Wednesday, January 11, 2012

Babywalker, Yes or No?

Sejak Naya bisa berdiri dan mulai minta dititah jalan, punggung dan kaki Meta rasanya pegeeeel banget. Kemana-mana nitah bayi yang tingginya sepinggang kita aja engga bikin Meta harus membungkuk terus buat nitah Naya.

Kenapa engga pake babywalker aja sih, Met?

Alhamdulillah, waktu Naya lahir, ada seorang kerabat yang berbaik hati ngasih babywalker. Langsung deh Meta simpen di gudang:D

Sebenernya ada beberapa alesan Meta untuk engga make babywalker buat Naya.

1. Banyak kejadian kecelakaan pada bayi pengguna babywalker. Meta sih selama praktek engga pernah nemuin kejadian kaya gini. Tapi hasil browsing, kecelakaan dari babywalker tuh ada di top 10 bayi-bayi yang dateng ke UGD di Amrik sono. Makanya, di sana, babywalker udah dilarang penggunaannya. Bisa jadi, sebenernya di Indonesia pun banyak, tapi engga terekspos karena dianggap biasa aja. Anak jatoh biasa bukan?:p
Pastinya banyak yang ngelawan alesan ini. Meta sendiri waktu kecil dulu pake babywalker lho, dan engga pernah kejadian tuh jatoh atau terjungkal dari babywalker.

Cumaaaaa, karena (lagi-lagi) Meta engga mau ngambil resiko sekecil apapun buat Naya, so byeeee babywalker!

2. Coba perhatiin deh, babywalker engga melatih bayi buat jalan sama sekali. Otot-otot kaki dan paha engga bekerja di babywalker. Keliatannya sih jalan, padahal bayi di dalem babywalker cuma nyeret babywalker beroda biar 'keliatannya' jalan.
Otot kaki dan pahanya ya diem aja. Tinggal duduk atau berdiri dengan manis di dalem babywalker, terus mencondongkan tubuh ke satu arah, jalan deh tuh babywalker. Please, do pay attention with my choice of words. The babywalker that does the walk, not the baby.

3. Babywalker cenderung dijadiin sebagai alat 'nitip bayi sebentar' saat ibu atau babysitter atau keluarga yang lain mau ninggalin bayi buat ngapa-ngapain. Nonton tv misalnya, atau ke kamar mandi sebentar. Karena Naya sangat sangat hiperaktif *entah nurun siapa:p*, Meta takut, pengasuhnya jadi lengah gegara si babywalker.

Itu beberapa alesan kenamapa Meta engga make babywalker buat Naya. Cuma, karena sayang, akhirnya sang babywalker dipake juga buat meja mainan Naya. Lumayan, banyak mainan digantung dan ditempel di mejanya. Biar engga difungsiin jadi babywalker, semua rodanya Meta ambil:D Emak irit (atau pelit?:p)

Terus ngelatih jalan Naya gimana, Met?

Yaaaak, kembali lagi, menitah sampe encok pegel linu!:p
Gpp, semua worth kok:D

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...