Friday, June 19, 2015

Menyusui Saat Berpuasa

Marhaban ya Ramadhan, Alhamdulillah masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini. Di antara semua bulan dalam setahun, bulan ini adalah favorit saya. Khusyuk, dimana-mana nuansanya damai sekali. Selain itu, tak ada lagi bau rokok di kawasan umum. *penting* :)))

Kemarin ada yang menanyakan pada saya bagaimana tips tetap menyusui saat berpuasa. Eh sebenarnya boleh engga sih ibu menyusui berpuasa? Tentulah, kan ibu hamil maupun menyusui tetap wajib berpuasa Ramadhan. Tapi, Islam memberikan kemudahan berpuasa di hari lain atau membayar fidyah bagi ibu hamil dan menyusui.

Untuk ibu yang masih menyusui ekslusif dan tetap ingin berpuasa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Sebenarnya, selama kebutuhan nutrisi bayi tercukup dan berat badan naik sesuai dengan usia, boleh-boleh saja kok.


Berikut tips tetap berpuasa saat menyusui:
1. Pada dasarnya, tetap susui bayi on demand meskipun ibu sedang berpuasa. Saat berpuasa, ASI akan berlimpah saat waktu buka puasa karena hormon oksitoksin, usahakan lebih banyak susui anak setelah berbuka sampai sahur.

2.Perbanyak konsumsi cairan pada saat sahur dan berbuka. Tak hanya minuman seperti jus atau air putih,namun juga makanan seperti sup atau sayur yang berkuah.

3. Tetap makan 3 x dalam sehari, namun atur waktunya saat sahur, saat berbuka, dan setelah tarawih.

4. Istirahat yang cukup.

5. Jika ibu merasa lemas dan tak kuat, jangan memaksakan diri melanjutkan puasa. Ingat, kebutuhan bayi adalah yang terpenting saat ini.

Selamat menyusui dan berpuasa!:)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...