Thursday, November 14, 2013

Ayo Main Nayaaa!

Children learn BEST through play. (Unknown)
Saya percaya, anak-anak akan belajar banyak hal dengan cara yang sangat menyenangkan setiap kali bermain.   "Pekerjaan" utama seorang anak ya memang hanya bermain, bukan?
Karena itulah saya agak khawatir pada Naya akhir-akhir ini. Sudah 4-5 bulan belakangan, Naya tidak mau bermain. Apa saja. Masak-masakan, tidak mau. Boneka, apalagi. Kasir-kasiran, tidak juga. Semua jenis permainan yang biasanya gemar Naya lakukan tidak lagi disentuh.

Saya sudah mengajak Naya main bersama. Dokter-pasien, penjual-pembeli, atau apa sajalah, semuanya tidak ada yang diminati. Padahal biasanya paling doyan. Sekarang benar-benar mogok main. Lalu apa saja yang Naya lakukan?

Setiap saat Naya ada di meja belajar Hello Kitty-nya. Mewarnai, menulis, menggambar, menempel, atau pekerjaan sejenis lainnya. Memang saya akui, kemampuan motorik halus Naya berkembang pesat. Di usianya yang ke 2.5 tahun sekarang, Naya sudah bisa menulis huruf A-Z, angka 1-10, menghubungkan titik-titik yang membentuk gambar dengan rapi, mewarnai tanpa keluar garis atau menggambar bentuk (lingkaran, kotak, segitiga) dengan jelas. Mungkin itu hikmahnya ya. Tapi tetap saja saya khawatir bukan main. Saking khawatirnya, saya sampai 'melepas' Naya di toko mainan dan menyuruhnya memilih. Apa saja yang ia mau. Apa saja. Hasilnya? "Kakak Aya mau ke toko buku aja, ma. Ga mau disini." Begitu jawabnya. -________________-"
 Ketika saya 'paksa', akhirnya Naya memilih mainan....puzzle-_-"
Hasil kerjaan anak bayi yang hobi bener belajar. Entah nurun sapa:p

Mungkin kekhawatiran saya tidak cukup beralasan ya, tapi tetap saja namanya emak, rasanya kurang afdol kalau engga parno saat ada yang "engga biasa" di anaknya::)

Oh ya, Naya punya daya hafal yang luar biasa. Saya ingat baru 4x mengajarkan surat Al-Fatihah padanya, dan dia sudah hafal benar. Saat ini Naya sudah hafal berbagai surat. An-Nas, Al-Ikhlas, sampai Al-Falaq. Jangan ditanya soal lagu. Segala macam lagu yang baru saja didengar langsung ditiru. Makanya saya masih pikir-pikir buat mengijinkan Naya nonton TV nih. Kebayang engga kalau dia langsung copy-paste semua yang didengarkan dari TV?

Saya ingat pernah kedatangan pasien, baru umur 4 atau 5 tahunan. Saat saya melarangnya makan cokelat, dengan kenes ia menjawab, "Kenapa? Masalahhhhh buat loooooe?". Ibunya bangga sekali:D
Semoga Naya engga pernah begitu ya. Saya masih merasa bahwa kalau mengijinkan Naya nonton TV, stimulasi yang masuk tidak bisa saya saring. Demikian juga dengan gadget. Naya sering menggunakan handphone atau tablet saya hanya untuk foto-foto-__________-"

Kembali ke soal bermain, saya benar-benar parno nih ada yang salah dengan Naya atau dengan cara pengasuhan saya. Saya takut kalau nanti saat Naya memang harus belajar dia justru tidak mau. Rencananya akan saya konsulkan Naya ASAP. Hasilnya saya update lagi nanti yaaa.. Doakan, tidak ada sesuatu yang serius:D

Regards,
Emak Parno:p





5 comments:

Yanuarty Paresma Wahyuningsih, S.Psi said...

salam kenal Bunda Meta, hehe selama ini cm jd silent reader di blog ini

hihi lucu ya Adek Naya, cerdas banget sm kyk sepupu sy, 2,5 thn udh bs hapal berbagai hal. kyknya Adek Naya mau jadi penulis kyk Bunda Meta tuh, buktinya lebih suka buku daripada mainan, hehe :D

Meta Hanindita said...

Halo, met kenal mbak:)

Hehehe amiiinnn, mau jadi apa aja asal tanggung jawab boleh:D

Sidqi's mom said...

Hai,hai, dokter Meta yang imut,cantik, kreatif, multi-talented, wow banget deh kamu dok
:-)
Dari jaman masih siaran di SBO, aku udah adore kamu banget. Lucu nih bocah. Suaranya lho, imut bin cempreng, tapi kok ya ngangenin, hehehe...
Eh, soal si putri yang cantik itu, sepertinya dia memang punya IQ di atas rata2 ya. Nurun dari emaknya laah. Saran aja sih, ntar kalo sekolah, sebaiknya masukkan di sekolah yang oke, yang bisa mengakomodir kecerdasan luar biasa yang dia punya. JANGAN taruh di SD Negeri,karena IMHO enggak bisa encourage anak buat jadi "The Best Version of him or her". Gitu aja siy. Best regards, dok. Love your posting, ALWAYS! :-)

Meta Hanindita said...

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya mbak;;) Hahaha cemprengnya masih sampai skrg kayaknya:p

Saya masih survey soal SD memang:D

Diah Fitriany said...

malam mbak Meta,
selama ini cuma beberapa kali comment di blog mbak Meta & sering jadi silent reader aja dan selalu seneng baca blog mbak Meta...ternyata kakak Aya gak cuma cantik ya tapi pinter juga,
semoga kakak Aya semakin cantik, sehat dan pinter terus ya dan buat mama nya kakak Aya terus sukses ya
:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...