Wednesday, September 24, 2014

1000 Hari Pertama

Entah sudah berapa ratus kali saya mendapat pertanyaan dari orangtua, "Dok, vitamin otak apa yang paling bagus buat anak? Mahal pun engga apa-apa, asal baik."

Siapalah orangtua yang tidak menghendaki punya anak pintar dan cerdas? Tapi apakah untuk pintar dan cerdas memang membutuhkan suplemen vitamin otak yang paling baik? Sebenarnya, bagaimanakah "membuat" anak yang pintar?

*
Perkembangan otak dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Gen orangtualah yang membentuk struktur sirkuit otak, tapi yang menentukan bagaimana sirkuit otak ini berhubungan satu sama lain adalah kombinasi nutrisi, lingkungan dan stimulasi. 

Developing the brain is all about wiring it in the most efficient way. Bagaimana cara yang paling efisien itu?

Pernah mendengar betapa pentingnya 1000 hari pertama dalam kehidupan seorang anak?
1000 hari pertama atau yang sering disebut the first thousand days adalah periode sensitif tumbuh kembang anak. Dimulai dari 9 bulan 10 hari di kandungan, sampai seorang anak berusia 2 tahun. Pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa ini terjadi dengan sangat cepat dan tidak ditemukan pada periode usia lain. Perkembangan sel otak anak pada masa ini juga sangat menentukan proses tumbuh kembang anak di masa depan.

Maka dari itu, sejak hamil, calon ibu harus memperhatikan benar nutrisi yang seimbang. Demikian pula setelahnya, karena di atas 2 tahun intervensi nutrisi dinilai tidak efektif karena periode emasnya telah terlewati. Bukan hanya nutrisi, stimulasi pun memegang peranan penting. Nutrisi baik bila tidak diikuti stimulasi yang baik tidak mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Demikian sebaliknya, stimulasi baik tidak bisa dilakukan jika nutrisi tidak baik.

25% sel otak anak mulai dibentuk sejak dalam kandungan,70% sampai anak berusia 6 tahun. Karena itulah pemberian nutrisi optimal serta stimulasi sangat penting pada masa ini.Saat 1000 hari pertama inilah terdapat windows of opportunities dimana otak anak sangat efisien menyerap satu kemampuan. Optimal window yang pertama terjadi saat sinaps otak saling berhubungan dengan kecepatan tinggi. Saat ini adalah saat paling tepat untuk menstimulasi anak.

-->
Fungsi Otak
Window of Opportunity
Penglihatan
Lahir – 6 bulan
Perkembangan motorik
Sebelum lahir – 6 tahun
Kendali emosional
Lahir – 3 tahun
Bahasa/ Bicara
Lahir – 3 tahun
Logika/Matematika
1-4 tahun


Sebagai contoh, fungsi penglihatan pada otak mempunyai window of opportunity sejak lahir sampai usia 6 bulan. 6 bulan pertama ini sangat menentukan untuk perkembangan penglihatan anak. Meletakkan bayi di kamar yang gelap misalnya, dapat menyebabkan penglihatan anak tidak berkembang secara normal. Dan setelah lewat dari window of opportunity ini, sulit bahkan tidak mungkin mengembalikan masa kritis penglihatan anak. Penglihatan akan berkembang dengan stimulasi. Saat menggendong anak berusia dibawah 6 bulan, tunjukkanlah mainan atau orang, gambar atau tempat untuk menstimulasi penglihatan anak.

Contoh lain, fungsi bicara anak mempunyai window of opportunity sejak lahir sampai usia 3 tahun. Untuk anak bisa berbicara, anak harus mendengar terlebih dahulu. Kata-kata yang didengar anak di 3 tahun pertama akan mempengaruhi kosakata saat dewasa. Pada usia sampai 3 tahun, anak mempunyai kapasitas yang luar biasa untuk berbahasa. Maka dari itu berikanlah stimulasi bahasa sejak lahir. Ajak anak berbicara dengan jelas (bukan baby talk), jelaskan apa yang sedang kita lakukan, bacakan cerita atau ajak anak bernyanyi.

Bagaimana menstimulasi emosi anak? Perkembangan emosi di sini mencakup mengenali emosi senang/sedih/marah, memanajemen emosi yang kuat sampai membangun rasa empati. Karena window of opportunity perkembangan emosi terletak sejak lahir sampai 3 tahun, pastikan menstimulasi anak di usia ini. Respon anak saat sedang menangis dengan bahasa yang halus, pelukan atau ciuman untuk menenangkan.

Untuk menstimulasi logika atau kemampuan berhitung bisa dengan mengenalkan anak pada kegiatan menyusun balok, mengenalkan angka, lebih besar. lebih kecil atau sama dengan sampai mensortir bentuk benda.

The quality, quantity and consistency of stimulation from a child’s early experiences contribute to the structure of his brain and its capacities.  The effect of these experiences lasts for the rest of his life. Its important to give good stimulation and good nutrition in the first 1000 days:)

5 comments:

El Fasa said...

penting banget ini

Mamanya Nabila said...

Boleh gak semisal baby. Baru lahir tidur dengan kondisi lampu kamar dimatikan?

Meta Hanindita said...

@Unun: Iya makanya harus tau;)

@Mamanya Nabila: Boleh dong, pas tidur kan penglihatan emang istirahat:D

Yanet said...

Info bagus ini... Makasih ya bu dokter.. :)

Gayahidupku.com said...

Wah terima kasih infonya, jadi tahu tentang perkembangan otak anak :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...