Tuesday, September 4, 2012

Daycare

Seperti yang pernah saya tulis disini, saya pengen banget lho punya daycare.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya yakin pasti banyak ibu di Surabaya yang kesulitan menemukan daycare. Bukan sembarang daycare tentunya, daycare yang bersih, sehat, aman dan mendukung tumbuh kembang anak.

Coba deh bayangin, jaman sekarang ini nyari babysitter yang baik itu susaaaaah banget, jodoh-jodohan. Alhamdulillah, babysitter Naya sekarang orangnya baik. Tapi saya sering tuh denger yang macem-macem. Mulai dari yang masukin obat tidur biar bayi yang diasuhnya anteng, sampai yang ngebawa lari dan ngejual bayi. *amit-amit*. Ada juga yang suka marahin (dan engga sungkan-sungkan mukul lho) sampe yang cuek bebek gegara sibuk telpon-telponan. Sounds familiar?

Wajar kalo akhirnya beberapa orangtua lebih milih nitipin anak mereka ke daycare. Lebih jelas bakal diapain aja dan lebih aman. Emang sih, ada resikonya juga. Kalo ada satu anak yang sakit, resiko ketularannya tinggi. Tapi diliat dari segi positifnya, karena banyak temen, anak jadi lebih gampang bersosialisasi.

Nah ngomongin soal 'mimpi' saya punya daycare, kalau kelak kesampaian, saya tuh pengen banget menerapkan  pro-ASI di daycare (impian) :p

Semua pekerjanya harus ngeh soal gimana caranya menghangatkan ASIP, ngasih ASIP pake cup feeder atau soft feeder biar engga bingung puting, sampai gimana seharusnya menyimpan ASIP.

Saya juga pengen semua pekerja ngerti mengenai MPASI yang sehat. Engga instan dan tau gimana cara bikin homemade MPASI. Snack yang dikasih harus homemade, tanpa pewarna, pengawet apalagi perasa buatan. Tanpa gula dan garam untuk anak dibawah 1 tahun.

Saya engga pengen kelak daycare ini bermultibahasa. Entah bahasa inggris atau mandarin atau bahasa lain lagi selain Indonesia. Yang saya yakini, sudah seharusnya bahasa pertama yang dikenal anak adalah bahasa ibu, bahasa Indonesia. Kalau sudah gedean dikit dan sudah bisa ngomong bahasa Indonesia, bolehlah diajarin bahasa lain:D

Saya pernah iseng-iseng mengunjungi salah satu daycare di Surabaya. Wah, sempat shocked juga. Waktu itu lagi jam makan siang, dan semua bayi duduk berbaris rapi menunggu disuapi oleh pengasuh....dengan satu sendok dari satu piring! Hyaaaah, pas saya tanya kenapa kok harus dari satu sendok dan piring, jawabannya "Yah, abis tenaga kami kurang mbak,kalo harus masing-masing". Saya ngerti juga sih, hanya ada 2 pengasuh untuk 15 anak waktu itu. Pada saat waktunya main, banyak toddler yang lari kesana-sini, memanjat-manjat dan tidak terawasi oleh pengasuh.

Karena alesan itulah, saya bercita-cita kalo di daycare saya kelak pengasuhnya harus sebanding dengan jumlah anak yang ada. Setidaknya 1 pengasuh untuk 4 anaklah, engga lebih.

Untuk kegiatannya, diatur sesuai usia. Tummy time untuk bayi yang lebih muda biar menguatkan otot leher. Kegiatan lain untuk menstimulasi aktivitas motorik kasar maupun halus anak.

Buat yang usianya gedean, sudah mulai dilatih toilet training. (Mau pake dispo sampe kapan coba?:p).

Ruangannya sih pengennya yang luas, terang, ventilasi dan sirkulasi udaranya baik. Dindingnya warna-warni merah muda, kuning muda, hijau muda sama biru muda. Ungu muda juga dong:p
Banyak karakter kayak Mickey, Minnie, Donald, Goofy,Tweety, Hellokitty, Barney ditempel dimana-mana. Pasti betah deh anak-anak!

