Tuesday, October 29, 2013

Emang Enak Jadi Dokter?

"Jadi dokter itu enak. Tinggal usap-usap 5 menit, ngobrol sebentar, uangnya banyak. Bisa ke luar negeri bolak/i, mobil mewah, rumah gede."

Ada yang punya pikiran seperti itu? Saya yakin banyak. Banyak banget malah. Makanya engga heran banyak orangtua yang mencita-citakan anaknya menjadi dokter. Bener engga?:p

Beberapa hari yang lalu ada perayaan hari dokter nasional. Saya iseng-iseng googling tulisan dengan keywords "Dokter di Indonesia". Yang keluar dari sana kebanyakan adalah tulisan dokter yang menuntut perbaikan nasib, kasus dokter yang dituntut malpraktik sampai curhat dokter di istana negara soal tunjangan yang minim.

Gegara membaca tulisan-tulisan tadi saya jadi sedikit banyak ikut merenung. Di masyarakat luas, yang banyak diketahui adalah profesi dokter merupakan profesi terhormat yang gampang untuk sukses (baca: kaya raya) . Bahwa dokter banyak bermain kotor dengan pabrik obat sehingga gampang sekali meresepkan obat mahal untuk pasiennya yang bahkan mungkin tidak diperlukan. Bahwa dokter, dengan bayarannya yang terhitung mahal, harus siap siaga 24 jam tanpa boleh salah.

Banyak (banget) yang masyarakat umum tidak ketahui.

Sekolah dokter itu lama. Dan mahal. Saya ingat, sewaktu masih kuliah dulu, saya sempat malu hati ketika teman-teman SMA saya satu persatu lulus dan mulai bekerja di berbagai perusahaan. Ada yang cerita ke saya bahwa gaji pertamanya langsung dibelikan sepatu bermerk untuk ibunya. Sementara saya? Boro-boro gaji pertama, untuk bisa ujian semester saja masih harus meminta pada mama. Bukan rahasia lagi kalau buku kedokteran harganya mahaaaal. Jaman saya sepuluh tahun yang lalu, harga buku atlas anatomi Sobotta (yang hanya terpakai satu semester) satu setnya mencapai hampir 2 juta rupiah. Itu baru satu mata kuliah lho. (Kalau ada yang nyeletuk "fotokopi aja!"--> pasti engga tahu deh atlas tuh yang kayak gimana:)))) ). Belum lagi untuk mata kuliah yang lain.

Saya engga pernah beli buku textbook karena "kasihan" pada mama saya yang single parent. Jadilah saya rajin sekali menginap di rumah sahabat untuk nebeng belajar dari bukunya. Untuk buku-buku semacam atlas, saya foto pakai handphone supaya bisa berulang-ulang dipelajari. Terkadang saya dapat pinjaman dari sepupu. Hahaha, ngirit ya. Saya juga sangat rajin mencatat setiap kuliah dosen. Bukan karena saya pintar atau termasuk anak rajin-yang-mau-dapat-nilai-bagus-tiap-ujian. Bukaaaan. Alasannya simple, hanya karena saya engga punya uang untuk beli buku mahal, dan juga engga punya uang untuk membayar semester pendek kalau-kalau ujian saya tidak lulus. Daripada menghabiskan waktu liburan untuk semester pendek, lebih baik saya bekerja mencari uang buat jajan. Alhamdulillah, saya masih bisa membagi waktu dengan baik untuk bekerja sambilan. Jadi penyiar, presenter, MC, penulis kontributor di majalah, apa sajalah yang saya bisa kerjakan. Saya bahkan pernah melamar jadi SPG lho! Hanya saja begitu melihat seragam yang harus saya pakai, duh engga jadi deh:p

Ada yang bilang "Iyaa, engga apa-apalah. Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Nanti kan setelah lulus dokter bisa cari uang yang banyak." Really?

Setelah lulus dokter, saya langsung diterima bekerja di klinik yang cukup punya nama. Gedungnya bertingkat, full AC, berlift dan kebanyakan pasiennya adalah orang kantoran yang bekerja di gedung yang sama. Pikiran orang (termasuk teman kost saya) waktu itu selalu "Wah kan kamu udah dokter, udah kerja, pasti kaya raya." Sayang sekali, asal tahu aja nih, "gaji" yang saya peroleh adalah harian. Setiap hari, saya diberi uang duduk Rp. 6000,00 saja. Kebayang engga, langsung habis kepotong uang parkir:))) Kalau ada pasien lain lagi, per orangnya saya mendapat tambahan RP. 5.000,00. Alhamdulillah, sedikit pun tidak pernah saya sesali.

