Tuesday, June 23, 2015

Endoskopi pada Anak

Apa yang dimaksud endoskopi?
Endoskopi adalah suatu tindakan memasukkan alat bernama endoskop ke dalam saluran pencernaan anak untuk memeriksa isinya.

Seperti apa alat endoskop itu?
Endoskop seperti semacam tube tipis dan fleksibel yang dilengkapi lampu dan kamera video kecil di dalamnya. Alat ini dimasukkan dalam tubuh lewat mulut anak, sehingga kamera video di dalam alat tersebut dapat memperlihatkan keadaan saluran pencernaan anak di layar monitor.  

Apakah anak akan merasa sakit saat diendoskopi?
Tidak. Beberapa saat sebelum dilakukan endoskopi, anak akan diberikan obat bius sehingga tertidur dengan tenang. Di bawah pengaruh obat bius ini, anak tidak akan merasa sakit, bahkan tidak mempunyai ingatan saat diendoskopi. 


Kapan endoskopi perlu dilakukan?
Ada beberapa alasan kenapa anak mememerlukan tindakan endoskopi. Misalnya:
1.    Anak kesulitan menelan.
2.    Sakit perut berulang lebih dari
3.    Sembelit yang berlangsung kronis.
4.    Anak dengan muntah darah atau BAB darah.
5.    Anak dengan kembung berulang atau mual dan muntah berulang.

Apa yang harus diperhatikan sebelum endoskopi?
Beberapa jam sebelum endoskopi, anak akan diminta puasa. Informasikan dokter jika anak anda mempunyai alergi terhadap obat-obatan tertentu, sedang minum obat-obatan terutama aspirin atau mempunyai masalah jantung atau paru-paru.

Bagaimana prosedur endoskopi?
Setelah anak tertidur, anak anda akan ditidurkan di tempat pemeriksaan. Kemudian dokter akan memeriksa tekanan darah, detak jantung dan saturasi oksigen anak. Setelah itu, tenggorokan anak akan disemprot dengan obat bius lalu diberi alat untuk mencegah anak menggigit endoskop. Endoskop akan ditempatkan di mulut dan perlahan-lahan diturunkan sampai ke saluran cerna anak. Endoskop tidak mempengaruhi nafas anak. Gambaran saluran cerna anak akan terlihat lewat monitor di samping dokter. Dokter mungkin akan mengambil sedikit jaringan pada saluran cerna jika dibutuhkan untuk diperiksa lebih lanjut.

Berapa lama prosedur endoskopi ini berlangsung?
Lamanya endoskopi tergantung pada kasus anak. Namun secara umum, kurang lebih endoskopi menghabiskan waktu sekitar 20 menit – 45 menit.

Setelah selesai, bolehkan anak langsung dibawa pulang?
Setelah proses endoskopi selesai, anak akan dibawa ke ruangan untuk menunggu anak sadar. Biasanya, anak membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk sadar kembali. Setelah itu, anak dapat makan dan minum seperti biasa. Diskusikan dengan dokter apakah anak perlu dirawat lebih lanjut atau bisa langsung pulang. Hasil endoskopi bisa langsung didapatkan atau menunggu beberapa hari jika dokter mengambil sampel jaringan untuk diperiksa.

Apa yang harus diperhatikan setelah endoskopi?
Perhatikan tanda-tanda ini:
1.    Anak batuk mengeluarkan darah dengan jumlah banyak tepat setelah pemeriksaan endoskopi.
2.    Nyeri tenggorokan yang tidak cepat hilang.
3.    Nyeri dada yang tidak cepat hilang.
4.    Nyeri perut yang tidak cepat hilang.
5.    Demam tepat setelah pemeriksaan endoskopi.

1 comment:

rina susanti said...

dilakukan ini jika keluhan atau diagnosanya apa dok...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...