Thursday, January 19, 2012

TV

Kemarin, salah seorang teman yang lagi hamil gede dan mau melahirkan bbm-an sama Meta.

X : "Met, elo langganan cable-tv engga?"
Meta :"iya, langganan. Emang kenapa?"
X :"Bingung aja nih, pasang engga yaaa. Soalnya kasian juga ntar kalo baby udah
lahir. Engga bisa nonton acara mendidik di tv kalo engga langganan. "
Meta : *bingung* *bengong*

Entah apa yang bikin salah kaprah, engga cuma buat teman yang ini lhoo, rasanya banyak orang lain, yang menganggap acara tv yang mendidik penting untuk bayi. Meta kenal teman yang bangga banget cerita kalo bayinya bisa anteng banget tiap nonton Dora the explorer. Ada lagi yang engga kalah bangga nge-twit kalo bayinya ketawa2 tiap nonton Barney.

Engga salah juga sih, lagi-lagi semua tergantung pada keyakinan masing-masing. Tapi buat Meta, haram hukumnya nyalain tv buat Naya. Apapun judulnya, seedukatif apapun merknya, Dora kek, Barney kek, Sesame Street kek, sorry, definetely not for my baby. At least not when she is still baby. Maybe its owkay when she is already a toddler.

Kenapa emang sih?
Well, Meta percaya, kalo di usia dini (baca:bayi), Naya engga ngerti apa-apa unless diajarin sama emaknya (atau orang lain). Jadi kalo misalnya banyak yang percaya nnonton tv bisa memperkaya kosakata bayi, i dont believe it.

Emang, Dora dan Barney banyak ngenalin kosakata baru. Tapi perlu diingat, kalo bayi sama sekali engga ngerti apa yang mereka omongin di TV. Engga ada kontak langsung, engga secara 2 arah, kok rasanya percuma yaa, secara hal terpenting dalam komunikasi adalah secara 2 arah dan ada mimik alias ekspresinya.
Gimana bisa ngarep bayi belajar kosakata untuk bekal berkomunikasi kalau prinsip dasar komunikasi aja engga ada dalam nonton tv?

Selain itu, Meta percaya kalo nonton tv di usia dini ngajarin bayi untuk engga fokus. Acara tv yang secara visual cepat sekali berganti bakal 'melatih' bayi terbiasa untuk melihat sesuatu atau melakukan sesuatu secara engga fokus. Jangan nyalahin anak sendiri kalo nantinya susah konsentrasi. Kan dilatih sejak bayi:D Masuk akal kan ya?

Yang ketiga, menurut Meta, TV menghambat kemampuan eksplorasi bayi. Di umur segitu, seharusnya bayi lagi senang2nya eksplor segala macem. Dengan tv, perhatiannya terpaku ke depan tv dan (bisa dipastikan) engga bakalan bisa eksplor apapun. Padahal kemampuan eksplorasi itu penting lho untuk tumbuh kembang bayi.
Kalo cuma liat TV, kemampuan yang bisa dilatih cuma kemampuan visual sama audio aja. Yang lain kaya kemampuan merasa, kinestetik dllnya terus mau dikemanain?:D

Alhamdulillah, mungkin karena engga dibiasain sejak lahir, sekarang Naya engga tertarik sama sekali buat nonton TV. Pernah ya, di sekolahnya ada acara nonton dvd Barney bersama. Teman Naya yang lain anteng liat Barney. Naya? sibuk loncat-loncat sendiri sambil narik-narik rambut emaknya:p

Meta emang langganan cable tv, tapi bukan buat Naya. Cuma biar bisa nonton How I Met Your Mother sama Switched At Birth aja kok:p

Pernah, sekali waktu Meta iseng nunjukkin kartun Garfield di TV ke Naya. Tapi lagi-lagi Naya lebih tertarik sama kucing asli yang dikejar-kejar sambil treak-treak 'huuus huuus' (baca:pus). And im so proud of it.

Bukannya anti tv, tapi kalo untuk Naya, engga sekarang-sekarang deh. Nanti, kalo menurut Meta Naya udah siap:D

1 comment:

Anonymous said...

Setuju banget mbaaaak...
Anakku pun (8m2w) gak dikasih nonton samsek..efek positif buat maknya,maknya jadi gk ngikutin infotainment..hohohohohoho...
Peluk cium dari Danisha buat mbak Nayaaa..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...