 Kalau mau hitung-hitungan, uang yang saya dapatkan dari "pekerjaan sambilan" saya jauuuuh lebih banyak dibandingkan dengan menjadi dokter. Selain itu, bekerja sebagai penyiar tidak berisiko tinggi, setidaknya engga bawa-bawa nyawa orang. Menyenangkan pula, bisa bertemu dengan artis-artis, mendengarkan lagu terbaru, tempatnya berAC, tanpa modal, dengan jam kerja yang masuk akal. Saya masih bisa nongkrong di mall, nyalon atau sekedar membaca buku di rumah. Lebih masuk akal dibanding dokter yang sepertinya harus menjadi seperti dewa, tidak boleh berhenti bekerja. Tapi saya engga pernah menyesal sedikit pun menjadi dokter walaupun kenyataannya "bayarannya" tidak sebanyak yang dibayangkan orang.

Kenapa?

Sejak kecil dulu, papa yang dokter selalu menyadarkan saya, boleh-boleh saja bercita-cita jadi dokter. Tapi luruskan dulu tujuannya. Mau apa? Mau kaya? Jangan. Mau bisa keliling luar negeri? Jangan. Mau punya rumah mewah? Jangan. Mau punya mobil banyak? Jangan. Just dont. Kalau itu yang dicari, sebaiknya cari pekerjaan lain saja. Pengusaha atau bekerja di perusahaan asing sepertinya akan lebih menjanjikan. Kalau papa saya bilang sih "Kalau mau kaya jadi penyanyi kayak Britney Spears aja:p" (Harap maklum, waktu itu si Britney lagi happening berat).

Papa saya selalu bilang, menjadi dokter adalah amanah. Tidak semua orang 'terpilih' untuk mendapat amanah tersebut. Jangan sekali-kali terpikir untuk mencari uang dari menolong orang. Engga munafik, sebagai manusia pun tentu kita membutuhkan uang untuk hidup. Tapi papa saya yakin, kalau kita menolong orang, Allah akan membalas dengan selalu menolong kita untuk tetap bertahan hidup. Papa saya dulu adalah seorang dokter anak satu-satunya di suatu kecamatan di desa kecil. Pasiennya banyaaaaak sekali. Saya ingat betul, beliau jarang bisa beristirahat. Setiap saat, ada saja pasien yang mengetuk pintu rumah, bahkan di jam 1 pagi. Yang kejanglah, yang sesaklah, selalu ada. Setelah dilayani, banyak yang tidak membayar. Papa saya engga pernah marah. (Palingan anak cewek satu-satunya yang judes ini protes:p). Tapi memang Allah maha adil, alhamdulillah keluarga kami selalu mendapat rejeki. Adaaaaaa saja jalannya.

Papa selalu mengingatkan saya, menjadi dokter memang berat. Anggap saja menabung bekal di akhirat kelak. Insya Allah, niat baik selalu diketahui Allah SWT.

Saya jadi ingat postingan yang bersliweran di Path kemarin. Sudah lihat belum?
Ada yang membandingkan dokter dengan buruh. Dengan pendidikan terakhir SMP, buruh menuntut gaji kepala 3 koma sekian juta. Sementara dokter yang belajar dan sekolah sekian lama serta mahal, di pelosok dimana listrik pun kadang ada kadang engga "hanya" digaji pemerintah 1,2 juta/bulan. Itu pun selalu macet, terkadang baru keluar 3 bulan kemudian. Hari gini 1,2 juta/bulan? Mungkin banyak yang engga percaya, tapi begitulah keadaannya:)
Ada juga yang membandingkan dokter dengan anggota DPR. Ini sih saya no comment ah:p

Oke, sudahlah ya ngomongin soal "bayaran". Ada yang lebih penting dari ini.

Pernah terpikir engga, bahwa dokter yang sekarang sedang praktik di depan anda, yang tadi anda maki dalam hati karena membuat anda menunggu terlalu lama di dalam antrian baru saja visite atau mengunjungi pasien lainnya di ujung kota lainnya? Dokter ini tergesa-gesa menyetir dalam kemacetan untuk menemui anda sampai hampir mengalami kecelakaan lalu lintas?

Pernah terpikir engga, kalau dokter yang sedang menangani keluarga anda di malam hari bahkan belum menyentuh makanan sejak tadi pagi karena demikian sibuknya? Tidur terakhirnya mungkin saja sudah 2 hari yang lalu. Dengan tampang letih dan senyum yang bisa jadi dipaksakan, dokter ini dituntut melayani dengan performa terbaik, dengan fungsi mental yang sempurna.  Sementara anda sibuk membatin kenapa dokter ini tampak malas-malasan melayani anda.

Pernah terpikir engga, kalau dokter yang sedang memeriksa ayah anda malam hari (dan sempat membuat anda mengomel "kenapa malem banget sih datengnya") sedang sakit dan bahkan tidak mau beristirahat karena merasa bertanggungjawab dengan pasiennya? Ironi memang, saya mengenal banyak dokter yang akhirnya meninggal karena suatu penyakit. Dia sendiri mengetahui penyakitnya, tapi karena mengurusi orang lain, lebih sering mengabaikan keluhannya sendiri, lebih sering tidak mengikuti pola hidup sehat. Bagaimana mau hidup sehat kalau makan tidak teratur, tidur jarang-jarang, stress tingkat tinggi?

