Wednesday, September 16, 2015

Airbnb: Penyelamat Budget

Rencananya, beberapa minggu lagi saya dan suami akan bepergian ke Eropa. Suami saya tidak mau repot mengurusi apapun, tapi juga tidak mau ikut tour karena banyak hal. Akhirnya, -tentu saja!- sayalah yang harus repot mengurus segalanya. Tapi mungkin karena memang bawaannya organizer ya, saya sih senang-senang saja:D

Kali ini, saya ingin membahas soal cara berhemat selama di luar negeri nih. Maklum, sekarang kan nilai tukar rupiah melemah, apa-apa mahal. Apalagi di negeri orang! Waktu pertama kali mengetahui nilai rupiah melemah, saya sudah was was bukan kepalang, tapi membatalkan rencana kami pun sudah tak mungkin karena tiket sudah dibeli jauh hari. Nah, berarti tugas saya nih untuk pintar-pintar mengatur budget agar tetap bisa nyaman selama bepergian namun tak sampai bangkrut hahaha.

Oh ya, tujuan utama kami pergi adalah karena suami saya akan melanjutkan pendidikan di sana tahun depan. Inginnya sih survey dulu (nama pun ratu survey kan), sekalian memang ada kongres yang harus diikuti di sana. Ngomong-ngomong soal sekolah lagi, saya juga nih, tapi masih galau karena bingung Naya ikut apa tidak ya enakanya nanti:p


Hal yang pertama saya lakukan adalah mensurvey segala hal tentang perjalanan kami. Oh ya, ada beberapa website yang sangat membantu pekerjaan saya, Selain google maps (penting banget!), ada juga www.seat61.com (segala hal tentang kereta antar negara atau dalam negara ada di sini), www.rome2rio.com (untuk mengetahui kalau dari satu tempat ke tempat lain bisa menggunakan moda transportasi apa saja lengkap dengan durasi perjalanan dan harga), www.capitanetrain.com (untuk melihat jadwal kereta dan membeli tiket kereta tanpa biaya tambahan), www.tripadvisor.com (tentunya!) dan www.airbnb.com.

Semua website itu sekarang jadi wajib kunjung buat saya setiap harinya deh!

Setelah mensurvey sana sini, saya menemukan kalau ternyata biaya terbesar dari perjalanan kami adalah akomodasi. Biaya menginap di hotel tak berbintang saja bisa mahal sekali di Eropa. Sebenarnya bisa saja diakali dengan menginap di hostel, tapi terus terang saya kurang nyaman harus bermalam sekamar dengan banyak orang yang tak dikenal. Suami saya memberikan budget akomodasi sekian selama di sana. Setelah saya hitung-hitung, hotel yang sesuai budget kami terletak nun jauh di sana. Pastinya untuk pergi ke pusat kota bakal menghabiskan biaya lebih banyak lagi. Yah, namanya mau ngirit tapi kok malah jadi tambah boros?

Browsing website ini itu, membaca banyak review positif, akhirnya, saya putuskan untuk menggunakan www.airbnb.com sebagai akomodasi kami di sana.

Apa sih airbnb itu?
Airbnb is a website for people to list, find, and rent lodging.
Di airbnb, kita bisa menemukan berbagai tempat akomodasi yang ditawarkan. Ada yang menawarkan kamar, sofa sampai apartemen. Konsepnya sebenarnya mirip dengan www.hospitalityclub.com atau www.couchsurfer.com, tapi kalau HC dan couchsurfer gratis, nah di airbnb ini tetap harus membayar. Biaya yang harus dibayar pun bervariasi. Ada yang mahal, tapi ada juga yang murah.

Saya tertarik menggunakan airbnb selain karena lebih hemat, kita juga berkesempatan berinteraksi dengan local people alias orang sana asli:D Saya selalu suka bertemu dengan orang baru, apalagi budaya baru karena pasti banyak yang bisa dipelajari dari sana. Selain itu, pengetahuan local people pasti akan banyak membantu selama kami di sana. Ya kali saja pakai acara nyasar atau tak tahu mau ke mana hehe.  Eh, kok local people? Berarti dalam satu rumah atau apartemen, ada orang lain selain kami? Ya, karena saya dan suami hanya "menyewa" 1 kamar, maka kami harus berbagi apartemen dengan pemiliknya. Engga takut Met?

Ada tipsnya juga dong untuk mencari yang aman. Saya pribadi sih selalu memilih airbnb yang sudah direview setidaknya 20 orang lebih, dengan minimal 4,5 bintang, dan host yang sudah ter-verified. Memang tetap harus hati-hati karena namanya juga dunia maya ya, terkadang foto-foto yang ditampilkan tak seindah aslinya. Selain itu saya juga pernah membaca beberapa pengalaman tak menyenangkan dari pengguna airbnb. Yang katanya tak bisa masuk rumah karena entah kuncinya ditaruh di manalah, yang katanya tak bisa menghubungi host selama di negara tsb. Seram juga kan! Makanya, tetap hati-hati itu mutlak.

Cara mencari tempat airbnb ini juga sangat mudah. Pertama, sign in dulu jelas ya:))
Eh, kalau mau mendapat kredit senilai Rp. 287.356 saat booking airbnb, coba sign in dari link ini ya:
www.airbnb.com/c/metah
Lumayan banget tuh!

Setelah login, masukkan lokasi tempat kita mencari airbnb. Tips lain dari saya, kalau memang sudah punya gambaran ingin stay di mana, jangan sekadar memasukkan nama kotanya saja, tapi ketik juga landmarknya. Misalnya nih kalau kita ingin stay dekat menara Eiffel selama di Paris, ketik saja "Eiffel tower Paris", lalu masukkan tanggal check in dan check out, berapa orang dalam satu kamar, pilih listing type (ada private room, shared room dan entire home). lalu masukkan juga budget kita permalamnya. Kalau ada amenities khusus bisa dipilih langsung (Saya sih jelas, wifi dan heating karena pergi ke sana pas musim dingin). Setelah klik enter, semua pilihan airbnb yang sesuai dengan kemauan kita keluar deh. Pilih yang kita inginkan, masukkan data credit card dan kalau diaccept oleh hostnya, voila! Selesai!

Sebelum booking, kita juga bisa mengontak host terlebih dahulu untuk bertanya apapun. Saya contohnya, sebelum membook airbnb selalu menanyakan hostnya terlebih dahulu apakah tempat tsb berdekatan dengan penjual makanan halal. Alhamdulillah, semua host airbnb yang saya kontak selalu responsif. Ada lho host yang begitu saya tanya meminta waktu untuk mencari tahu dulu, lalu keesokan harinya menyodorkan saya sederet lokasi penjual makanan halal lengkap dengan jarak dari tempatnya. Baik banget ya:')

Alhamdulillah, sekarang saya sudah menyelesaikan urusan mencari dan memesan airbnb di semua negara yang akan kami kunjungi. Tak sabar rasanya ingin segara bepergian!:*

Sehabis ini, saya akan share mengenai bagaimana caranya mengatur barang bawaan supaya bisa tetap light-travelling ya. Stay tuned! *macam radio* :))

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...