Friday, June 8, 2012

Lullaby



Pernah dengar pernyataan bahwa tidur sangat penting pengaruhnya pada pertmbuhan dan perkembangan anak?

It is. Pada waktu tidur, growth hormone akan disekresi, dan menyebabkan pertambahan pada pertumbuhan anak. Pertambahan pertumbuhan ini, tentunya dengan stimulasi yang tepat, akan mendorong perkembangan anak.

Pernah dengar ungkapan sleep like a baby? Bayi, biasanya menghabiskan mayoritas waktunya untuk tidur. Bahkan bayi yang baru lahir, bisa saja tidur sepanjang hari dan sepanjang malam.

But its not for my baby. Naya, entah kenapa, sejak lahir minimal sekali waktu tidurnya. UJust FYI, untuk bayi baru lahir, tidur selama bulan-bulan awal terjadi sepanjang waktu . Bayi yang baru lahir tidur total sebesar 10,5 sampai 18 jam sehari di jadwal yang tidak teratur dengan periode satu sampai tiga jam terjaga. Periode tidur bisa berlangsung beberapamenit sampai beberapa jam.

Naya? Ah, tidurnya hanya sebentar sejak dulu sodara-sodara. Tidur paling lama setengah jam, terjaga selama 2-3 jam, lalu kembali tidur lagi cuma setengah jam, terjaga 2-3 jam, dst dst dst.

Awalnya sih, banyak yang bilang kalau sehabis 40-harian, biasanya siklus tidur bayi akan lebih teratur. Jadilah Meta engga terlalu khawatir dan berusaha menyesuaikan pola tidur Naya.

Setelah 40 hari usia Naya, ternyata pola tidurnya masih saja sama. Kalau dihitung-hitung total dalam sehari Naya cuma tidur 6-8 jam saja. Okelah, itu normal, untuk ukuran manusia dewasa. Tapi untuk bayi? Bayi baru lahir pula!

Karena memang tidak ada keluhan berarti untuk tumbuh kembang Naya, Meta masih belum terlalu cemas. Hanya bisa menunggu kapan kira-kira pola tidur Naya jadi lebih teratur.

Bayi berusia di atas 6 bulan biasanya tidur 9-12 jam pada malam hari dan mengambil 30 menit untuk dua jam tidur siang, satu sampai empat kali sehari - lebih sedikit saat mereka mencapai usia satu tahun.

Lagi-lagi, ini pun tidak berlaku buat Naya. Setelah berusia 6 bulan, Naya tidur siang hanya sekali dengan durasi tidak lebih dari setengah jam setiap harinya. Dan tidur malam berdurasi 2 jam, bangun untuk bermain kurang lebih 2 jam berikutnya. Tidur lagi 2 jam, terbangun kembali untuk bermain 2 jam selanjutnya. Begitu terus. Kalau Meta hitung total waktu Naya tidur dalam 24 jam hanya 6-8 jam lagi.

Sekarang, setelah Naya berusia 14 bulan, pola tidurnya malah lebih parah lagi menurut Meta. Naya tidak pernah tidur siang. Bangun di pagi hai jam 3 pagi, bermain-main, mandi jam 5 pagi, makan, jalan-jalan, makan, main lagi, makan, mandi sore jam 3 sore, jalan-jalan, main, makan, tidur (sebenernya masuk kamar, tidur ataupun engga. Lampu dimatikan, pintu ditutup.) jam 7 malam.
Nantinya Naya bangun jam 9 malam, main-main sendiri, tidur jam 11 malam, terbangun kembali jam 1 pagi untuk bermain-main,  tidur jam 2 pagi untuk kembali terbangun seterusnya di jam 3 pagi.

Fyuuuuuh. Ngebayanginnya aja capek ya?:p

Khawatir? Jelas! Tapi karena pertumbuhan dan perkembangan Naya selalu sesuai growth chart (bahkan lebih cepat dibanding bayi lain seusianya), Meta jadi engga terlalu khawatir lagi deh.

Ini pun sudah dikonfirmasi ke konsultan tumbuh kembangnya Naya yang bilang engga ada masalah dengan kualitas tidurnya Naya. Mungkin saja memang kuantitasnya kurang, tapi selama kualitasnya baik dan cukup, ya engga masalah:D

Yang jadi masalah adalaaaaah… Meta engga berani ngebiarin bocah setaun ini bangun dan main-main sendiri. Berhubung ni bocah udah gape manjet-manjet, lari, buka tutup lemari dan pintu, mau engga mau setiap fase Naya terjaga, Meta harus yakin kalau dia bakal safe. Artinya, harus ada orang dewasa yang menemani bayi ini begadang.

Yang pertama ikut begadang jelaslah sang nanny (kasian yaaa:p) karena Meta engga tidur sekamar sama Naya. Eh tapi, ternyata Naya mungkin ngerasa kurang afdol kalau bangun di malam hari engga main sama mamanya. Jadi sering banget bayi satu ini gedor-gedor kamar Meta untuk ngajak main….jam 2 pagi. ZzzzZZzzz.

Bukannya Meta engga ngusahain Naya bias  tidur enak dan lama lho. Mulai fisioterapi pijet bayi, hipnoterapi, sampe ngebiasain setiap jam 7 malem lampu dimatikan dan pintu ditutup, semua kayanya udah pernah dicoba tanpa hasil:@

Ya sudahlah yaaa, yang penting Naya sehat walafiat! Dinikmati aja deh kalo diajak begadang, this too shall pass:p

1 comment:

Bunda 'Aqila said...

Naya lagi belajar jadi dokter kayak mama-papa nya itu dr.meta jadi ntar kalo mau jaga malam nggak kaget lagi hehe....semoga tetap sehat ya nak...
dok..kapan2 membahas masalah diare+muntah pada anak donk..;-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...