Thursday, September 21, 2017

Mencegah Stunting

Prevention is better than cure
Begitu kata ungkapan. Dalam hal stunting, ungkapan ini betul banget! Jika seorang anak sudah mengalami stunting, maka sifatnya irreversible atau tidak dapat diperbaiki. Padahal, seperti yang sudah dibahas di beberapa tulisan saya sebelumnya (baca juga: tulisan ini, tulisan ini dan ini ya!) , stunting bukan hanya sekadar membuat anak jadi lebih pendek dari potensinya kelak, tapi juga dapat mempengaruhi banyak hal.
Sumber: dari sini


Sumber: https://diningforwomen.org/foodforthought/gardens-for-health-international-2/
Banyak penelitian yang menunjukkan jika anak stunting berhubungan dengan rendahnya prestasi pendidikan, menurunnya lama pendidikan, dan rendahnya pendapatan saat anak tersebut dewasa dibandingkan dengan yang tidak stunting. Anak stunting memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk tumbuh menjadi dewasa yang kurang berpendidikan, miskin, kurang sehat dan lebih rentan terhadap penyakit tidak menular. Maka itu, angka stunting di suatu negara dapat dijadikan prediktor buruknya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) karena dapat menurunkan produktivitas suatu bangsa di masa yang akan datang.



Have i told you, Indonesia ada di peringkat kelima di DUNIA sebagai negara dengan pemilik angka stunting terbesar? (Biasanya kalau dapat peringkat mah bangga ya, tapi kalau yang ini errrrrr).

Riset Kesehatan Dasar 2013 mencatat ada 37.2 persen anak stunting di Indonesia. Wah banyak yaa! Ini meningkat dari tahun 2010 (35.6%). Artinya, pertumbuhan tak maksimal dengan segala risiko di masa depan ini dialami sekitar 8,9 juta anak Indonesia, ataaaau 1 dari 3 anak Indonesia!


Memang sih, Indonesia masih berada di bawah posisi India, Tiongkok, Nigeria dan Pakistan dalam angka stunting di dunia. Tapiii kalau dibandingkan dengan negara-negara tersebut, kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia lebih melimpah ruah lho! Ironis ya.

Stunting dapat terjadi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),  sejak janin mulai dalam kandungan hingga berusia 2 tahun. 1000 HPK ini disebut juga sebagai window of opportunity, masa paling sensitif untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama pada intervensi berupa nutrisi dan stimulasi. Jika ingin mencegah stunting, mulailah dari sini.


1. Sejak sebelum hamil, setidaknya 3 bulan sebelumnya, mulailah konsumsi asam folat dan zat besi. Jika ibu terlalu kurus atau terlalu gemuk, idealkan dulu berat badannya.
2. Ibu hamil perlu mendapatkan makanan dengan gizi berimbang, dan tetap mengkonsumsi suplemen mikronutrien seperti zat besi dan asam folat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, cuci tangan sebelum makan.
3. Berikan ASI eksklusif sampai 6 bulan, kemudian berikan MPASI setelah 6 bulan dengan melanjutkan ASI. Berikan MPASI yang cukup jumlah dan kualitasnya.
4. Selalu pantau pertumbuhan balita di posyandu. Ini penting banget untuk mendeteksi dini jika memang ada gangguan pertumbuhan. Deteksi dini=intervensi dini.
5. Menjaga kesehatan  lingkungan.

Pemerintah sendiri sudah menyepakati adanya intervensi spesifik nutrisi untuk mencegah stunting:
- Promosi ASI dan MPASI yang bergizi
- Pemberian tablet zat besi/asam folat/multivitamin untuk ibu hamil dan menyusui
- Pemberian zat mikronutrien untuk anak (seperti zat besi)
- Pemberian obat cacing pada anak
- Pemberian suplemen vitamin A pada anak
- Penanganan anak dengan gizi buruk
- Fortifikasi makanan dengan zat mikronutrien
- Pencegahan dan pengobatan malaria bagi ibu, bayi dan anak
Sumber dari sini

Programnya sih sudah oke ya? Sayang, pada kenyataannya, tidak semua orang mengerti betul mengenai ini. Dan yang saya bingungkan, biasanya yang ogah mengikuti program pemerintah seperti ini justru mereka dari kalangan menengah ke atas. Memang tak semua sih, tapi jumlahnya meningkat akhir-akhir ini. Apakah ini karena pengaruh social media? Wallahualam. Tapi sungguhan lho!

Ada banyak ibu hamil yang diet no carbs (tanpa karbohidrat, kalaupun ada sedikit sekali) yang "katanya" bertujuan supaya berat badan tak naik banyak saat hamil dan agar kelak anak lahir langsung berotot (???!!!). Padahal jumlah karbohidrat yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah sekitar 175 gram perhari. FYI, 100 gram nasi putih mengandung sekitar 28-30 gram karbohidrat.

