Saturday, September 27, 2008

Vit C

Ga ada angin, ga ada ujan, badai apalagi -kecuali badai kerispatih yang lagunya lagi sering tdengar dari music player meta;p-tiba2 ada seorang teman lama yang mnelpon.. Rupanyaaaa, mbakyu cantik ini mau mminta tolong meta nyuntikkin vitamin C yang ampulnya baru dia beli dari temennya.

Katanya sih, dia kpengen kulitnya kliatan lebih putih, lebih bersih, lebih cerah. Biar lebih cantik wekekekekek.. Daripada ke dokter, lebih murahan klo beli ampulnya trus nyuntik sndiri. Berhubung dia ga brani, makanya minta tolong meta.

Not surprisingly, ini bukan kjadian yang ptama kli meta alamin. Udah ada bbrp belas orang yang pernah mnta tolong meta nyuntikin vitamin C biar lebih putih. Hmphhh.. emang bener gitu?

Apa hubungannya vitamin C sama kulit putih?
Vitamin C itu antioksidan utama dari smua vitamin dalam ngelawan radikal bebas, dan berperan besar meningkatkan sistem imun tubuh kita.Ada juga pengaturan fungsi tubuh dan penyerapan zat-zat gizi tertentu. Pada kulit, vitamin C dengan daya antioksidannya dianggap bperan dlm proses peremajaan kulit serta pencegahan penuaan dini akibat serangan radikal bebas dan paparan sinar matahari yang bisa menimbulkan gangguan-gangguan kulit tersebut.

Vit C kerjany mhambat kerja enzim tirosinase yg bperan dlm pbentukan pigmen. Beberapa pemicu termasuk yang tersering,matahari bakal bikinenzim ini dipicu merangsang pembentukan pigmen sehingga bila proses tersebut dihambat kulit akan terlihat lebih bersih, bersinar dan cerah meski sebenarnya tak secara permanen bertambah putih.

Seinget meta, waktu kuliah dulu, dijelasin klo kbutuhan kita akan vitamin C itu adalah skitar 60-75mg/harinya. Dan sbenernya, dengan makan sebuah jeruk aja udah bisa mncukupi kbutuhan ini. Tapi mgkin karena lifestyle kbnykn org zaman skarang yg pgnny serba instan, bnyk yg lebih milih minum suplemen vit C dosis tinggi atau skalian injeksi/suntikan.

Bahayakah?
Mphhh..ini pdpt meta pribadi lho yaaa, soalnya banyak jg rekan sjawat yg tak spendapat ama meta:p

Allah udah nyiptain manusia dengan pngaturan dan fisiologinya yang luar biasa. Subhanallah:)
Tubuh kita bisa mngatur sndiri pnyerapan dan pbuangan. Zat-zat yang berlebihan jumlahnya dan ga kpake, bakal langsung dibuang. Sama halnya kaya vit C ini. Karena yg dibutuhin cuma 60 mg/hari -bisa lebih untuk orang2 yang lagi sakit, hamil, mnyusui atau keadaan tertentu-, klo kita misalnya minum minuman vit C dosis 1000mg, yaaah.. yang 940mgnya bakal langsung digiring buat dibuang tubuh lewat ginjal.Apalagi klo kita pk injeksi vit C yang rata2 high-dose 4000mg..

Is that simple? Sayangnya, tidak:)

Beban yang berlebih berarti kerja yang berlebih pula untuk organ. Klo contoh aj ni yaaa, ginjal kita digeber mulu buat memetabolisme senyawa ky vit C, aduh duh duh..kasian bgt ya nasibnya.. Kmampuan organ kita juga ada batesnya, kbayang dong apa yang bakal tjadi klo kerja berat terus mnerus? Mesin aj bisa rusak..apalagi ginjal?

Ada yg bilang -mekanisme pbelaan ego mode on-ga bakal terus2an makenya, bgitu kulit kliatan putih, langsung stop aj brarti gpp dong..

Hehehe..sayangnya, vitamin C ini kerjanya engga permanen. Klo ga terus2an dpake, y udah, kmbali lagi ke asal..Sama juga boong, itungannya sama aj udah nyiksa ginjal kt bbrp waktu tu..

Mungkin ga bakal krasa skarang, tapi spuluh-dua puluh taun lagi jangan sampe nyesel ah..
Belum lagi ada resiko laen, meta ga ngerti knapa, tp ampul2 vitamin C itu gmpg bgt ddapetin dmana2 tnp resep dokter. Salon2 juga nyediain kok. Weksss..pdhl blm tentu reaksi smua orang sama. Klo berhubungan sama obat atau senyawa kimia yg dmasukkin ke tubuh lewat peredaran darah, hrs ati2 ah, klo tnyata alergi gmana? Ga lucu juga tiba2 shock terus mninggal cm gr2 tdnya pgn pny kulit lbh putih doang..

Skalian mau minta maaf sama temen2 meta smua ni.. Bukannya tanpa alesan klo meta ga mau nyuntikkin vit C. Soalnya slaen emang mnurut pdpt meta itu ga guna dan justru mlh bikin masalah buat tubuh, meta jg ga tau asal-usul ampulnya darimana kan.. Beneran dari pabrik obat yang reliable ga? Atau dari salon2 yg ga jelas juntrungannya?:)

Apalagi skrg lbh bnyk lagi yg ditawarin. Vitamin C yg bisa buat ngelangsingin tubuhlah -ditambah L carnitine buat bakar lemak- atau vit C plus kolagen, plus plasenta, plus plus laennya..wekekekek..emang paling gampang nyari uang ke segmen ce2 yang ga pnh puas;p

Klo mau putih, luluran aj wes:p

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...