Pernah terpikir engga kalau dokter yang harus menerima telepon saat sedang melayani anda sebetulnya sedang dilapori pasiennya yang lain sedang dalam kondisi kritis? Saat anda lagi-lagi memaki dalam hati "Engga sopan banget ni dokter", dokter tersebut sedang berusaha menyelamatkan nyawa orang lain?

Pernah terpikir bagaimana perasaan dokter yang sedang memeriksa anak anda dan anda omeli dalam hati karena terkesan terburu-buru melayani anda. "Minta dibayar, tapi kok cepet-cepetan" Begitu mungkin anda membatin.  Pernah terpikir engga, bisa saja dokter tersebut sedang meninggalkan anak kandungnya yang panas tinggi di rumah, khawatir kejang tanpa pengawasan ibunya yang "lebih memilih" mengurusi anak orang lain?

Pernah terpikir engga kalau kasus malpraktik yang marak beredar disana-sini murni bukan mutlak kesalahan dokternya? Yang sering, pasien mengira atau menuntut malpraktik, padahal yang terjadi hanyalah perjalanan penyakit biasa. Saya pernah nih mengalami. Ada pasien anak yang terkena meningitis atau radang otak. Salah satu prosedur adalah pemeriksaan lumbal pungsi (mengambil cairan dari tulang belakang untuk menganalisa jenis bakteri). Tanpa atau dengan pemeriksaan ini, pasien meningitis juga bisa mengalami kelemahan atau kelumpuhan di anggota geraknya. Kebetulan pada saat itu, pasien ini langsung tidak bisa berjalan setelah dilakukan lumbal pungsi. Keluarga langsung menyalahkan dokter dan menganggap hal tsb malpraktik. Kesalahan dokternya memang karena kurang menginformasikan ini pada keluarga pasien. Dengan sekian banyak pasien yang mengantri, semua minta didulukan karena merasa lebih penting, wajar saja bukan manusia bergelar dokter ini luput?

Saya bukannya bilang dokter selalu benar. Sama seperti profesi apapun, yang namanya oknum pasti selalu saja ada. Saya engga menutup mata, memang ada OKNUM yang mencoreng nama baik dokter. Rajin meresepkan obat mahal yang tidak perlu untuk kejar setoran, adalah salah satu contohnya. Atau seperti yang saya baca hasil googling tadi, dokter mata duitan bisa saja memang ada. Tapi sama seperti oknum-oknum lainnya, tidak semua dokter begini. Saya yakin, masih banyak dokter yang mau melayani dengan hati. Perlu diingat baik-baik, bahwa dokter adalah manusia juga. Sama seperti anda, apapun profesinya. Manusia tidak ada yang sempurna, butuh istirahat, butuh makan, bisa lupa, bisa capek juga. Jangan berburuk sangka dulu, memang mudah menuduh malpraktik, menuduh tidak menghargai, menuduh mata duitan dan segala tuduhan lainnya. Mudah bukan berarti benar kan?

Masih berpikir dokter adalah profesi yang paling enak? Coba pikir sekali lagi:)

Selamat hari dokter!

*1 November 2013, saya menulis klarifikasi tulisan ini. Bisa dibaca di :
http://www.metahanindita.com/2013/11/respond-to-emang-enak-jadi-dokter.html

226 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 226 of 226
Kartin Kiba said...

Kabar baik!
Nama saya Kartin Kiba, warga indonesia, saya tinggal di Jl.P.Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya Jakarta Timur Kota Bekasi. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan nasehat konkrit kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Helen, pemilik sebuah organisasi pinjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar 1 miliar rupiah (Rp1.000.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Helen mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Helen dalam hidupku dan keluargaku, aku memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksianku tentang Ibu. Helen, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com)

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :(kartinkiba72@gmail.com) .Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Maha Esa terus memberkati Ibu. Helen untuk pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

HELEN WILSON said...

'' PINJAMAN GENUINE MENAWARKAN SEMUA (BERLAKU SEKARANG) ''
Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Cari tidak lebih karena Anda berada di tempat yang tepat untuk Solusi Pinjaman Anda Disini! Ibu Helen adalah pemberi pinjaman pinjaman yang perusahaan pinjamannya menawarkan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau. Silahkan hubungi kami hari ini untuk mendapatkan pinjaman Anda melalui e-mail di (helenwilson719@gmail.com)
Terima kasih.

Ella gomez2030 said...

