Sunday, July 23, 2017

Imunisasi MR

Bulan Agustus dan September 2017 mendatang, pemerintah akan megadakan kampanye imunisasi campak dan rubella atau disingkat MR (Measles-Rubella). Apa dan bagaimananya bisa disimak di sini yaa..
Sumber: Kemenkes


1. Apa itu imunisasi MR?
Imunisasi MR atau Measles Rubella adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah penyakit campak dan rubella.

2. Apa itu penyakit campak?
Campak adalah penyakit infeksi menular lewat saluran napas yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini sangat menular, dan risiko tertinggi tertular adalah mereka yang belum pernah mendapat imunisasi campak dan rubella atau mereka yang belum pernah menderita penyakit ini.

Campak ditandai dengan demam, ruam, batuk, pilek, dan mata merah berair. Campak dapat menyebabkan komplikasi seperti radang paru, radang otak, gizi buruk hingga kematian. (Untuk lebih detailnya bisa dibaca di sini ya)


3. Apa itu penyakit rubella?
Rubela pun merupakan penyakit infeksi yang sangat menular lewat saluran napas dan disebabkan oleh virus. Penyakit ini ditandai dengan demam, nyeri tenggorokan, ruam, nyeri kepala. Jika seorang ibu hamil pada awal kehamilan tertular penyakit ini, ia dapat mengalami keguguran. Jika bertahan, bayi yang dilahirkan bisa mengalami kecacatan yang disebut Sindrom Rubella Kongenital. Sindroma ini meliputi kelainan jantung, mata, ketulian dan gangguan perkembangan. (Untuk lebih detailnya bisa dibaca di sini)

4. Siapa saja sasaran imunisasi MR ini?
Pemerintah akan memberikan imunisasi MR secara GRATIS pada seluruh anak berusia 9 bulan -<15 tahun. Fase pertama akan dilakukan bulan Agustus-September 2017 ini di beberapa provinsi di pulau Jawa (Banten, Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta).

Fase kedua akan dilakukan Agustus-September 2018 di 28 provinsi yang tersisa di pulau Jawa (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.)

5. Anak saya berusia 6 tahun dan sudah pernah mendapat imunisasi campak waktu 9 bulan dulu. Sudah pula mendapat imunisasi MMR di usia 15 bulan. Apakah harus mendapat imunisasi MR lagi?
Yessss. Pada Kampanye MR ini, imunisasi MR akan diberikan kepada semua anak TANPA mempertimbangkan status vaksinasi campak atau MMR sebelumnya.

6. Di mana anak saya bisa mendapatkan imunisasi MR?
Di pulau Jawa, mulai tanggal 1 Agustus 2017 semua anak (mulai 6 tahun - <15 tahun) di semua sekolah mulai sekolah negeri, swasta, agama akan divaksinasi MR. Kemudian mulai tanggal 1 September, giliran anak yang berusia 9 bulan - 5 tahun yang divaksinasi MR di Posyandu/Puskesmas atau RT/RW.

7. Apakah imunisasi MR ini akan masuk ke jadwal imunisasi pada program nasional?
Ya.

8. Apakah akan ada reaksi pasca imunisasi?
Beberapa reaksi normal yang mungkin timbul pasca imunisasi MR adalah demam ringan, ruam merah, bengkak ringan dan nyeri di tempat suntikan yang dapat hilang sendiri setelah 2-3 hari.  Sedangkan kejadian ikutan pasca imunisasi yang serius sangat jarang terjadi.

9. Halalkah vaksin ini?
Yesss, no worries! Vaksin ini ditumbuhkan pada embrio ayam. Media yang digunakan adalah telur yang sudah terdapat janin ayam di dalamnya. Sedangkan vaksin rubella ditanamkan atau dikembangbiakkan pada sel punca atau stem cell dari manusia.

10. Dulu kan MMR (Measles, Mumps, Rubella), kenapa sekarang diganti jadi MR saja? Mumpsnya bagaimana?
Memang saat ini imunisasi Mumps dihilangkan. Ada beberapa alasan, misalnya karena angka kejadiannya yang relatif lebih rendah dibandingkan measles dan rubella. Selain itu, mumps tidak sebahaya measles dan rubella. Alasan lain adalah karena vaksin mumps ini ternyata paling mahal dibandingkan measles dan rubella. Sementara itu, dana pemerintah kan harus dialokasikan untuk banyak program lain, maka setelah melalui studi keefektifan, vaksin mumps dihapus.
Semoga bermanfaat:)

6 comments:

teguh.teja said...

mbak kalau anak saya umur nya 2 tahn boleh kah ?
soalnya ditulis itu 15 thn itu benar gak ?

Meta Hanindita said...

Kan dari 9 bulan mas @teguh.teja. Harus yaa berarti

rithkhmer said...

Thank you very much for sharing such a beautiful article.
หนังออนไลน์

Yunie said...

Dokter Meta minta tolong tanya ya, anak saya 11 bulan sekarang, pas umur 9 bulan vaksin Campak. Apa boleh vaksin MR sekarang? Setahu saya jarak vaksin minim 6 bulan kan? Saya rundingan sama suami mau nunggu sampai anak saya umur 15 bulan baru vaksin MR tapi kok saya kuatir nanti stocknya pas abis lagi. Saya nanya ke RS RKZ saat ini semua RS belum didrop vaksin MR, baru di sekolah dan puskesmas/posyandu dan tidak tahu kapan pastinya akan didrop.

Meta Hanindita said...

Hai mbak @Yunie, boleh banget. Ga harus nunggu 6 bulan mbak, sekarang aja.

Yunie said...

Noted, maksih infonya dok!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...