Thursday, September 19, 2013

Birthday Bash!

Saya ingat, waktu kecil dulu sukaaa sekali dengan ulangtahun. Suasana yang meriah dengan balon berwarna/i, lagu anak, teman-teman yang datang memenuhi undangan, kue ulangtahun bergambar tokoh favorit, dan tentu saja hadiah yang beranekaragam.

Karena itulah, saat Naya akan berulangtahun yang pertama, saya berpikir untuk merayakannya secara besar-besaran. Maklumlah, namanya saja yang pertama, tentu saya ingin yang serba spesial. Saya ingin membuat tema ulangtahun, undangan, pinata, dessert table, goodiebag yang lucu, serta memesan kue ulangtahun yang wah.

Suami yang mengetahui niat ini kemudian bertanya 'Buat apa sih gede-gedean? Anaknya juga masih belum ngerti. Yang mau ulangtahun kamu apa Naya? ' Uhuk, saya jadi tersadarkan. Benar juga ya, Naya masih terlalu kecil untuk mengerti. Manalah dia mengerti apa itu pinata, dessert table atau tema ulangtahun? Bahkan justru bisa jadi malah merasa tidak nyaman dengan orang banyak yang datang dan terhitung 'orang baru' untuknya. Lalu apa esensi dari merayakan ulangtahun kalau yang berulangtahun tidak merasa senang?

Tapi saya masih belum menyerah dan browsing ide merayakan ulangtahun supaya tetap terasa spesial. Sampai saya menemukan ide untuk mengundang anak-anak panti asuhan merayakan ulangtahun Naya di rumah makan. Saya merasa ide ini bagus untuk mengajarkan Naya bahwa ada teman-temannya yang tidak seberuntung Naya. Saat saya mulai survey, suami lagi-lagi nyeletuk, "Emang Naya ngerti soal panti asuhan? Boro-boro ngajarin untuk lebih sosial, ngerti juga engga kok." Biarpun awalnya merasa mangkel karena suami protes melulu, saya jadi berpikir lagi. Benar juga ya, rasanya Naya masih belum bisa mengerti soal panti asuhan.

Akhirnya, saya menyerah dan memutuskan untuk merayakan ulangtahun pertama Naya dengan keluarga kecil saja. Orang-orang terdekat Naya sejak lahir. Untuk membuatnya lebih spesial, saya membagikan makanan untuk anak-anak panti asuhan dan goodie bag untuk tetangga dan sepupu yang sebaya. Yah, hitung-hitung membagi rasa syukur dan kebahagiaan kami dengan hadirnya Naya dalam keluarga selama setahun ini. Win-win solution kan ya? Saya senang, karena tetap bisa mencari tema dan goodie bag -emak2 banget deh-. Suami senang, karena pada hari ulangtahun Naya hanya dirayakan dengan keluarga kecil dan bersifat intim.

Tahun berikutnya, ulangtahun Naya pun tidak dirayakan besar-besaran. Hanya saya, ayah, babysitter dan ART saja yang ikut merayakan. Tapi sampai sekarang, Naya sangat mengingat ulangtahun keduanya itu. Saya jadi ngeh, kalau yang berkesan tidak harus selalu besar-besaran. Yang paling penting, dirayakan dengan orang terdekat:)

Ngomong-ngomong soal ulangtahun, tahu dong kalau Ayahbunda akan merayakan ulangtahunnya yang ke-36? Majalah pertama tentang pengasuhan anak di Indonesia yang jadi favorit saya ini merayakannya dengan bagi-bagi hadiah untuk orang terdekatnya, pembaca setia:) Tidak tanggung-tanggung, selama 36 hari penuh berbagai hadiah dibagikan! Ada juga lomba foto ala cover, berhadiah Samsung Galaxy Camera. Sudah ikutan belum?;)

Selamat ulangtahun Ayahbunda! Semoga selalu menjadi majalah pengasuhan anak nomor satu di Indonesia:)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...