Saturday, September 27, 2008

Anak Jalanan

Sore ini, rencananya meta mau mdatangi sbuah klinik dmana nama meta telah terdaftar sbagai dokter jaganya wekekekek.. Tapi limabelas menit sbelumnya, tiba2 hp meta berbunyi, mnandakan masuknya telpon dari Rizal. Yaaah..last-minute calling nih..meta pikir..dan tnyata, benar skali sodara2.. Dsuruh syuting:(

Batal ke klinik, meta langsung cepet2 bongkar lemari buat nyamber kerudung yang ada di tumpukan paling atas, ga sempet milih2 lg dah -soalnya edisi spesial Ramadhan-, trus buru2 mdatangi venue.

Tempatnya di belakang terminal Joyoboyo kata Rizal-ky meta tau aj terminal Joyoboyo itu dmaneeee??;p- tapi akhirnya stelah mlewati beberapa guidance per telpon, nyampe juga meta ke sana.

Btw, bener2 deh.. para pguna jalan raya di Surabaya tcintah ini makin lama makin sadis aj, apalgi klo udah deket2 waktu buka puasa.. Ganas2 bin sangar2 smua.. Ga ada yang ngalah, dikit2 klakson, dikit2 klakson..huh..

Lanjut lagi, tnyata di tmpt syuting meta itu lagi ada kgiatan mjelang buka puasa. Kaya ceramah2 gt deh. Pesantren kilat modelnya.

Nama tempatnya Sanggar Alang-alang. Tempat ini dibikin oleh sang pendirinya -Mas Didit- diperuntukkan anak-anak jalanan yang ada di sekitar Surabaya. Salut deh sama idenya:)
Jadi, anak-anak yang biasanya berkeliaran di jalanan itu dibina biar ga cm mnguatkan paradigma orang2 yang beranggapan klo anak2 jalanan itu cm salah satu sampah masyarakat. Biasanya anak-anak ini ngamen di jalanan buat ngebantu orangtua ngebiayain hidup shari-hari,atau skedar cari makanan buat diri sndiri.

Mnurut mas Didit, yang paling utama yang diajarkan di Sanggar Alang-alang ini adalah etika. Jangan salah, biarpun anak jalanan, tapi temen2 ini sopan2 lho. Slalu ngucapin salam klo ktemu orang lain, salim tiap ktemu org yg lebih tua, dan bahasanya jg tertata. Slain etika, estetika jadi faktor kedua terpenting yg diajarin. Jangan ngebayangin temen2 kita ini dekil, kumal atau engga keurus. Disini, biarpun sederhana apa seadanya, yang penting bersih.

Ga cm itu, temen2 ini diajarin juga main musik sampe bikin hasta karya yang bisa dijual lagi. Keren ya? -eh meta pernah dapet tas sama gelang lhooo dari temen2 ini..horeeeee..makasiiiii-

Ga tanggung2, prestasinya jg macem2. Mulai tpilih sbagai pserta kongres anak nasional, sampe ada yg nembus Idola Cilik.. Sbagai pnonton setia Idola Cilik, meta kmrn sng aj bisa ktemu sama Siti hihihihi..Dia lagi bagi2 pngalaman sama temen2 laennya.. Cuma Dayat -sama2 dr Sanggar Alang-alang- ga ada, masih syuting Faiz Dan Faizah kynya..

Ada satu hal yang sempet bikin meta tpana, trus agak lama mikir. Di pesanten kilat itu, yang ikut anak-anak jalanan yang masih kecil2.. Dari umur2 blm skolah gtlah..
Pas ditanyain -pk bahasa anak2 ya, asli gn dikutipnya-: 'apa yang musti kita lakuin pas ada obrakan satpol pp?'

Dan mluncurlah dgn lancar jwbn dari bibir2 mungil itu.. Tau apa?
Pada bilang gini: "Lari yang kenceng, cari tempat smbunyi sambil berteriak Allahuakbar Allahuakbar, karena cuma Allah yang akan slalu mnolong kita di saat kita ksusahan."

Beneran, pas itu meta lagi ngobrol sama mas cameraman ngomongin angle takenya, bgitu denger jawaban ky gt langsung diem dan bengong bbrp saat meta..

Subhanallah:)

Alhamdulillah, waktu seumuran sgitu, yang harus meta ributin cm ada pr apa besok atau pengen baca buku apa ntar.. Just realized how lucky i am:)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...