Saturday, September 6, 2008

Masuk Angin Ni!

Hari ini, partner meta siaran yang baik hati dan dermawan-tuh wan,kurang baek apa meta?:p-lagi agak2 ga enak badan..katanya si masuk angin..trus dia nanya ke meta obatnya masuk angin apaan.. Klo dia si biasanya minum jahe trus sembuh deh..

Wah wan, meta mah mau masuk angin apa engga dsuruh minum jahe juga mauuuuuuuu..hehehe;p

Mungkin karena cuaca Surabaya yang engga enak banget akhir-akhir ini -baca:panas terik mnyengat yang engga kira-kira, anginnya kenceeeeeng banget, terus kering2 engga jelas gt d-, seminggu terakhir ini banyak banget yang crita ke meta lagi masuk angin..

Eh btw ngomongin soal cuaca Surabaya, denger2 si emang lg engga enak banget gara2 mustinya udah masuk musim ujan-dari kmaren2 malah harusnya-tapi dipaksain biar engga ujan..Soalnya kasian temen-temen yang ada di Lapindo klo ujan.. Bener ga si? Try to find the info d meta..

Balik ke topik awal, meta suka bingung ni klo ada yang nanya soal masuk angin. Masalahnya, sepanjang ingetan meta-emang engga begitu panjang tapi klo buat yang umum dtemuin d mana-mana mustinya si agak lumayan bisa dpercaya d;p-selama meta kuliah di FK engga pernah ada tu penyakit masuk angin ini..entah dengan nama lain, atau nama persis masuk angin.

Katanya si-entah siapa yang ptama kali bilang gini,tapi yang jelas udah umum tu-orang bisa dibilang masuk angin kalau udah ngerasa engga enak badan, perut kembung,kedinginan terus, pusing,demam,kadang ditambah batuk pilek atau mual-muntah plus pegel-pegel yang tiada tara.

Makanya sering banget kan kita denger, klo mau kluar rumah apalagi malem2 atau musti jalan kaki, jangan ketinggalan jaket,biar engga masuk angin. Wekekekek..tu angin ngomong2 masuk dari mana ya? Mulut?Kulit? atau jangan2 telinga kita?hayaaaahhh;p

Karena yakin engga pernah nemuin masuk angin ini selama meta kuliah, isenglah meta ngubek2 textbook sama catetan waktu kuliah dulu..pnasaran;p

Engga ada juga si-tuh kan bener,emang engga adaaaaaa-tapiii, meta nyoba dengan kesotoyan tingkat tinggi ngehubung2in smua sama kemungkinan patofisiologi masuk angin ini.. Coba, buat rekan2 sejawat, klo ada yang rada engga masuk akal, tolong dibenerin yaaa..BTK;p

Banyak orang yang ngerasain gejala-gejala masuk angin klo abis kluar malem..Ada benernya juga si, tapi bukan karena anginnya, lebih karena dinginnya udara sekitar. As we know, dingin bisa nyebabin pembuluh darah kita mengalami vasa konstriksi alias menyempit. Bukan kelainan, tapi emang sngaja diciptain Sang Pcipta gitu..
Ada gunanya juga lho.. Kalau udara di sekitar kita dingin, otomatis panas badan kita kan bakal keluar dari badan, nahh biar engga hipotermi alias suhu badan dibawah normal, pembuluh darah kita bakal menyempit supaya pengeluaran panas dari tubuh engga terlalu banyak..Subhanallah:)

Lanjuuutt.. Karena pembuluh darah jadi mnyempit, otomatis peredaran darah engga kaya biasanya, lebih thambat.. Ini yang bikin kita-KITAAAA??hehehe ralat ah,orang yg masuk angin mksdny;p- ngerasa engga enak badan plus pegel2..Soalnya hasil metabolisme juga asam laktat ngumpul semua di otot tubuh..

Engga cuma itu, dingin juga bisa bikin rambut sel di saluran respirasi kita bkerja lebih lelet..Padahal fungsi sillia itu kan buat 'mbersihkan' saluran respirasi kita dari bakteri, lendir, virus dllnya..Nah klo kerjanya udah tganggu, jadi gampang masuk d tu mikroorganisme2 vektor pnyakit..Nah, ini asalnya demam-batuk-pilek atau mual-muntah itu..

Lanjut lagiiii, klo kembung2nya gimana?
Yang kerjanya dperlambat sama dingin engga cuma sillia saluran respirasi tapi juga gerak peristaltik usus..Karena itu, gas yang ada di saluran cerna ngumpul aja terus, kembung deh jadinya..


Klo meta dtanya obatnya, banyaklah yaa djual di pasaran, lebih ke terapi gejalanya aja.. Minum jahe juga okeee,anget2 gitu kan..Bisa sedikit ngebantu badan..

Yang paling banyak dilakuin orang-orang klo masuk angin tu kerokan-termasuk mama meta-katanya klo abis dikerok badannya meraaaaahhhh banget, itu artinya banyak anginnya..wekekekekek.. Berhubung meta waktu kecil blm ngerti yaaa ngikut aja daahh.. Cuma karena meta engga tahan geli, tiap mau dikerokin ktawa2 mulu,akhirnya emang engga pernah kerokan bener si.. Paling tidur sama minum minuman anget gitu,cukup..

Setelah skrang -agak sedikit lebih- tau,Alhamdulillaaahhh engga pernah kerokan..
Tau engga si klo merah-merah di badan abis kerokan itu sebenernya pembuluh darah kita yang pecah. Wekkkssss.. serem amat ya.. Kenapa kerasanya enak, karena logikanya klo dikerok, pembuluh darah kita yang mnyempit tadi 'dpaksa' ngelebar lagi..

Emang si ntar pembuluh darah yang pecah ini bakal beregenerasi..tapi tetep aja serem ngebayanginnya.. Udah ah,klo masuk angin mending slimutan aja, trus tidurrrrr! Sembuh deh;)

1 comment:

Anonymous said...

kereeen bung patofis masuk anginnya !
thnx yaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...