Monday, July 18, 2016

#MulangTarima

Kapan sih terakhir ketemu sama teman SMA?
Jawaban untuk pertanyaan ini pasti beragam. Ada yang masih sering bertemu karena tinggal di kota yang sama, ada juga yang jarang banget. Kalau pertanyaan tadi ditanyakan ke saya, jawabannya: TIDAK PERNAH. Terakhir kali berjumpa yaaa pas 2001, sewaktu saya lulus SMA.

Maklum, selulus SMA saya kuliah di Surabaya dan menetap hingga sekarang. Sekalinya pulang ke Bandung, waktunya mepet sekali sampai tak sempat menyambung silahturahmi. Untungnya, ada social media yang masih mendekatkan kami. Tapi itu pun tak semua sih, hanya dengan sahabat-sahabat dekat saja. Yang lain? Sama sekali tak pernah kontak, tak tahu juga kabarnya. Maka itu, saya senang ketika beberapa bulan lalu dihubungi salah satu teman SMA yang mengabari akan ada reuni akbar. Lebih senang lagi ketika mengetahui beberapa teman dekat yang sekarang berdomisili di luar negeri menyempatkan hadir di acara tersebut.


Gimana? Sudah kayak anak SMA belum?:p

Yang jauh dari Eropa saja bisa datang, masa saya engga?:p Lagi pula saya berpikir, kapan lagi ada kesempatan seperti ini? Reuni akbar SMA 3 Bandung ini adalah ajang reuni untuk 40 angkatan dan diikuti oleh 4000 orang. Rangkaian acaranya dipadatkan dalam 2 hari weekend, dimulai dari lomba olahraga, pagelaran seni dan pasar malam, serta napak tilas di gedung SMA.

Walaupun sudah direncanakan jauh hari, tetiba sehari sebelum hari-H, saya harus menjalani tindakan yang membutuhan bius total alias general anestesi (ceritanya di postingan lain saja ya). Tindakan medis kecil sih, tapi efek bius totalnya sukses membuat saya mual muntah semalaman dan pusing bukan kepalang. Semacam orang lagi high begitu deh:))

Alhamdulillah setelah semalaman teler, besok paginya saya sudah merasa membaik. Walaupun masih pusing dan mual luar biasa, saya bersemangat datang ke bandara untuk berangkat ke Bandung seorang diri. Sampai di Bandung, saya menghabiskan waktu bersama mama terlebih dahulu. Sebetulnya pagi itu acara sudah dimulai dengan gowes bareng, jogging, senam pagi, fun games massal, pertandingan olahraga, permainan tradisional, live music dan Fun Drive. Tapi karena saya masih mual, saya skip dulu acara pagi ini. Barulah sorenya, saya mulai mengikuti rangkaian acara #MulangTarima Reuni Akbar. Oh ya, apa sih Mulang Tarima? Mulang Tarima dalam bahasa Sunda berarti saatnya membalas jasa (guru-guru yang mendidik).

Acara Malam Alumni diadakan di Sasana Budaya Ganesha ITB, mulai konser musik perjalanan dari dekade ke dekade, talk show, malam penghargaan untuk guru, pemutaran film pendek, sampai malam dana. Seru banget! Seluruh pengisi acaranya mulai dari kang Ridwan Kamil, kang Purwacaraka, kang Farhan, kang Iszur Muchtar, kang Dwiki Dharmawan dll, semuaaaanya adalah alumni SMA 3 Bandung. Seru banget deh! Acara yang tentunya tak mungkin ketinggalan adalah foto-foto!

Rayamon, teman SMA yang pertama kali saya temui.

Semalaman kami habiskan dengan bernostalgia. Mengingat siapa yang paling sering dimarahi guru, siapa kesayangan guru, siapa yang hobi mabal dari kelas, siapa yang sering bertengkar, dll. Puas rasanya ketawa ketiwi sampai menangis!


Karena banyak sekali alumni yang datang, saya terus terang bingung juga. Boro-boro angkatan lain, angkatan sendiri saja sudah lupa-lupa ingat:)) Untungnya, angkatan 2001 mengadakan juga acara sendiri keesokan paginya. Saya ditodong sebagai MC acara yang diadakan di Me and Mie, rumah makan yang asyik buat nongkrong. Kebetulan pemiliknya pun alumni SMA 3 angkatan kami, thank you Nissa dan Irfan!






Banyak games yang dilakukan. Untung saya yang jadi MC, karena kalau jadi peserta, pastiiii deh engga bakal bisa jawab haha. Pertanyaan games-nya sederhana sih, tapi yaaa sudah lupalah apa jawabannya. Games pertama adalah unjuk nama. Maklum, setelah sekian lama tak bertemu,pastilah pada lupa-lupa ingat ini siapa, itu yang mana. Games selanjutnya yang lumayan mengocok perut.

Jadi ceritanya, sebagai SMA unggulan di Indonesia, orang lain sering sekali mengaitkan anak yang sekolah di SMA 3 Bandung pastilah kutu buku. (Banyak benarnya sih memang:p). Jadilah, soal-soal pelajaran SMA dijadikan games. Mulai dari berapakah sinus 45 derajat, bagaimana rumus molaritas, sampai majas personifikasi. Please deh, biarpun itu pelajaran SMA, ya jarang yang ingat (kecuali yang ITB haha). Setelah itu, kuis seputar SMA 3 diteruskan. Siapakah guru Fisika, siapa itu pak Gaos (suer deh, saya sama sekali engga inget!), siapa mitratama 1 dan 2, siapa saja ketua ekskul dari angkatan kami dll.

Beberapa games kami lanjutkan kembali sampai akhirnya diakhiri karena harus mengikuti napak tilas di gedung sekolah. Saya sebagai MC dadakan terburu-buru menyelesaikan acara karena mengejar flight kembali ke Surabaya siang itu juga. Yah sedih deh, belum puas ketawa-ketiwi dan ngobrolnya. Tapi, inshaAllah kalau ada umur panjang, reunian lagi yaaa semuaaa!:D

Senang sekali rasanya, 2 hari penuh silaturahmi yang semoga dapat memperpanjang umur dan mempererat ukhuwah. Kapan-kapan reunian lagi yuk!;)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...