Friday, April 7, 2017

Squishy: Mainan Kekinian

Tahu squishy dong? Selain slime, mainan yang satu ini memang sedag naik daun. Saya sendiri baru mengetahui mainan ini karena Naya bolak/i bercerita betapa hebohnya semua teman di sekolah memainkan ini. Sebetulnya apa sih fungsinya bermain squishy ini? Kebetulan saya baru saja diwawancara oleh Detik.com mengenai squishy. Saya share di sini yaa:D


1. Adakah yg perlu diperhatikan orang tua jika anak (khususnya batita) suka main mainan ini?  
Kalau dilihat di pasaran, harga squishy ini sangat bervariasi. Ada yang mahal sekali, ada yang sangat terjangkau. Betul memang kalau ada ungkapan harga tidak bohong:D Biasanya memang yang mahal lebih berkualitas. Tapi, tidak selalu lho. Sebaiknya sebelum membeli squishy, pastikan dulu catnya tidak toksik dan aman untuk anak. Selain itu, bahan yang berkualitas tidak mudah robek. Robekan squishy dapat tertelan oleh anak.
Sumber: Google


2. Betulkah harus memilih ukurannya sesuai dengan anak?
Betul. Tapi sepertinya yang saya lihat sih squishy ukurannya cukup besar kok ya. Bahkan yang kecil pun juga lumayan besar dan sulit tertelan, kecuali kalau bahannya robek, jadi yang tertelan robekannya ya.

3. Tips penting bagi orang tua yangg anaknya suka banget main squishy dan juga untuk orang tua yg baru mau membeli squishy pertama kali
Pastikan catnya tidak toksik untuk anak., pilih yang berkualitas (selain cat tak toksik, tidak mudah robek yang mana robekannya bisa tertelan anak), lihat pula ukurannya jangan yang terlalu kecil.

4. Adakah gejala yang bisa dilihat jika anak menelan squishy?
Kayanya kalau menelan squishy agak mustahil deh hehe. Ukurannya yang paling kecil pun setahu saya lumayan besar soalnya. Kalau robekannya, bisa macam-macam sih gejalanya. Kadang tidak ada gejala sama sekali, tapi kalau cat alias bahan kimia mengiritasi lambung, bisa jadi mual, muntah, diare, dll

5. Seberapa bahayakah kejadian ini? Apa tindakan pertama yang paling tepat yg bisa dilakukan orang tua?
Sebaiknya segera bawa ke dokter.

6. Bagaimana caranya supaya kejadian seperti ini bisa dicegah?
Tanamkan pada anak bahwa squishy bukan makanan dan tidak boleh dimakan. Pilih squishy berukuran besar yang tidak dapat tertelan atau ditelan anak, dan tentunya yang berkualitas sehingga tak mudah robek. 


7. Bisakah squishy mencetuskan alergi?
Alergi cat sih ya yang bisa terjadi. Gejalanya kemerahan dan gatal atau bentol di kulit anak.

8. Ada gunanya tidak sih squishy ini?
Squishy dapat menstimulasi kemampuan motorik halus anak. Squishy juga bisa menjadi sarana untuk melatih sensoriknya. Dan lewat teksturnya yang lembut, squishy dapat melatih indera peraba anak.Selain kemampuan motorik dan sensorik, squishy juga bisa digunakan untuk menstimulasi kognitif anak lho! Dengan squishy, kita dapat mengenalkan warna, bentuk, memperluas kosa kata anak, bahkan memperkenalkan aroma juga.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...