Hai, tolong beritahu pemberi pinjaman palsu di situs ini saya bodoh 3 kali di sini sebelum bertemu dengan perusahaan muslim yang baik, nama saya Ella Gomez yang berusia 55 tahun di kabupaten jawa barat, saya adalah seorang janda saat ini dengan Empat anak dan saya terjebak dalam kondisi keuangan pada bulan september 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan bank mandiri saya telah merebut rumah saya. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman swasta dan perusahaan tapi tidak pernah berhasil, dan kebanyakan bank menolak kredit saya. Tapi seperti yang allah miliki, saya telah diperkenalkan kepada seorang wanita dengan hati yang baik yang membantu banyak orang di daerah saya dan banyak janda seperti saya sebagai pemberi pinjaman muslim yang baik yang memberi saya pinjaman sebesar Rp950.000.000 dengan tingkat bunga sangat rendah sebesar 1% i sangat mengejutkan ketika saya mendapatkan pinjaman saya di rekening mandiri bank saya dan hari ini adalah pemilik bisnis saya dan anak-anak saya melakukan yang baik saat ini, jika Anda perlu menghubungi perusahaan mana pun yang memiliki referensi untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada sendi tanda tangan dengan garansi 100% dan jadwal rencana dan pembayaran yang lebih baik, silahkan hubungi (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com). Mereka tidak tahu bahwa saya melakukan ini tapi saya sangat bahagia saat ini dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang mereka dan saya juga ingin allah untuk memberkati perusahaan lebih. Anda bisa menghubungi mereka via email.
ellagomez2030@gmail.com
mereka juga tersedia
PIN BBM # (D8DA4EA9) Ikuti kami di instagram @
Aasimahaadilaahmed.loanfirm
Kericau .aasimahaadila pinjaman
aasimahaadilaahmed.word press

HELEN WILSON said...

PINJAMAN UMUM PENAWARAN UNTUK SEMUA (BERLAKU SEKARANG)

Salam pembuka,
Namaku Nyonya Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang perusahaan pinjamannya menawarkan 100% jaminan dan peluang hidup yang terpercaya.
Apakah Anda mencari pinjaman yang asli, Anda butuh uang untuk memulai bisnis atau memperbaiki keuangan Anda, apakah Anda ditolak oleh bank atau lembaga keuangan lainnya. Cari tidak lebih, kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Saya adalah kreditur pinjaman yang dapat dipercaya, dapat dipercaya dan transparan yang menawarkan semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2% dan saya akan dengan senang hati bersedia menawarkan pinjaman hari ini untuk informasi lebih lanjut. Hubungi kami melalui email di (helenwilson719@gmail.com).

DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Saat ini posisi di tempat kerja:
10) Pendapatan bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan Pinjaman:
14) Agama:
15) Sudahkah anda melamar sebelum:
16) Tanggal lahir:
Terima kasih

MR JERRY said...

Halo,
Nama saya Amber saya di sini untuk merekomendasikan Anda kepada pemberi pinjaman yang sah yang memberi saya pinjaman $ 15.000, namanya adalah jerry jones dari investasi finansial jerry jones, saya ingin mendesak Anda semua yang membutuhkan bantuan keuangan untuk menghubungi dia dengan baik melalui email untuk aplikasi pinjaman anda: jerryjonesfinancialinvestments@gmail.com

Solusi Cepat Kaya said...

INILAH KISAH NYATA SAYA . . . . . . .DENGAN SOLUSI CEPAT KAYA
BAYAR HUTANG DENGAN CEPAT SUKSES DAN PUNYA USAHA SENDIRI
MOMENT BERSEJARAH BUAT HIDUP SAYA DAN KELUARGA
Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara indonesia saya di panggung ini, Tuhan telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya sejak bulan Mei 2017, kesaksian dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
Nama saya Y Sigit Wijatmaka, islam dalam agama dan saya berasal dari kota Serang indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, saya seorang pemasar dan juga seorang penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua hal di platform ini yang yang membutuhkan dan mencari dana dengan cepat yang tulus.
Saya dan istri saya dapat Anda lihat di foto profil saya berada dalam hutang yang sangat besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman secara cepat dan instan tanpa resiko untuk melunasi hutang dan kami menghubungi KI JAMBRONG untuk mengajukan pinjaman dari PENARIKAN DANA GAIB yang pada bulan MEI 2017 yang lalu,
INILAH KISAH PAHIT SAYA . . . .ATAU BISA DIBILANG DALAM SEJARAH HIDUP SAYA YANG KELAM
kami ditipu oleh pemilik PERUSAHAAN dengan meminta kami membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjamannya, kami kehilangan sekitar 55 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayar, kami tidak mendapat pinjaman dan saya dan istri saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan .

