Sunday, December 9, 2012

Toilet Training Naya


Biarpun sudah agak lama lewat, saya lagi ingin cerita soal toilet trainingnya Naya nih! Engga apa-apa ya telat-telat dikit:p

Sebenarnya kalau menurut teori, sebaiknya proses toilet training dimulai saat anak sudah mulai bisa mengendalikan otot pencernaan dan juga bladder alias kandung kemihnya. Bagaimana cara mengetahui apa anak kita sudah bis amengendalikan otot pencernaan dan bladder ini?

Beberapa tandanya adalah anak mulai mempunyai ‘jadwal’ yang sama setiap harinya untuk BAB. Misalnya, kalau Naya, pasti BAB sekitar jam 7-8 pagi setiap hari. Selain itu, popok selalu kering saat tidur siang atau setidaknya dalam 2 jam. Anak juga tidak pernah BAB saat malam hari.

Banyak penelitian yang bilang kalau umur yang sangat pas untuk mulai mengajari anak toilet training adalah sekitar 22-30 bulan. Anak cowok rata-rata berhasil lulus di usia 38 bulan, sementara anak cewek di usia 36 bulan.

Sebenarnya saya baru berencana melatih Naya toilet training saat Naya berusia 12 bulan. Tapi nyatanya, sejak usia 7 bulan-an (lupa persisnya) Naya selalu BAB di jam yang sama setiap paginya, selain itu clodi yang dipakai saat tidur siang hari selalu kering. Akhirnya saya berpikiran bahwa otot-otot bladder Naya sudah siap dilatih.

Yang sangat memudahkan saya melatih toilet training adalah sifat Naya yang jijikan. Eh beneran lho, Naya ini jijikan sekali anaknya. Pegang handuk saya engga mau, jijik katanya-_-“. Mahal-mahal dibelikan Playdough, pegang saja engga mau. “Jijiiik ma, jijiiiik.” Apa kabar ya kalau kelak Naya jadi dokter? Beuh, pipis aja masih ngompol malah mikirin jadi dokter:p Duh, PR banget buat emaknya nih!

Sejak bayi, setiap pipis atau BAB di clodinya, Naya pasti menangis minta diganti karena mungkin merasa jijik dan engga nyaman. Jadi sia-sia juga sebenarnya beli clodi mahal yang konon bisa menyerap sampai belasan jam karena ya itu tadi, walaupun bisa menyerap, kalau Naya sudah merasa jijik, ya tetap saja nangis minta diganti.Errrrrr.

Tapi seperti yang saya bilang, justru inilah menurut saya yang mendukung cepatnya Naya lulus toilet training. Sejak berencana melatih toilet training, saya mulai survei perlengkapan apa saja yang harus saya beli. *maklum,ratu survei:p*

Target saya yang pertama adalah Naya lulus toilet training untuk BAB.

Barang yang pertama saya beli adalah potty seat berbentuk bebek. Saya ingat, belinya waktu itu di Carrefour dan sedang diskon *emak-emakbangetyak*, sekitar 60 ribu rupiah saja harganya. Setiap Naya mulai ‘ngeden’ pertanda mau BAB, langsung saya geret si bebek, dan saya dudukkan Naya diatasnya. Awalnya memang agak susah karena Naya engga mau duduk disitu. Untung saja saya beli yang berbentuk bebek, Naya jadi merasa sedang bermain sehingga mau juga ditaruh disitu:) Jadi, kalau mau beli potty seat, mendingan beli yang lucu sekalian biar bisa dijadikan mainan:D

Saya juga rajin memberitahu Naya “Naya kalau mau pupup, harus bilang mama ya. Biar pupupnya di bebek.”. Saya yakin walaupun masih bayi, Naya mengerti omongan saya. Buktinya setelah kurang lebih sebulan berlangsung, setiap Naya mau BAB, dia akan menunjuk bebek sambil teriak ke saya.

Alhamdulillah, sejak usia 8 bulan itu, Naya –hampir- engga pernah BAB di clodi atau disponya lagi. Eh, tapi PR saya masih ada lho! Bagaimana ‘memindah’ si bebek menjadi toilet di kamar mandi?