Ada lagi yang ogah meminum suplemen yang diberikan dokter saat hamil dengan alasan "lebih baik mendapat zat besi dan folat dari sumber alamiah saja deh, dari makanan, daripada minum suplemen ini itu". Ya boleh saja sih, ibu hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi perharinya. Sebagai contoh, bayam deh ya. 28 gram bayam mengandung 1 mg zat besi, jadi agar kebutuhan zat besi ibu hamil tercukupi, setiap harinya ia harus makan 3/4 kg bayam. Atau contoh lain, daging sapi deh. 28 gram daging sapi mengandung 0.8 mg zat besi, sehingga untuk mencukupi kebutuhannya, ibu hamil harus mengkonsumsi sekitar 1 kg daging sapi setiap harinya. Sanggup? Ya boleh saja sih kalau sanggup:D

Belum ngomongin soal MPASI ya ini hehe. Baca dulu ini deh:
http://www.metahanindita.com/2017/07/mpasi-homemade-atau-pabrikan.html
http://www.metahanindita.com/2017/08/serbai-mpasi.html
http://www.metahanindita.com/2017/07/baby-led-weaning-vs-responsive-feeding.html

 Saya sering menemukan kasus stunting berkaitan dengan pemberian MPASI yang tidak benar. Yang paling sering deh, karena kebutuhan makro dan mikronutriennya tak tercukupi dari MPASI. Yang tak kalah sering, sebetulnya kebutuhannya tercukupi, tapi berat badan tak juga naik karena ada infeksi.

Kalau infeksinya memberikan gejala yang jelas, biasanya amaaan karena pasti akan langsung diperiksakan dan diobati hingga sembuh. Namun jika infeksi ini tak jelas seperti misalnya silent ISK atau TBC (yang seringkali pada anak gejalanya hanya berat tak naik-naik), kekurangan gizi dapat terjadi lebih berkepanjangan.

Pesan saya satu deh. Kayaknya memang sudah sering sih, tapi karena menurut saya ini penting banget jadi tak masalah ya kalau diulang melulu, semoga engga bosan:p

Jangan bosan-bosan untuk membawa anak ke posyandu/puskesmas/dokter untuk diukur panjang/tinggi dan berat badannya, supaya jika memang ada sedikit kelainan bisa segera dicari penyebabnya dan diatasi. Jika ada masalah makan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Bukan sekadar meminta vitamin penambah nafsu makan yaa, tapi agar dicari betul apa kira-kira penyebabnya. Usahakan semaksimal mungkin agar dapat IMD, lalu memberikan ASI eksklusif dan MPASI yang bernutrisi seimbang.

Sebetulnya masih banyak yang ingin saya bahas sampai detail (seperti: apa hubungannya cuci tangan sama stunting? Atau kayak apa sih MPASI yang bernutrisi seimbang itu? Tapi sayangnya, saya butuh space yang lebih besar dari sekadar blog. Nanti saya buat bukunya saja ya kalau engga malas. Saya janji deh, kalau jadi bukunya, harganya akan benar-benar terjangkau. Tapi ya itu, kalau engga malas:))))

Alhamdulillah, akhirnya lunas juga hutang saya menulis pencegahan stunting ini hehe. Semoga berguna yaa;)

3 comments:

Anonymous said...

Hai dokter...
akhirnya yg saya tunggu dokter sharing juga...makasi banyak dok utk sharing dan infonya berguna banget utk sy yg khawatir dgn anak stunting...
dokter klo nunggu buku kapan terbitnya itupun klo dokter ga malas bikinnya hiks kelamaan dok keburu anak sy udh gede...
klo dokter gak keberatan justru sy dan mungkin banyak ibu2 lain menunggu info selanjutnya dan lebih detail soal stunting ini...
karena tidak bisa dipungkiri dikota tempat sy tinggal klo anak sy mau vaksin tiap bulan cuman di timbang berat badan saja.sedangkan tinggi badan mungkin cuman pernah diukur 3x dr anak sy umur 1bln skrg udh 14bln..
oiya dok mau tanya..kmrn anak sy sudah dikasih obat cacing dpt dr posyandu..dikasih setengah tablet sy kasihnya malem hari dan diberikan dgn cara tabletnya dibubuk dikasih air dikit tp ga dihabiskan anak sy mungkin krn rasanya yg aneh...apakah perlu diberi ulang obat cacing tsb? klo perlu obat cacing yg bebas dipasaran bisa dok? terima kasih banyak dok.. jgn capek utk meng edukasi mamak2 ya dok demi generasi bangsa yg lebih sehat aamiin

Meta Hanindita said...

Boleh mbak, tapi sebaiknya konsulkan ke dokter dulu ya.

Unknown said...

Assalamualaikum...salam kenal dokter, sy aulia dari banyuwangi, putra sy skr umur 1 th, dg BB 9kg TB 76 cm, sejak lahir s.d 1 th ini full ASI dan pada saat mulai MPASI sy memberinya MPASI Homemade, sebelumnya kenaikan BB nya sudah sesuai dg KBM, hanya sejak usia 9 bulan, mulai susah kenaikannya, pd saat 9 bulan BB nya sdh mencapai 9 kg, kemudian anaknya sakit, panas smp 39,5, pada saat itu diberi thiampenicol Alhamdulillah sembuh, sejak setelah sakit itu BB nya mulai susah naik, sudah naik turun lagi, anaknya suka makan, dan aktif geraknya, melihat kondisi yang ada sy kuatir anak sy kena ADB, tp belum pernah sy periksakan lebih lanjut, mohon informasi dengan kondisi yang ada skr perlukah anak sy mendapat suplementasi zat besi, sy kuatir jika BB nya susah naik, akan berdampak stunting juga..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...