AWAL TITIK BALIK KEHIDUPAN SAYA. . . .BISA DIBILANG INILAH KISAH HIDUP SUKSES SAYA

Jadi, Tuhan sangat baik hati, kami berdoa agar Tuhan mengarahkan kami ke seorang yang bisa membantu keadaan dan ke uangan kami,pada hari yang bersejarah dalam hidup saya tepatnya pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2017, saya sedang browsing internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita indonesia dengan nama Novi Setyaningsih dengan alamat facebook/email setyaningsihnovi@yahoo.com
yang berasal dari kota megalang, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan finansialnya melalui KI JAMBRONG dengan pinjaman DANA GAIB dia meminta saya untuk menghubungi KI JAMBRONG dan dia mengenalkan saya kepada KI JAMBRONG dan dia memberi saya keberanian UNTUK mengajukan pinjaman dari KI JAMBRONG dan saya pun menghubungi beliau dengan NOMOR 0853-1712-1219
dan SAYA mendapat pinjaman dari KI JAMBRONG sebesar 5 MILYAR yang merupakan pemilik PADEPOKAN . PENARIKAN DANA GAIB yang kemudian mengubah hidup saya sebelumnya yang di hina dan tidak dihargai oleh orang ,sekarang saya sudah berkecukupan dan mapan sebagai 1 keluarga punya usaha sendiri dan MOBIL PRIBADI kemudian untuk informasi lebih lanjut tentang KI JAMBRONG bisa MENGHUBUNGI = 0853-1712-1219 BELIAU benar-benar membantu kehidupan saya pinjaman dari DANA GAIB benar-benar mengubah hidup saya TERIMA KASIH KI JAMBRONG SEMOGA SEHAT SELALU
akhirnya 5 Milyar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219.)

ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
Tuhan memberkati kalian semua!

Solusi Cepat Kaya said...

INILAH KISAH NYATA SAYA . . . . . . .DENGAN SOLUSI CEPAT KAYA
BAYAR HUTANG DENGAN CEPAT SUKSES DAN PUNYA USAHA SENDIRI
MOMENT BERSEJARAH BUAT HIDUP SAYA DAN KELUARGA
Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara indonesia saya di panggung ini, Tuhan telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya sejak bulan Mei 2017, kesaksian dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
Nama saya Y Sigit Wijatmaka, islam dalam agama dan saya berasal dari kota Serang indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, saya seorang pemasar dan juga seorang penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua hal di platform ini yang yang membutuhkan dan mencari dana dengan cepat yang tulus.
Saya dan istri saya dapat Anda lihat di foto profil saya berada dalam hutang yang sangat besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman secara cepat dan instan tanpa resiko untuk melunasi hutang dan kami menghubungi KI JAMBRONG untuk mengajukan pinjaman dari PENARIKAN DANA GAIB yang pada bulan MEI 2017 yang lalu,
INILAH KISAH PAHIT SAYA . . . .ATAU BISA DIBILANG DALAM SEJARAH HIDUP SAYA YANG KELAM
kami ditipu oleh pemilik PERUSAHAAN dengan meminta kami membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjamannya, kami kehilangan sekitar 55 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayar, kami tidak mendapat pinjaman dan saya dan istri saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan .

AWAL TITIK BALIK KEHIDUPAN SAYA. . . .BISA DIBILANG INILAH KISAH HIDUP SUKSES SAYA

Jadi, Tuhan sangat baik hati, kami berdoa agar Tuhan mengarahkan kami ke seorang yang bisa membantu keadaan dan ke uangan kami,pada hari yang bersejarah dalam hidup saya tepatnya pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2017, saya sedang browsing internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita indonesia dengan nama Novi Setyaningsih dengan alamat facebook/email setyaningsihnovi@yahoo.com
yang berasal dari kota megalang, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan finansialnya melalui KI JAMBRONG dengan pinjaman DANA GAIB dia meminta saya untuk menghubungi KI JAMBRONG dan dia mengenalkan saya kepada KI JAMBRONG dan dia memberi saya keberanian UNTUK mengajukan pinjaman dari KI JAMBRONG dan saya pun menghubungi beliau dengan NOMOR 0853-1712-1219
dan SAYA mendapat pinjaman dari KI JAMBRONG sebesar 5 MILYAR yang merupakan pemilik PADEPOKAN . PENARIKAN DANA GAIB yang kemudian mengubah hidup saya sebelumnya yang di hina dan tidak dihargai oleh orang ,sekarang saya sudah berkecukupan dan mapan sebagai 1 keluarga punya usaha sendiri dan MOBIL PRIBADI kemudian untuk informasi lebih lanjut tentang KI JAMBRONG bisa MENGHUBUNGI = 0853-1712-1219 BELIAU benar-benar membantu kehidupan saya pinjaman dari DANA GAIB benar-benar mengubah hidup saya TERIMA KASIH KI JAMBRONG SEMOGA SEHAT SELALU
akhirnya 5 Milyar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219.)

ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
Tuhan memberkati kalian semua!