Aaaaaa.. Jadi mupeng beneran deh ni nulis post ini. Iyaaa tau kok kalo modal yang dibutuhin harus banyaaaak. Doain yaa kesampean! 

10 comments:

Cici Pratama said...

amiiiin, semoga kesampaian bu dokter... Hehehe...

Oya, ngomong2 masalah daycare yg serba tau ttg ASI/ASIP/MPASI/makanan pendukung lainnya, spt nya aku pengen daftar nih mb Meta. Kerja sm mb Meta seru deh kayaknya. Hihihi. Semoga kalo tamat ntar, bisa ke Surabaya ya...

LiaKirana said...

bumeeet,,,,akupuun ingiiiiinnn punyaaaaaa :))
kumaha atuh? nabung heula we nyak

btw di bandung ada tuh daycare pro asi, jadi asip nya bisa dijemput kurir

Nunu el Fasa said...

ada met di surabaya,, tapi yang aku tahu di daerah Darmo, namanya Taam Ananda.. hihihi kebetulan itu bagian dari departementnya BKPRMI tempat aku ngorganisasi sekarang.. hehhehe ada beberapa ibu-ibu yang nitipin anaknya beserta ASI-nya..

oya aku sendiri belum ngeh perbedaan antara ASI/ASIP/MPASI.. ada postingan yang ngejelasin tentang itu nggak met "D

Meta Hanindita said...

@Cici: Hahaha ayoooo2 *kaya yang iya aja:p*

@BuLi: modalnya gimanah buliiiii?

@Unun: ASI itu air susu ibu, ASIP itu ASI perah, MPASI itu makanan pendamping ASI.

Cici Pratama said...

ih, mb Meta. Beneran. Pengen banget nyoba/emang kerja sm mb Meta. Biar ilmunya makin banyak juga. Hehehe... *nyuri ilmu, maksudnya* :D

Keke Naima said...

moga mimpinya kesampean ya :)

applausr said...

waduh daycare apaan yang makannya di campur seperti itu... wah semoga cita citanya tercapai deh.. dan tidak ada lagi yang daycare seperti itu....

Unknown said...

Buat ayah bunda yang bingung mengasuh ananda nya selama bekerja..alhamdulillah telah dibuka TRIPLE C Daycare cabang Ngagel Surabaya. Jl Ngagel Tama Utara III/1 Telp 088803708001. Rasio 1:4 utk bawah 3thn dan 1:5 utk atas 3thn. Full stimulasi dan pro asi. Trimakasih

Marta said...

Hai mbak salam kenal ya.. Daycare dimana itu mbak yang pernah didatengi itu??aq lagi cari daycare di daerah surabaya barat nih..

Anonymous said...

Numpang Promo Daycare Baru ya sist,..
Daycare ala rumahan yang membuat anak senyaman di rumah seperti dengan keluarga
tapi soal Fasilitas,perhatian dan Kebersihan insyaALLAH kami Beri yang Terbaik


Ayah dan Bunda…kabar gembira untuk anda yang berdomisili atau bekerja daerah Surabaya Utara.
Bunda Fauza DayCare InsyaALLAH Telah Hadir ,di willayah Religi Ampel-Semampir.


Bunda Fauza Daycare :
Buka Senin-Jum'at jam 07.00-17.30
Menerima Bayi usia 40 hari/2 bulan sampai SD

Syarat : Anak dalam keadaan Sehat



Buat bunda yang Harus segera kembali bekerja setelah melahirkan karena waktu cuti yang sempit pun ngga usah kuatir,kami menerima titipan bayi mulai dari 40 hari.
syarat nya sehat,karena kalau sakit setiap anak pasti butuh ayah-bunda nya ya..


www.daycaresurabaya.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...