Thursday, July 21, 2011

Persiapan MPASI

Iyaaa iya tau, masih lama MPASInya Naya. Umur 4 bulan aja belum:p Tapi, karena nanti Meta pasti sibuk banget-and yes!im a very well-prepared person:P-, mumpung sempet, Meta udah mulai nyusun jadwal MPASI Naya nih.

Barang-barang yang jadi wishlist seperti ditulis disini udah di tangan. Waktunya menyusun menu. Nah, ternyata oh ternyata engga segampang itu karena Meta musti mutusin aliran mana dari MPASI yang bakal Meta pake. Ada beberapa aliran nih sejauh yang Meta tau:
1. Karbohidrat dicoba duluan, dengan pertimbangan bahan ini hypoallergenic. Baru setelah itu boleh dicoba buah dan sayur. Kenapa engga buah dulu? Karena buah rasanya manis, takutnya bikin bayi jadi picky eater. Udah kenal yang manis dan nolak yang lain.

2. Buah duluan yang diberikan. Kenapa? Karena sari buah engga terlalu berat buat pencernaan bayi yang baru mulai belajar makan. Kenapa bukan karbohidrat? Karena saripati tepung-tepungan dianggap berat buat pencernaan bayi.

3. Sayur duluan yang diberikan. Kalo ini katanya sih buat melatih bayi makan sayur sejak dini. Lagi-lagi biar engga picky eater. Kalo udah terbiasa makan sayur, pastilah buah atau tepung-tepungan mau, secara sayur aja yang mostly bayi –jangan bayi deh, orang gede juga:p- engga mau udah mau.

Tapi yang jelas, aliran manapun sama aturannya:
1. 3-4 harian. Maksudnya nyobain satu bahan makanan dulu untuk bayi selama 3-4 harian untuk melihat adanya reaksi alergi. Kalo ternyata ada yang positif alergi, bisa dihindari kelak. Kalo engga alergi, boleh dicoba bahan lain. Nanti-nanti bisa deh di-combine bahan-bahan makanan yang engga nyebabin alergi.

2. Tanpa gula, dan tanpa garam. Ha? Hambar dong Met? Eh engga lho, jangan salah. Bahan makanan itu udah kaya rasa tanpa bahan perasa tambahan. Kita aja orang dewasa yang sering menyamakan bayi dengan kita. Yang jelas, ini sih lebih sehat:D

Owkay. Meta pun browsing-browsing, dan semedi demi mendapat wangsit *halah*. Akhirnya, dengan pertimbangan Naya punya dua orangtua yang atopi berat –hiks maaf ya nak-, Meta mutusin untuk mencoba serealia duluan sebagai MPASI perdana Naya.
Waktunya hunting gasol! Hahaha. Oh ya, Meta udah nyusun jadwal MPASI untuk Naya bulan pertama. Yang mau liat, disini ya.

Btw, karena Naya prematur, seharusnya solid foods alias MPASI ini pertama kali dikasih ke Naya saat umur koreksinya 6 bulan. –atau berarti 7 bulan umur sebenarnya- cumaaa, Meta konsul-konsul ke senior dan baca-baca jurnal, MPASI boleh dikasih kalo:
1. Kepala bayi sudah bisa tegak dengan kuat
2. Terlihat kelaparan terus.
3. Setiap liat orang dewasa makan ikut kecap-kecap.
Kita liat aja ya ntar akhirnya Naya mulai MPASI kapan:D

Im sooooo excited!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...