Amalia Amangkurat ( HOW I GOT MY DEBT AND BUSINESS LOAN FROM GENUINE MOTHER RIKA ANDERSON LENDER said...

Nama saya Ibu Amalia Amangkurat, saya seorang janda dan saya kehilangan suami saya 4 tahun yang lalu dan saya merawat anak-anak, sekarang saya menghasilkan uang untuk membayar uang sewa dan beberapa hutang tapi saya tidak mempunyai uang untuk membayar, tapi kakak saya bercerita tentang pinjaman pinjaman ini yang menawarinya pinjaman sebelum saya harus mengambil darinya bahwa dia orang yang baik, jadi saya mengajukan pinjaman sebesar 50000 dolar, jadi setelah proses pinjaman dipindahkan ke rekening saya dan Hari ini saya memiliki toko apakah saya menjalankan bisnis saya dan hari ini saya telah melunasi hutang saya dan semua tagihan saya, Ibu Rika Anderson adalah pemberi pinjaman yang baik baik Ibu tentang dia menghubungi dia di email rikaandersonloancompany@gmail.com , Twitter rikadiananderso, Instagram rikaandersonloancompany, Viber: +12676524965untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana mendapatkan pinjaman. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya via amaliaamangkurat@gmail.com

Hendra may said...

assalamualaikum
Nama saya Hendra Mungkin saya mengalami masalah keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera diambil untuk beristirahat ketika teman saya memperkenalkan saya kepada ibu Yuliana di Awalnya saya pikir itu akan tetap menjadi permainan membosankan yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka mendapat kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan dengan proses saya bisa mendapatkan pinjaman dari 430.000.000 juta di Bank Akun Asia Tengah (BCA) ketika saya menggunakan ponsel saya, saya tidak pernah percaya, saya kira saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa benar bahwa ibu kontak sekarang mengalami terobosan yang memilukan dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {DC0030C8} atau Anda ingin mengonfirmasi dari saya? Anda dapat menghubungi saya melalui email saya: {hendramay77@gmail.com} dan Anda juga dapat menghubungi perusahaan ANTHONY YULIANA LENDERS melalui surat: {anthony.yulianalenders@gmail.com}

Hendra may said...

assalamualaikum
Nama saya HENDRAMAY Saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera diambil untuk beristirahat ketika teman saya memperkenalkan saya kepada ibu Yuliana pada awalnya. Saya pikir itu masih akan menjadi permainan membosankan yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka mendapat kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan dengan proses saya bisa mendapatkan pinjaman dari 430.000.000 juta di Bank Central Akun Asia (BCA) ketika saya menggunakan ponsel saya, saya tidak pernah percaya, saya kira saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa benar bahwa ibu yang menghubungi sekarang mengalami terobosan yang memilukan dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu miliknya INVITE BBM: {DC0030C8} atau Anda ingin mengonfirmasi dari saya? Anda dapat menghubungi saya melalui email saya: {hendramay77@gmail.com} dan Anda juga dapat menghubungi perusahaan ANTHONY YULIANA LENDERS melalui surat: {anthony.yulianalenders@gmail.com}

Indriaty Manirjo said...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

"ISKANDAR LENDERS" said...

Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan usaha menengah yang baik? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya ?. Pelamar yang tertarik harus Menghubungi kami melalui email: BBM INVITE: {D8980E0B}
WhatsApp Only: {+ 33753893351}
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

   Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, Tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang layak Anda dapatkan, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pada pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik. Pelamar yang tertarik harus Menghubungi kami melalui email: BBM INVITE: {D8980E0B} WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

   Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Keuangan Komersial dan Pengembangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan tingkat bunga rendah sebesar 1,00% per annul untuk perorangan, perusahaan dan badan perusahaan. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Menghubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Aasimah Aadila said...

Dewan direksi WhatsApp .. + 14692402347
Email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
Ikuti kami di instagram @
Aasimahaadilaahmed.loanfirm
Twitter; aasimhaloanfirm

BERITA BREAK! BERITA BREAKING !! BERITA BREAKING. perusahaan pinjaman cepat dan nyata asli online terbaik telah datang dengan paket pinjaman yang lebih besar untuk semua klien tahun ini 2019. Terapkan untuk pinjaman Anda sekarang
adakah anda memerlukan pinjaman, melakukan memerlukan pinjaman segera, adakah anda memerlukan pinjaman cepat, adakah anda memerlukan pinjaman peribadi, adakah anda memerlukan pinjaman yang besar, adakah anda memerlukan pinjaman perniagaan, Adakah anda memerlukan pinjaman untuk pelaburan terlebih dahulu, adakah anda memerlukan pinjaman jangka panjang, adakah anda memerlukan pinjaman jangka pendek, adakah anda mendapatkan pinjaman tidak bercagar, membayar pinjaman hari yang anda perlukan, adakah anda memerlukan hari yang buruk pinjaman, keseluruhan pinjaman ibu negeri yang saya perlukan, adakah anda mahu pinjaman kereta, adakah anda mahu Morgage pinjaman, adakah anda mahu pinjaman bercagar, adakah anda mahu pinjaman rumah, Kemudian firma pinjaman yang membawa kembali kita pakej yang serendah 1%, pinjaman tanpa faedah, anda bebas untuk mendapatkan anda pinjaman cepat, untuk merealisasikan matlamat anda pada tahun baru ini, semoga allah memberkati anda, inshaillah
Email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

MAHMU SIMON said...

