Friday, September 1, 2017

Kontrasepsi Saat Menyusui


Ini adalah beberapa pertanyaan yang diajukan pada saya oleh Mommies Daily terkait kontrasepsi saat menyusui. Saya share di sini yaa:D
 
Sumber: Google

Sebetulnya (secara umum) menggunakan kontrasepsi saat menyusui aman apa nggak?

Aman kok.

Ada nggak alat kontrasepsi yang disarankan, yang aman digunakan selama ibu menyusui? 
Hampir semua alat kontrasepsi saat menyusui aman. Yang tidak disarankan hanyalah penggunaan pil KB  kombinasi yang mengandung hormon estrogen dan progesteron karena mengurangi produksi ASI. Jika memang mau menggunakan pil, gunakan pil KB yang hanya mengandung progesteron saja karena tidak mempengaruhi produksi ASI. 


Kapan sebaiknya alat kontresepsi ini mulai dipakai? Supaya meminimalkan, ada risiko produksi ASI berkurang? Misalnya pada saat bayi ada di usia tertentu mungkin. 
Alat kontrasepsi selain pil KB kombinasi estrogen dan progesteron tidak ada hubungannya dengan produksi ASI dan dapat dipakai kapan saja, termasuk langsung setelah rahim pulih pasca persalinan  (Biasanya sekitar 6 minggu  pasca persalinan).
Bisa tolong dijelaskan nggak, beberapa pilihan metode kontrasepsi di bawah ini, beserta konsekuensinya, yang mungkin saja dihadapi, yang berkaitan dengan menyusui? 
-Pil KB Laktasi
-IUD (spiral)
-Implan
-Suntikan /3 bulan

Semua yang disebut di atas aman kok, tidak ada risiko apapun terhadap menyusui, kecuali pil KB yang kombinasi progesteron dan estrogen. Tapi pil KB ada yang isinya hanya progesteron saja.




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...