Sunday, January 29, 2012

Brain Foods for Kids


Yayy! Another book-review published on The Urban Mama. You can see the complete version here.

Brain Foods for Kids
Penulis: Nicola Graimes
Penerbit: Erlangga
ISBN: 9797811689
Harga: Rp. 75.000 (saya beli saat diskon 50% jadi Rp. 37500)


Saya sangat percaya bahwa memperhatikan apa yang kita makan sangat penting untuk kesehatan. Untuk bayi atau anak-anak, bahkan lebih penting lagi karena pertumbuhan organ tubuhnya sangat dipengaruhi asupan makanan, termasuk otak. Pola makan yang sehat, bergizi dan mengandung bahan makanan tertentu akan dapat membantu anak untuk mengembangkan daya ingat, daya konsentrasi, bahkan kemampuan belajar.

Tentu saja asupan makanan bergizi dan sehat setiap hari lebih baik dari sekedar vitamin atau suplemen yang konon dapat ‘membantu mencerdaskan anak’ yang dijual di pasaran. Masalahnya, untuk saya yang tidak bisa memasak, susah sekali memikirkan bagamana memasak makanan yang bergizi, dan dapat membantu pertumbuhan otak Nayara. Untungnya, saya menemukan buku Brain Foods for Kids ini.

Buku ini berisi 127 halaman mengenai makanan yang berguna untuk pertumbuhan otak anak agar kelak. Bukan hanya resep membuatnya, tapi juga info mengenai kandungan apa saja yang terdapat dalam bahan makanan tertentu, fungsinya untuk nutrisi otak anak, sampai bagaimana seharusnya cara kita menyiapkan makanan agar tidak merusak kandungannya.

Contohnya, seperti yang saya kutip dari buku ini, mengukus atau menumis lebih dianjurkan daripada merebus karena merebus dapat merusak vitamin larut air seperti vitamin B kompleks dan C. Selain itu, sebaiknya memasak sayuran dilakukan secara utuh atau dalam potongan besar untuk membantu mempertahankan nutrisinya. Jujur, saya baru tahu lho!

Buku ini juga membahas makanan yang dapat melemahkan fungsi otak. Dikatakan, salah satu penyebab turunnya kemampuan otak ialah gula olahan yang terdapat pada makanan yang dproses seperti permen, kue, biskuit, dan sereal yang manis. Wah, setelah membaca buku ini, saya jadi lebih waspada lagi dalam memilihkan makanan untuk Nayara.

Saya kutipkan satu resep dari buku ini buat para urban Mama yang ingin tahu nih, siapa tahu ada yang ingin mencoba membuatnya.

Pizza Pemberi Tenaga

Semua anak menyukai pizza. Pizza buatan sendiri menawarkan serangkaian nutrisi yang cukup lengkap. Jenis yang mudah dibuat ini sangat tepat untuk perut kosong si mungil yang harus diisi dalam sekejap.

Untuk 2 porsi

2 muffin wholemeal, belah 2.
4 sdt pesto merah.
1 buah tomat, buang bijinya dan cincang.
2 sdm keju mozarella serut.
Panaskan wajan dengan suhu sedang. Lapisi dengan kertas aluminium. Panggang muffin pada sisi yang tidak terpotong.
Campurkan pesto dan tomat, oleskan ke muffin yang sisinya belum dipanggang. Lapisi dengan keju mozarella dan taruh kembali di panggangan selama 3-5 menit sampai meleleh, Biarkan sebentar agar dingin sebelum disajikan.
Kelihatannya mudah ya? Saya sendiri belum mencobanya karena Nayara masih memakan bubur halus. Tapi pasti saat Nayara sudah toddler, saya akan mencoba ini. Sehat dan bernutrisi!

Masih banyak lagi resep makanan yang bisa dicoba mamas di buku ini. Kata siapa makanan sehat dan bernutrisi harus ribet membuatnya? Untung ada buku Brain Foods for Kids!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...