Wednesday, December 19, 2012

Naya 20 Bulan

Update dulu yak soal Naya di umur 20 bulan (atau kurang lebih 18 usia koreksi) ini:D

Dari segi motorik kasar, Naya udah lancar jaya naik turun tangga *diiringi teriakan penuh keparnoan emaknya, tentu saja*, suka lompat-lompat meniru kelinci, dan masih suka banget nari, terutama "nayi atung". Apakah itu nari patung? Jadi Naya nari kian kemari seperti ada badai, terus tiba-tiba berhenti dan freezed seperti patung. Lucu banget deh, kalau jadi patung pas posenya aneh-aneh. Misalnya pas angkat satu kaki, dia jadi patung. Lama-lama jatuh, terus nangis. Eh abis gitu, minta nari patung lagi. Hahahaha dasar bayi!

Dari bahasa, tambah -masyaAllah- bawelnya. Sampai-sampai, bapaknya  tega menyebut Naya sebagai "radio rusak" :))  Tapi beneran lho, ampun deh, ngomooooong teruuuuus, engga bisa berhenti sedetik pun.

Suatu pagi, waktu saya siap-siap ke rumah sakit.
N : "Mama, aya ikut dong."
M : "Ikut kemana kak?"
N : "Ikut mama keja"
M : "Lho, kakak aya kan nanti sekolah."
N: "Aya ngga mau sekoyah. Mau keja. Sama mama."
M: " Di rumah sakit engga ada perosotan, engga ada ayunan. Mau?"
N: "Mau. Mau. Mau." *angguk-angguk kepala*
M: "Engga boleh sayang, kerja itu untuk orang gede. Anak kecil sekolah. Oke?"
N: "Aya (sudah) gede. Kici (yang) kecil"
M:-_-"

Naya juga lagi suka memilih baju sendiri untuk dipakai. Ngotot beneran lho! Engga mau dipakaikan baju yang dipilihkan orang lain.
Pernah ya, ada temannya berulangtahun di mall. Naya -seperti biasa- memilih bajunya sendiri yang menurut saya errrr.. seperti pemain sirkus-_-"


Disuruh ganti engga mau, malah teriak-teriak. Akhirnya setelah secangkir air tidak sengaja tertumpahkan oleh emaknya ini, mau ganti juga:p

Kosakata Naya bertambah banyaaaak sekali. Terkadang saya heran juga, perasaan saya engga pernah ngajarin Naya, kok bisa ya? Misalnya saja, kemarin Naya menunjukkan saya balon dari Pizza Hut yang dibentuk menjadi topi. Kemudian oleh babysitternya, tak sengaja terlepas sehingga bentuknya menjadi engga karuan.
N: "Yaaahh.. Mbak Yasciiiii Mbak Yasciiii" *sambil geleng-geleng kepala*
M: "Kenapa kak?"
N: "Bayon aya lepas."
Kemudian Naya masih geleng-geleng kepala kemudian bilang "Payah!".

Errrrrrr...yang ngajarin siapa yaa? Saya engga pernah mengijinkan Naya menonton televisi. Di rumah, televisi hanya ada di kamar saya dan pembantu. Saya yakin Naya engga pernah masuk ke kamar pembantu karena Naya engga kuat panas:D

Setelah saya pikir-pikir lagi, baru ngeh deh. Saya -secara engga sengaja- yang ngajarin Naya ngomong gitu. Saya ingat pernah ngomong seperti itu untuk becandaan dengan teman lewat telpon. Rupanya Naya mendengar dan mengingatnya terus. Duhhhh, emaknya ni gimane sih:p

Beneran deh, saya harus lebih berhati-hati lagi dalam bersikap dan berucap karena ada Naya yang seperti spons, mampu menyerap segalanya dan menirukan tentunya:)

Naya masih suka baca buku cerita. Setiap lihat emaknya yang kece ini, pasti langsung ngegotong buku ceritanya sambil teriak "Ma, celita ma celita!".
Dan Naya bener-bener ingat semua yang pernah saya ceritakan lho! Kadang, kalau saya ngantuk engga ketulungan, Naya yang saya suruh cerita. Eh dia mengulang semua ceritanya persis seperti yang saya ceritakan. Kira-kira kayak gini nih kalau Naya cerita:
"Mama, ini pus. Bunyinya gimana ma? (Saya tirukan suara kucing). Nah, mama pintel deh. Ini mama pus. Namanya mamam. Ini papa pus. namanya papap. Pus dud atau beb ma? (Good atau bad). Pus beb. Pus nakal. blablablablablablabla..."

Sayang sekali saya engga pernah berhasil ngerekam Naya cerita via video karena begitu dia sadar ada video yang on, pasti langsung berhenti ceritanya dan malah...pose-_-".

Naya juga sedang suka menggambar. Kalau dilihat sih cuma coretan berwarna-warni aja. Tapi setiap ditanya "Kak Aya, ini gambar apa sih?", Naya selalu menjawab panjang lebar seperti kalau dia sedang bercerita. Emang bakat bawel engga kemana ya:p

Naya masih susah disuruh menggosok gigi. Walaupun sudah bisa, tapi adaaa saja alasannya kalau disuruh menggosok gigi sendiri. PR nih buat saya.

Naya lagi suka mainan masak-masakan. (Pura-pura) memotong, menyiapkan panci sampai menyuapi boneka atau emaknya. Tak lupa bertanya "Enak kan ma? Nayaaaa..." Errrr...
Setelahnya, mencuci dan mengeringkan tangan sendiri di wastafel.

Apa lagi yaaa? Kalau ingat, nanti diupdate lagi yaa:D



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...