Halo orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya pada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang sangat asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON LOAN FIRM, setelah saya ditipu pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus percaya, kemudian dia datang dan tersenyum lebar di wajah saya dalam kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru terima kasih kepada ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang kamu dengar tapi aku saksi dan jika aku berbohong mungkin ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman murni dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

Nyonya Elina Johnson dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM cukup hubungi dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Ny. Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

"ISKANDAR LENDERS" said...

Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Kembali Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus
Hubungi kami via
Hanya WhatsApp: [+ 44] 7480 729811
Tel .... [+ 44] 7480 729811
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Widya Okta said...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Muhammad Sunarya said...


Halo,
Selamat siang warga Indonesia saya ada di sini untuk memberikan peringatan yang baik untuk semua warga negara Indonesia, Harap berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak pemberi pinjaman di sini semua penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 30 juta rupiah Indonesia dan saya diminta untuk membayar biaya dan saya membayar, mereka bertanya berulang kali, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, kebetulan menunjukkan kepada saya sekitar 3 kali dari berbagai perusahaan pinjaman, saya ingin Anda bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

Tuhan menjadi mulia. Saya bertemu seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada perusahaan ibu Muslim yang setia. CHERYL MARTINS LOAN FIRM, saya melamar 50 juta rupiah, saya pikir itu lelucon dan penipuan, tetapi saya memiliki pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 1% tanpa penundaan. Saya sangat senang karena saya menyelamatkan dari orang miskin dan saya menggunakan media untuk memberi tahu Anda bahwa perusahaan induk Muslim yang setia adalah perusahaan yang sah dan dapat diandalkan, saya menerima pinjaman dari perusahaan yang sangat cepat dan dinamis.

jadi saya sarankan semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi CHERYL MARTIN LOAN FIRM dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjaman hanya dalam 24 jam setelah mendaftar. Alamat email: CHERIL.MARTINSLOANFIRM@GMAIL.COM atau Whatssap (+2349014625526)
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dan bantuan dengan Sunarya Muhammad.
alamat email saya adalah asepsuarya87@gmail.com

agent smith said...

It is a well-known fact that Illuminati consist of Multi Millionaires,
BillionairesI who have major influence regarding most global affairs,including the planning of a New World Order. Many world leaders,
Presidents, Prime Ministers, royalty and senior executives of major Fortune
500 companies are members of Illuminati. join a secret cabal of mysterious
forces and become rich with boundless measures of wealth in your company or
any given business, the great Illuminati can make everything possible just
contact : join666cult@gmail.com or WhatsApp +1(646)481-0376 EL
IAI LEXION Thaddeus Iam Vice-President of Citizen Outreach THE ILLUMINATI
ORGANIZATION

Do not hesitate to contact us by WhatsApp.

Whatsapp: +1(646)481-0376
Email : join666cult@gmail.com

BEWARE OF SCAMMERS, THERE IS NO SUCH THING AS REGISTRATION FEE AND YOU MUST
BE ABOVE THE AGE OF 18YRS.
THANKS.

HAFIZUL BIN HAZIQ said...

e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

email:::::::hafizulbin365@gmail.com
Name::::Hafizul Bin Haziq
Country:::Malaysia

Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785k yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440k telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

Country::::::Malaysia
Name::::::::Hafizul Bin Haziq
email::hafizulbin365@gmail.com
Telephone Number:[+60]1123759663
WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

HAFIZUL BIN HAZIQ said...

e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

email:::::::hafizulbin365@gmail.com
Name::::Hafizul Bin Haziq
Country:::Malaysia

Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785k yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440k telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

Country::::::Malaysia
Name::::::::Hafizul Bin Haziq
email::hafizulbin365@gmail.com
Telephone Number:[+60]1123759663
WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

Annabelle Johnson said...

