Tuesday, August 12, 2014

M. Quraish Shihab Menjawab

Seperti yang pernah saya tulis di sini, saya memang sering kebingungan menjawab pertanyaan Naya soal berbagai hal. Tapi yang paling membuat saya galau bukan kepalang adalah kalau kebagian pertanyaan soal agama. Bukannya apa-apa, saya seringkali kesulitan menemukan cara menjelaskan sesederhana mungkin dengan bahasa sederhana yang dapat dimengerti Naya.

Pada akhirnya, saya menganggap pertanyaan-pertanyaan Naya tadi sebagai suatu "teguran" agar saya lebih rajin belajar dan memperdalam ilmu agama. Jujur, akhir-akhir ini saya memang jarang membaca buku agama, tetapi sekarang jadi sering mengunjungi bagian buku-buku agama di toko buku nih gegara Naya. Thank you ya kakak Aya!

Dari semua buku yang saya borong, ini adalah buku favorit saya!

Buku "M. Quraish Shihab Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Islam" ini adalah terbitan Lentera Hati, dan terdiri atas 172 halaman. Ada 9 bagian mulai dari tentang Allah, Nabi dan Rasul, al-Quran, Malaikat jin dan setan, hari kiamat dan akhirat sampai dengan Islam dan hubungan sosial. 

Terlepas dari issue beliau syiah yang entah benar atau engga, menurut saya Quraish Shihab berhasil merangkum pertanyaan-pertanyaan anak tentang Islam dan menjawabnya dengan sangat sederhana tanpa menghilangkan esensinya. Pertanyaan yang ada di buku ini memang benar-benar dari anak yang dihimpun oleh sekolah Cikal, Jakarta.

Salah satu contoh pertanyaan Naya yang saya temukan juga di buku ini misalnya:

"Allah itu laki-laki atau perempuan?"

Quraish Shihab menjawab:
Semua makhluk punya pasangan. Ada lelaki, ada perempuan, ada jantan dan ada betina, ada senang dan ada susah, ada langit dan ada bumi, ada malam dan ada siang, ada positif dan ada negatif, demikian seterusnya. Allah menciptakan seperti itu untuk kemaslahatan yang dibutuhkan manusia dan agar makhluk meraih apa yang diharapkan melalui kerja sama atau kehadiran pasangannya. Manusia misalnya, ingin hidup tenang, mencintai dan dicintai, memiliki anak dan keturunan. Nah, keinginannya itu tidak dapat wujud kecuali ada pasangannya, ada lelaki dan ada perempuan. Allah tidak demikian. Dia Maha Sempurna, karena itu Dia tidak memiliki pasangan. Dia bukan lelaki, bukan juga perempuan, karena itu pula Allah tidak mempunyai anak, karena kalau Dia beranak berarti Dia butuh, sedang Allah tidak membutuhkan apa pun. Allah berfirman: "Segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan, agar kamu sadar (bahwa hanya Dia yang Sempurna, tanpa pasangan..bukan lelaki dan bukan juga perempuan)" (QS. adz-Dzariyat [51]:49).

Saya suka sekali membaca buku ini, very recommended!

3 comments:

Santi Dewi said...

sepertinya bukunya bagus ya, jadi pengen punya, karena anak saya pun sudah banyak pertanyaan, seperti ka'bah itu buat apa?

Wahyu Damayanti said...

saya kemarin ke gramed mencari buku ini, tapi tidak ada. Dan buku Don't worry to be a mommy juga kosong..mbak meta belinya dimana ya kalau boleh tau? :D many thanks..

Meta Hanindita said...

@Mbak Santi: baguuus. Recommended deh!
@Mbak Wahyu Hehehe, coba cari di toko buku online kayak di bukabuku.com pasti ada kok:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...