Sunday, July 3, 2011

Nama Naya

Menurut Meta, nama adalah doa orangtua yang akan ‘dibawa’ oleh seseorang sepanjang hayat.Meta agak kurang setuju sama mereka yang menganggap nama itu engga penting. Penting banget malahan! Thats why, sejak tau Meta hamil, yang pertama Meta pikirin adalah NAMA!

Sebenernya, dari kecil, Meta suka banget iseng bikin-bikin nama. Malah banyak lho nama keponakan atau anaknya temen yang berasal dari sumbangan Meta *bangga* hehe. Jadi seharusnya sih kalo menurut logika, bikin nama bukan hal yang susah buat Meta. Really? Ah sayangnya tidak. At least, tidak berlaku buat nama anak sendiri.

Meta kepengen nama calon (waktu itu) anak Meta nanti diawali huruf A. Engga tau kenapa dari dulu suka aja sama nama-nama yang berawalan huruf A ini. Emang sih, banyak yang bilang kasian kalo huruf awalnya A, pasti dapet absen pertama. Tapi justru karena itu, i want my kid to be responsible. Kalo dia tau pasti bakal dapet giliran pertama, harus lebih prepare kan? Otomatis, jadi lebih bertanggungjawab juga. Setelah diskusi, sang suami pun setuju. Sip, kriteria pertama ditemukan. –Harta karun kali:p-

Next, karena Meta terlahir di lingkungan sunda yang susah banget bedain huruf F dan P serta J dan Z, maka dua huruf itu harus dijauhkan dari nama pilihan. Meta engga mau udah bikin nama yang bagus susah-susah, eh salah spelling (dan otomatis salah arti) cuma karena hal tadi. Contoh nyata nih, waktu Meta SMA dulu, ada temen les yang namanya Farah. Bagus ya? Cuma ya itu tadi, dia dipanggil Parah, hahahaha. Kasian ah. Ada yang namanya Farid, dipanggil Parit. Ada juga yang namanya Zafri malah dipanggil Japri. Oh noooo, sudahlah, ini sudah jelas jadi kriteria kedua. No F, P, J and Z!

Yang ketiga, Meta pengen nama yang engga susah buat disebutin, mencegah kesalahan tulis dan spelling, seandainya kelak sang anak sekolah di luar negeri *aminnn*. Tapi juga mencegah kesusahan spelling buat lidah orang Indonesia. Another real example, anak temen Meta namanya Elle . What a cute name. Tapi sayangnya tidak gampang buat lidah orang kita. Jadilah Elle dipanggil ‘Elek’ dan dibuat bahan olok-olokan waktu di sekolah.

Yang engga kalah penting dan merupakan kriteria selanjutnya adalah punya makna seperti doa dan harapan dari Meta juga suami:)

Setelah browsing-browsing, beli buku nama anak (btw semua buku isinya sama tau engga sih, ya gitu-gitu aja tuh), Meta dapet beberapa pilihan nama. Karena waktu itu masih belum yakin cewek atau cowok, Meta musti nyiapin 2 macem nama.

Susah juga buat nyari nama yang engga pasaran dan sesuai dengan kriteria Meta tadi. Apalagi sang suami menyerahkan sepenuhnya misi pencarian nama ke Meta ini hahaha. Percaya engga, nama yang akhirnya dipake ini adalah nama pertama yang popped up in my head begitu tau Meta hamil. Jadi sebenernya pencarian nama lewat browsing di internet, atau buku-buku itu sia-sialah adanya hehe. Sampe semalem sebelum melahirkan pun Meta masih belum yakin mau ngasih nama apa lho. Tapi begitu lahir dan ngeliat sendiri tampang kiddo yang waktu itu sangat kecil mungil, langsung deh Meta yakin dan mutusin buat make nama yang sejak dahulu kala sebenernya sudah ditemukan:p

Arshiya Nayara Avanisha Nugroho.

Arshiya (Moslem) means God sent, Heavenly.

Nayara (Moslem) means light, light of peace

Avanisha (Sansekerta) means bright, as stars.

Nugroho--> nama bapaknya hehe, tapi bisa juga berarti anugerah:D

Jadi artinya kurang lebih anugerah titipan Allah yang cerdas dari surga dan semoga membawa sinar kedamaian. Amin.

Nah, sekarang nentuin siapa nama panggilannya. Awalnya Meta pengen panggilan Acya. Selain cute, engga pasaran, engga susah juga buat disebut anak kecil. Tapi, papanya lebih suka panggilan Naya. Karena Meta udah nentuin nama lengkapnya, yasud, nama panggilan ditentuin sang suami deh.

Semoga doa dan harapan Meta serta suami yang diwujudin dalam nama Naya ini bisa tercapai amin.:)

1 comment:

Nelly said...

Hallo Mbak Meta, I was in the middle of searching how to make busy book for my nephews and baby when i found your blog.
The picture of your busy book's cover captured my attention as we share same baby's name. Mine is Danaya.
so here i am, just wanna say hallo. Hallo :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...