Sunday, July 24, 2011

Pijet Bayi

Sebenernya bukan baru pertama kali ini Naya dipijet. Sejak umurnya sebulan, Meta mendatangkan terapis khusus pijet bayi ke rumah buat mijet Naya. Meta sendiri juga bisa mijet Naya –walaupun akhirnya lebih sering berakhir dengan kejadian Naya melet-melet karena Meta bau susu, lebih tertarik nyusu daripada dipijet, buyar deh! Hehehe-
Penting engga sih pijet bayi ini? Well, relatif sih ya, tapi beneran ada penelitiannya lho, pijet bayi ini sangat berguna untuk bayi prematur.

Prof. T. Field dan Scafidi (1986,1990) yang ngadain penelitian ini, dan hasilnya bayi prematur yang dipijat beratnya naik signifikan dibanding dengan yang engga dipijet. Bukan berarti engga ada gunanya buat bayi yang engga prematur alias aterm lho ya.

1. Meningkatkan berat badan. Mungkin sekilas engga ada hubungannya, tapi ada banget sebenernya. Pijet bayi melancarkan pencernaan bayi, bayi jadi gampang laper, dan otomatis ningkatin berat badan deh. Selain itu, buat ibu yang menyusui, ini juga secara engga langsung bisa melancarkan ASI. Masih inget kan prinsip supply and demand?

2.(Buat yang dipijet ibunya sendiri) meningkatkan bonding antara ibu-anak.

3. Membantu bayi mengurangi gejala kembung dan kolik, sehingga bikin bayi tidur lbih nyenyak. (oh, how bad i need this!).

4. Meningkatkan konsentrasi bayi (karena tidurnya nyenyak, abis bangun jadi bisa full konsen deh).

Buat yang pengen tau cara mijet bayi: (namanya pijit I Love You)

Kaki : Pijet telapak kaki dari arah tumit ke jari kaki. Remas jari satu persatu. Pijet punggung kaki, mulai dari mata kaki sampai ke jari kaki.

Paha dan Betis : Pegang kedua paha bayi dengan kedua tangan kita. Putar dari dalam ke luar sambil bergerak turun menuju betis. Kembali ke atas dengan gerakan sama.

Dada : Telapak tangan terbuka ke tengah dada bayi, lalu geser menyilang ke kanan atas, kemudian kembali ke tengah, ke kiri atas, kembali ke tengah. Kiri bawah, kembali ke tengah, kanan bawah, kembali ke tengah.

Perut: Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I – L – U terbalik. Berikut tahapan memijat:
•Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I)
•Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
•Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

Tangan : Pijat dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan,. Kemudian kembali memijat dari tangan ke pangkal lengan.

Wajah :Pijat mulai dari tengah menuju samping kiri, kemudian tengah menuju samping kanan.

Nah, beberapa waktu yang lalu, Meta -lagi-lagi- harus pergi ke RS Siloam Surabaya buat ngurusin tugas ilmiah. Karena masih trauma sama kejadian waktu itu-bisa diliat disini- akhirnya Meta bawa Naya deh. Biar engga sia-sia, sekalian pijet bayi disitu aja. Jadi Meta bisa ngurusin tugas, Naya bisa dipijet. Meta cuma nemenin sebentar, sisanya Naya ditungguin sang nanny.

Tarif baby massage alias pijat bayi disini adalah Rp. 40.000 untuk satu sessi, kurang lebih 30 menitan.

Liat deh tampang Naya pas dipijet;





Hehe kayanya enjoy banget ya dia?

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...