Ada kejadian yang lucu –dan agak nyebelin juga sih sebenernya- soal si bebek ini. Karena sepertinya pikiran Naya terpaku pada omongan saya ‘Naya kalau mau pupup harus di bebek’, jadilah pergi kemana pun , saya pasti membawa si bebek ini kemana-mana. PR beneeeer! Bayangin dong, saya ajak Naya jalan-jalan ke mall, terus tiba-tiba Naya mulai ngeden dan teriak-teriak ‘ngasih tau’ saya mau pup. Saya bawa ke toilet mall malah nangis teriak-teriak engga mau. Saya baru ngeh, kalau Naya maunya BAB di bebek tadi. –Just like what I told her- Errrr.

Pernah juga Naya mau BAB saat kami masih di jalan. Saya sempat panik karena Naya marah-marah, ngeden tapi engga ada si bebek. Saya bilang ‘Naya kalau mau pupup engga apa-apa di dispo aja. Kan ini di jalan.”.  Ucapan yang pada akhirnya saya sesali karena membuat saya tidak konsisten dan tentunya membuat Naya jadi bingung. Beberapa hari setelah itu, kembalilah Naya BAB di popoknya bukan di bebek lagi. Satu pelajaran yang saya dapat, sebelum memulai toilet training ini, usahakan untuk selalu konsisten, penting!

Untunglah setelah saya ajak omong, Naya bisa mulai kembali BAB di si bebek. Akhirnya emaknya ngalah deh, bawa si bebek kemana-mana di mobil. Biarpun bentuknya engga modis sama sekali dan kurang cocok dibawa di mobil.

Balik lagi ke soal PR saya memindah Naya BAB dari si bebek ke toilet kamar mandi.

Lagi-lagi, saya terus mengajak Naya ngomong soal ini. “Naya sekarang kalau mau pupup di kamar mandi yaa. Di toilet, bukan di bebek lagi.”

Saat dibawa ke kamar mandi, Naya teriak ketakutan. Bukannya BAB malah jadi histeris. Saya bingung juga bagaimana caranya sampai saat jalan-jalan ke Ace Hardware, saya menemukan wallsticker yang lucu. Beberapa binatang seperti buaya, beruang, jerapah, kelinci, dll. Saya beli dan tempel wallsticker lucu-lucu itu di kamar mandi.

Saya bilang, “Naya engga usah takut di kamar mandi. Lihat tuh, banyak temannya kan. Ada buaya, ada jerapah, ada monyet, dll. Engga usah takut yaaa.”

Sekitar seminggu setelahnya, Naya sudah bisa BAB di kamar mandi sambil mengoceh mengajak ngobrol ‘teman-teman’nya. I was very proud!

PR selanjutnya buat sang emak adalah melatih toilet training pipis. Duh, serius ini susaaaaah sekali. Biarpun saat itu Naya sudah bisa bilang “Ma, pissss.” Kalau mau pipis, tapi belum diajak ke kamar mandi, ternyata sudah pipis duluan-_-“.

Akhirnya saya buat aturan, no clodi and no dispo in the house at noon. Clodi atau dispo hanya dipakai di malam hari. Maksud saya, supaya Naya bisa merasakan sendiri betapa tidak nyaman rasanya kalau mengompol. Selain bau, lengket, pasti engga enak rasanya! Saya emang memanfaatkan jijikannya Naya nih hehehe.

Selain itu setiap 2 jam, saya minta ke nannynya untuk membawa Naya ke toilet. Hal ini teruuuuus berlangsung sampai akhirnya Naya lulus toilet training tepat di hari ulangtahunnya yang pertama. Woohooooo, goodbye clodi, goodbye dispo! Lumayan, ngirit uang belanja!

Oh ya, saya engga pernah lupa untuk ngasih 'reward' buat Naya setiap dia berhasil engga ngompol. Ucapan 'Duh pinternya anak mama' walaupun simple tapi bisa membuat Naya happy banget lho! Dan setelahnya, dia jadi berusaha buat engga ngompol lagi:D
Walaupun begitu, tetap saja saya punya persediaan dispo sampai sekarang, -Naya sudah engga pakai clodi-. Namanya juga masih bayi sih ya, kadang-kadang kalau ngambek misalnya ditinggal pulang nannynya, atau saya tinggal jaga, bentuk protes Naya adalah dengan mengompol:’(

Di malam hari pun Naya masih saya pakaikan dispo, karena beberapa kali kebablasan mengompol. Kalau BAB sih Alhamdulillah sudah benar-benar lulus:)

Target saya, lepas usia 2 tahun, Naya benar-benar bebas dispo! Doakan sayaaaaaaa<#

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...