latih anak untuk mengancingkan baju sendiri, menalikan septu sendiri atau memasang ritsleting bajunya sendiri dengan cara yang paling menyenangkan dan tak membosankan, bermain!

Saya pribadi sih inginnya membahas lebih banyak dari yang sekarang. Masih banyak ide permainan yang saya punya. Tapi karena keterbatasan halaman, next book saja yaaa -kalau banyak yang minat-:p

Ingin segera memiliki buku ini? Yuk ikutan giveaway-nya!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...