Monday, October 20, 2014

A Parent's Guide to Gifted Children

Saya pertama kali mendengar istilah Gifted pada saat membawa Naya berkonsultasi ke psikolog. Saya tidak tahu sama sekali arti gifted, apalagi dengan mengatasinya. Yang saya tahu adalah Naya berbeda dengan anak lain sejak dulu, dan saya tidak pernah tahu bahwa karakteristik seperti yang dipunyai Naya mempunyai nama tersendiri.

Sebagai ratu survey *salamkepo*, saya langsung browsing sana-sini mengenai anak gifted. Tidak banyak sumber yang buat saya masuk akal dalam membahas anak gifted. Sebagai orang yang sangat percaya dengan dasar ilmiah "evidence based", saya mencari banyak jurnal dan buku. Di Indonesia, sangat sulit menemukan buku mengenai anak gifted. Banyak blog bertebaran, tapi siapa yang bisa menjamin keakuratannya?:D

Dalam perjalanan browsing, saya menemukan banyak sekali review satu buku berjudul "A Parent's Guide to Gifted Children". Buku ini dinilai 4.1/5 di Goodreads. Membaca judulnya saja sudah membuat saya tertarik karena membuat saya merasa "This is what i really need!".

Lagi-lagi, saya kesulitan menemukan buku ini di toko buku (walaupun toko buku impor) Indonesia sehingga saya memutuskan membelinya via online. Setelah menunggu hampir sebulan (karena diimpor dari luar negeri), saya sangat excited membaca buku ini.

Buku ini terdiri atas 390 halaman dan terbagi menjadi 15 chapters.
1. Defining Giftedness
2. Characteristics of Gifted Children
3. Communication: The Key to Relationships
4. Motivation, Enthusiasm and Underachievement
5. Establishing Discipline and Teaching Self-Management
6. Intensity, Perfectionism and Stress
7. Idealism, Unhappiness and Depression
8. Acquaintances, Friends and Peers
9. Family Relationships: Siblings and Only Children
10. Values, Traditions and Uniqueness
11. Complexities of Successful Parenting
12. Children Who Are Twice-Exceptional
13. How School Identify Gifted Children
14. Finding a Good Educational Fit
15. Finding Professional Help

Walaupun buku ini banyak dijadikan referensi para ahli dan ditulis pula oleh psikolog yang ahli di bidang gifted children, membacanya sama sekali tidak membosankan. Bahasa yang digunakan cukup ringan dan mengalir, dan tidak seperti membaca text-book.

Buat saya, buku ini benar-benar banyak membantu saya mengenali Naya lebih dalam dan membuat saya mengerti harus bagaimana menghadapi Naya. I will give 5/5 in Goodreads for this book!:)

If you are parents to gifted children, a teacher to gifted student, or probably a psychology student that has interest in gifted children, you really should read this book!

1 comment:

chikakrachma said...

serius kok met.. waktu insom akut zaman hamil.. *prasaan skrg tetep hahahhaha... aq tu baca blogmu dr awal hamil ampe umur 2 thnan naya aq catet tgl post ama perkiraan umur naya plus perkembangannya. buat prepare aja..apa yg aq persiapkan sblm umur shaw sgini sgitu gt.. scr ada blog meta ttg naya.. milestone bayi scr nyatanya hahahhaa.. aq heran..naya lulus toilet training umur setaun.. klo shaw.. errrr hihihihi.. pengaruh emak yg tidak siap mental jg rasanya. naya bs apal anggota tubuh umur setaun .. shaw baru aja umur 15 an lbh.. pokoknya bnyk aq liat perkembangan naya yg cepet kok met...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...