Lingkaran cahaya,
Saya Annabelle Johnson Saya ingin menerima kerja baik Tuhan dalam hidup saya kepada rakyat saya mencari pinjaman di Asia dan bahagian lain perkataan, kerana ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Saya kini tinggal di jakarta di sini di indonesia. Saya seorang Janda dengan empat orang anak dan saya terjebak dalam keadaan kewangan pada bulan Julai 2017 dan saya perlu membiayai semula dan membayar bil saya.
Saya mangsa penipuan kredit 4 kredit, saya kehilangan banyak wang kerana saya sedang mencari pinjaman daripada syarikat mereka. Saya hampir mati dalam proses kerana saya ditangkap oleh orang-orang dari diri saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan rakan-rakan saya menerangkan keadaan saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada syarikat pinjaman yang dipercayai oleh GLOBAL FINANCE LIMITED.
Bagi orang yang mencari pinjaman? Oleh itu, anda perlu berhati-hati kerana banyak syarikat di internet adalah penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata dalam syarikat pinjaman palsu.
Saya mendapat pinjaman dari GLOBAL FINANCE LIMITED Rp500.000.000 dengan mudah dalam tempoh 24 jam selepas saya memohon, maka saya memutuskan untuk menerima kerja baik Allah melalui GLOBAL FINANCE LIMITED dalam kehidupan keluarga saya. Saya dengan senang hati menasihati anda jika anda perlukan dan sila hubungi GLOBAL FINANCE LIMITED. Hubungi mereka melalui e-mel :. (augustaibramhim11@gmail.com)
Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya di (annabellej24johnson111@gmail.com) jika anda merasa sukar atau ingin.

Nabilah Ashraff (TERIMA KASIH) RIKA ANDERSON FINANCE Konsolidasi hutang dan pinjaman Bisnis said...

PENGUJI: Nabilah Ashraff
LOKASI: Semarang di Indonesia
email: nabilahashraff@gmail.com
HIBAH PINJAMAN: Rp500.000.000
BANK RAKYAT INDONESIA

PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
ALAMAT: Amerika Serikat
EMAIL PERUSAHAAN: rikaandersonloancompany@gmail.com
KONTAK PERUSAHAAN / WHATSAPP: +1 (323) 689-3663

Damai selalu bersamamu! Nama saya ny. Nabilah Ashraff dari Karel Sasuit Tubun di Semarang Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman disini, banyak kreditor disini adalah penipu dan mereka disini untuk menipu anda dengan uang anda.

Saya meminjam sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta, jadi saya tidak dapat pinjaman, Tuhan yang mulia, saya bertemu dengan teman online harum ahmadzulkifli harumahmadzulkifli@gmail.com dan endang nisrina endangnisrina@gmail.com yang bersaksi tentang bagaimana dia mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, maka dia memperkenalkan saya kepada ibu. RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, dan saya mengajukan 500 juta, menurut saya ini lelucon dan curang, tapi saya mendapatkan pinjaman di rekening BRI saya dalam waktu kurang dari 4 jam hanya 2% tanpa agunan.

Saya sangat senang bisa selamat dari kemiskinan. Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Anda. Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberi kita semua umur panjang dan kemakmuran.

julia simon said...

nama saya Julia Simon, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya membutuhkan modal besar $ 200.000,00. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan hal ini. pada Januari 2018, teman saya memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. Augusta Ibramhim, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan pinjaman tempat dia bekerja. Ibu yang baik, Augusta Ibramhim, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan melanjutkan untuk memberkatimu. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia bahwa ada banyak scammer di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Augusta Ibramhim dan Anda dapat menghubunginya melalui email: (augustaibramhim11 @ gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (juliasimon460@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. tolong dia satu-satunya orang yang bisa diandalkan dan dapat dipercaya.

Terima kasih.

charity white said...

Halo,
Ini untuk memberi tahu publik bahwa Ny. Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki peluang finansial bagi semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada perusahaan dan perorangan. Tidak membutuhkan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan sensitif. Hubungi kami melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

Angga Annisa said...

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

Celina George Loan Company said...

Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? Apakah Anda menghadapi krisis keuangan atau membutuhkan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri?

Apakah Anda membutuhkan dana untuk melunasi hutang atau membayar tagihan atau memulai bisnis yang baik?

Apakah Anda memiliki nilai kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan layanan permodalan dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

Ini adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan layanan keuangan dari perusahaan kami. Kami menawarkan keuangan berikut kepada individu-
* Pembiayaan komersial
* Keuangan pribadi
* Bisnis keuangan
* Pembiayaan konstruksi
* Pembiayaan bisnis dan lainnya: suku bunga @ 1%; Hubungi Kami Melalui

DATA APLIKASI

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Pekerjaan:
6) Nomor Telepon/ WA:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8) Pendapatan Bulanan:
9) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
10) tujuan pinjaman
11) Jangka Waktu Pinjaman:
12) Tanggal Lahir:
13)  Email

Email: celinageorgeloancompany@gmail.com 
Whatsapp +1(310) 878-1134
http://www.wasap.my/+13108781134/celinageorgeloancompany
Twitter: @LonCelina

«Oldest ‹Older   201 – 226 of 226   Newer› Newest»
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...